Empat Pelajar Ikut Seleksi Paskibra Sumbar


Senin,17 April 2017 - 09:53:36 WIB

SOLOK SELATAN, HALUAN - Empat pelajar asal Solok Selatan (Solsel) mengikuti seleksi paskibra tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Empat pelajar tersebut diantaranya berasal dari SMAN 1 Solsel sebanyak tiga orang dan satu orang dari SMAN 6 Solsel.

"Mereka yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi ini, setelah mengikuti serangkaian proses panjang seleksi di tingkat Kabupaten Solsel tingkat SMA/sederajat," kata Kasi Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Solsel, Mulyadi, Minggu (16/4).

Seleksi di tingkat provinsi, imbuhnya, akan dilaksanakan pada 1 Mei 2017. "Kita targetkan setidaknya sebanyak dua orang pelajar kita mampu ikut andil sebagai tim paskibra tingkat provinsi mewakili Solsel. Sehingga, minimal jika dua dari empat pelajar tersebut lulus maka yang dua orang lagi kita ikutkan pada tingkat kabupaten nantinya," ulasnya.

Menurutnya, proses seleksi di tingkat kabupaten melibatkan tim penilai dari Dinas Provinsi Sumbar yang dibantu Purna Paskibra Solsel.

"Hal ini dilakukan agar proses penilaian bisa netral dan tidak memihak salah satu sekolah saja, sekaligus menepis tudingan negatif nantinya di tengah masyarakat. Kami dalam hal ini tidak ikut terlibat dalam proses penilaian itu sendiri," cetusnya.

Dari 210 orang pelajar tingkat SMA/sederajat yang ikut seleksi sebagai peserta paskibra tingkat Solsel, setelah melewati rangkaian seleksi akhirnya terjaring 65 orang hingga akhirnya menciut menjadi 4 orang untuk mengikuti seleksi di provinsi.

"Semua sekolah dirangkul dan terlibat dalam proses seleksi tersebut dan kuota di tiap sekolah berbeda tergantung aspek penilaian," terangnya.

Empat pelajar itu diantaranya dari SMAN 1 Solsel, Adinda Wahyuni Putri, Arfila Mesi dan M Aldi Razak. Sedangkan dari SMAN 6 adalah, Bintang Ramadhan.

Jika diurut sejak 2015, pelajar Solsel tingkat SMA/sederajat yang ikut dalam tim paskibra Sumbar sebanyak dua orang dan pada 2016 dua orang pula.

Sementara, Kepala SMAN 1 Solsel, Rifdanilson didampingi Wakil Kehumasan, Alip Anugrah Maria mengatakan ketiga pelajar asal sekolahnya merupakan peserta didik dari kelas X. "Mereka pada awalnya dilakukan perekrutan melalui guru olahraga dan bidang pelatihan sebanyak enam belas orang untuk seleksi tingkat kabupaten dan lulus delapan di tingkat kabupaten," katanya.(h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM