Pelaku UMKM Difasilitasi Jaringan Ekspor


Senin,17 April 2017 - 10:54:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN—Dalam rangka memperluas pasar ekspor di Sumatra Barat (Sumbar), Kementerian Perdagangan dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumbar akan mengadakan seminar dan klinik bisnis pada 19 April di Basko Hotel.

Ketua Apindo Sumbar, Muzakir Aziz, mengutarakan, seminar tersebut digelar dalam rangka menindaklanjuti nota kesepahaman Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPN) Kementerian Perdagangan dengan Apindo dalam rangka mendorong pelaku usaha daerah untuk meningkatkan akses pasar tujuan ekspor.

“Nanti pelaku usaha akan diberikan informasi peluang dan regulasi ekspor dan impor di luar negeri,” ujarnya saat dihubungi Haluan di Padang, Minggu (16/4).

Muzakir Aziz memaparkan, seminar tersebut difokuskan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Saat ini para pelaku UMKM di Sumbar buta informasi mengenai ekspor. Mereka mengira ekspor adalah sesuatu yang wah dan luar biasa. Padahal, semua jenis produk UMKM bisa diekspor.

“Selain buta informasi mengenai ekspor, para pelaku UMKM di Sumbar juga tidak memiliki jaringan ekspor. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan akan memfasilitasinya dengan pelaku usaha di negara tujuan ekspor,” tuturnya.

Ia melanjutkan, peluang pasar produk UMKM saat ini terbuka di negara seperti Pakistan, India, dan Timur Tengah. Jadi, pada seminar dan klinik tersebut Kementerian Perdagangan akan membawa perwakilan kedutaan besar negara tujuan tersebut untuk mengenalkan pelaku UMKM di Sumbar dengan mitra pelaku usaha di negara tujuan ekspor. (h/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,26 Mei 2017 - 10:53:43 WIB

    Kepala BPS Sumbar: Imbau Pelaku Usaha Berikan Data Akurat

    Kepala BPS Sumbar: Imbau Pelaku Usaha Berikan Data Akurat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau pelaku usaha supaya memberikan data yang akurat saat Sensus Ekonomi lanjutan pada tahun ini. Karena, data yang akurat merupakan penentu .
  • Kamis,23 Maret 2017 - 16:08:21 WIB

    Mataharimall.com Ajak Gabung Pelaku UMKM Sumbar

    Mataharimall.com Ajak Gabung Pelaku UMKM Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mataharimall.com ditunjuk oleh Kementerian Perdagangan sebagai mitra untuk memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Sebagai upaya mewujudkan hal itu, Mataharimall.com menyediakan t.
  • Selasa,27 Desember 2016 - 00:48:56 WIB
    HADAPI PASAR BEBAS

    Pelaku Usaha Diimbau Urus Sertifikat Halal

    PADANG, HALUAN— Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengimbau pelaku usaha makanan di Sumbar untuk mengurus sertifikat halal. Menurutnya, hal itu merupakan salah satu upaya untuk menghadapi era pasar bebas dan Masyarakat Ekono.
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:27:38 WIB

    80 Pelaku UMKM Sumbar Dapat Bantuan Rp2 M

    80 Pelaku UMKM Sumbar Dapat Bantuan Rp2 M PADANG, HALUAN — Telkom Sumbar menyerahkan bantuan sebesar Rp2 miliar kepada 80 pelaku UMKM di Sumbar. General Manager (GM) Telkom Sumbar, Darmawi mengatakan, bantuan itu diberikan kepada mitra Telkom di 7 kabupaten/kota di.
  • Senin,19 Desember 2016 - 01:22:37 WIB

    Pelaku Usaha Harus Jeli Lihat Peluang

    PADANG, HALUAN — Se­ba­gai kota yang disiapkan men­jadi kota metropolitan, Ko­­ta Padang memiliki po­ten­si yang luas, baik potensi so­­sial, ekonomi, maupun ke­­ka­yaan budaya, untuk di­kem­­bang­kan menjad.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM