Jambret di Padang Tak Jera. Ada Lagi yang Ditangani Massa


Senin,17 April 2017 - 11:38:15 WIB
Jambret di Padang Tak Jera. Ada Lagi yang Ditangani Massa Pelaku digiring petugas ke Mapolresta Padang

PADANG, HALUAN - Seorang pemuda yang nekat melakukan aksi penjambretan di Jalan Hangtuah, Simpang Ujung Pandan, Kecamatan Padang Barat, nyaris tewas dipukuli. Massa yang sudah tersulut emosi, bahkan sudah berancang-ancang membakar pelaku yang tertangkap pada Minggu (16/4) sore.

Pelaku yang diketahui bernama Dedi (23), warga Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan ditangkap ketika dirinya menjambret seorang pengendara Honda Kharisma BA 4340 QV bernama Zulginida (53) yang datang dari arah Simpang Hangtuah menuju ke arah Pantai Padang. Tiba-tiba dari arah yang bersamaan, datanglah Dedi yang mengendarai sepeda motor jenis Suzuki Satria FU dengan nopol BM 4496 NB, dan mencoba merampas kalung milik korban.

Perampasan yang dilakukan membuat Zulginida terjatuh ke jalanan. Arus lalu lintas yang ramai memancing perhatian warga, pelaku dan korban yang berada di kerumunan warga kemudian mengamankan dan massa yang muak kemudian menghakimi pelaku. Dia dipukuli. Kalau saja Polantas tak segera datang, Dedi sudah dibakar.

Sebelum diamankan, Dedi sempat melarikan diri karena ketakutan. Warga kemudian mengejar pelaku ke perumahan. Pelaku yang panik kemudian meloncati pagar ruko yang dipenuhi oleh kawat dan kaca hingga kaki pelaku mengeluarkan darah segar.

Anggota Brigade Motor (BM) Polantas Polresta Padang yang mengamankan pelaku pertama kali, Bripka Indra Kurniawan mengatakan ketika itu ia sedang patroli mengunakan mobil 909 atau mobil Patwal Polresta Padang. "Ketika sampai di Jalan Hangtuah Simpang Ujung Pandang terlihat ada keramaian saya langsung turun mengamankan TKP tersebut. Saya lihat ada pelaku yang sedang dikelilingi oleh warga dengan keadaan babak belur, saya pun bersama rekan-rekan langsung mengamankan pelaku ke dalam mobil dan membawanya ke Polresta Padang, sedangkan korban dibawa kerumah sakit  Bhayangkara Polda Sumbar oleh anggota BM lainnya," terangnya.

Saksi mata di lokasi kejadian, Rudi Hartono (44) menjelaskan ketika itu ia melihat ada dua sepeda motor yang jatuh dan ia lihat pengendara sepeda motor langsung lari ketika itu ia mendengar seorang ibu-ibu meminta pertolongan karena dijambret. Mengetahui kejadian tersebut, dirinya bersama warga langsung mengejar pelaku. "Pelaku akhirnya ditangkap sedang bersembunyi di sebuah ruko ia terkepung dan akhirnya ia dibawa ke jalan raya dan warga lainnya langsung menghajar pelaku,” ujarnya. 

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Daeng Rahman mengatakan, pelaku berhasil ditangkap oleh warga sekitar yang mengejarnya yang mengakibatkan kaki pelaku terkena benda tajam semacam kaca ketika memanjat dinding ruko. "Pelaku sudah kita amankan berkat tim dari unit BM Sat Lantas Polresta Padang yang kebetulan melakukan patroli di sekitar Pantai Padang. Saya menghimbau kepada masyarakat agar jangan memakai perhiasan yang mencolok ketika sedang berkendara ataupun berada di keramaian," ucapnya. (h/mg-adl)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM