Alat Berat di Lokasi Pengrusakan Mandeh “Menghilang”


Senin,17 April 2017 - 11:45:36 WIB
Alat Berat di Lokasi Pengrusakan Mandeh “Menghilang” Dua orang pemancing beraktivitas di depan hutan bakau di kawasan Mandeh

PESSEL, HALUAN – Warga sekitar mengaku resah dengan aktivitas “menyulap” mandeh. Padahal, beberapa bulan silam, kawasan ini masih asri, tapi rusak akibat aktivitas menggunakan alat berat.

 

Menurut ABK boat yang mengantarkan tim liputan Haluan mengelilingi kawasan Mandeh, setelah pemberitaan perusakan Mandeh dibeberkan Harian Haluan, alat-alat berat yang saban hari menimbun dan mengeruk tanah, termasuk merusak hutan bakau di Mandeh, perlahan menghilang. Kabarnya, ada yang disembunyikan di dalam hutan, ada pula yang dibawa.

 

“Pokoknya, sejak Harian Haluan mengeluarkan pemberitaan tentang Mandeh, alat berat menghilang. Sebelumnya, ada sekitar lima sampai delapan alat berat yang bekerja setiap harinya. Dengan mudah, hutan yang berbelas tahun kami jaga, mereka babat,” tutur anak buah kapal.

 

Randi (39), warga Sungai Nyalo menambahkan, akibat aktivitas ini, air di sekitaran pantai yang terkenal kejernihannya, sekarang sudah berganti warna. Menguning, bercampur lumpur yang berasal dari pengikisan puncak-puncak bukit.

 

“Mandeh kami sudah tak asri lagi. Jerih payah kami menjaga hutan selama bertahun-tahun, rasanya sia-sia. Kini, Mandeh dibabat. Bukit-bukitnya dibuat gundul, untuk kepentingan pribadi. Kami tidak bisa berbuat banyak, karena yang melakukan perusakan itu orang-orang penting. Mereka memiliki kekuasaan,” terang Randi, warga Sungai Nyalo yang ditemui di Baga Cottage, Kamis sore.

 

Bagi warga Sungai Nyalo, hutan Mandeh adalah sumber penghidupan. Dengan asrinya hutan, mereka bisa mendapatkan banyak hal, termasuk menarik minat wisatawan. Semuanya berjalan dengan baik, sebelum alat-alat berat datang ke sana, membabat hutan, dan merusak bakau yang mereka jaga.

 

“Kami sudah tahu para pelaku perusakan ini. Keduanya orang Pessel, satu pejabat yang memiliki kuasa tinggi di sini, satu lagi lebih berkuasa. Dia menjabat di provinsi, bukan sembarang jabatan. Tapi kabarnya, yang bekerja membabat hutan dan merusak Mandeh itu anaknya,” papar Randi.(h/tim)

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM