PKL Padang Panjang Ditertibkan Pol PP


Senin,17 April 2017 - 09:54:44 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN—Untuk menciptakan susana kondusif, aman dan tertib di Kota Padang Panjang, Satuan Polisi Pamong Praja (SatPolPP) dari Dinas SatpolPP-Damkar Kota Padang Panjang terus melakukan berbagai upaya dalam menertibkan para pedagang yang sering berjualan di sepanjang trotoar kota berjuluk “Serambi Mekah” itu.

Salah satu upaya dan komitmen untuk berperan aktif ini, terlihat saat regu Ops dan Banpol Putri melakukan pendekatan persuasif dengan memberikan sosialisi kepada pedagang kaki lima yang membandel.

KasiOps SatPol-PP Kota Padang Panjang Musben Zakir mengatakan, para pedagang yang menggelar lapak dagangannya di fasilitas umum (fasum) diberikan sosialisasi mengenai peraturan dan larangan penggunaan trotoar atau fasilitas pejalan kaki sebagai lahan berjualan seperti yang diatur dalam UU No. 22 Th 2009 Pasal 274 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Mereka tidak digusur, lapak, tenda atau gerobak yang terjaring akan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman dan tidak menggangu jalan dan fasilitas pejalan kaki,” ujar Musben Zakir.

Musben Zakir menambahkan, pihaknya akan terus men-yosialisaskan dengan pendekatan persuasif kepada masyarakat terutama pedagang kaki lima.

Tidak hanya itu, UU tersebut mengatur mengenai gangguan terhadap fasilitas pejalan kaki, peletakan papan ucapan yang dapat mengganggu fasillitas pejalan kaki juga akan ditindak.

“Untuk tahap awal, penertiban yang kami lakukan bukan menyita properti yang berada di fasilitas umum, namun memindahkan ke tempat yang lebih aman, seperti yang kami amankan saat adanya pesta di gedung M. Syafei dengan memindahkan papan tersebut ke tempat yang lebih aman dan tidak mengganggu pejalan kaki,” terang Musben Zakir. (h/pis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM