Empat Pelajar Ikut Seleksi Paskibra Sumbar


Senin,17 April 2017 - 09:53:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK SELATAN, HALUAN - Empat pelajar asal Solok Selatan (Solsel) mengikuti seleksi paskibra tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Empat pelajar tersebut diantaranya berasal dari SMAN 1 Solsel sebanyak tiga orang dan satu orang dari SMAN 6 Solsel.

"Mereka yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi ini, setelah mengikuti serangkaian proses panjang seleksi di tingkat Kabupaten Solsel tingkat SMA/sederajat," kata Kasi Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan, Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Solsel, Mulyadi, Minggu (16/4).

Seleksi di tingkat provinsi, imbuhnya, akan dilaksanakan pada 1 Mei 2017. "Kita targetkan setidaknya sebanyak dua orang pelajar kita mampu ikut andil sebagai tim paskibra tingkat provinsi mewakili Solsel. Sehingga, minimal jika dua dari empat pelajar tersebut lulus maka yang dua orang lagi kita ikutkan pada tingkat kabupaten nantinya," ulasnya.

Menurutnya, proses seleksi di tingkat kabupaten melibatkan tim penilai dari Dinas Provinsi Sumbar yang dibantu Purna Paskibra Solsel.

"Hal ini dilakukan agar proses penilaian bisa netral dan tidak memihak salah satu sekolah saja, sekaligus menepis tudingan negatif nantinya di tengah masyarakat. Kami dalam hal ini tidak ikut terlibat dalam proses penilaian itu sendiri," cetusnya.

Dari 210 orang pelajar tingkat SMA/sederajat yang ikut seleksi sebagai peserta paskibra tingkat Solsel, setelah melewati rangkaian seleksi akhirnya terjaring 65 orang hingga akhirnya menciut menjadi 4 orang untuk mengikuti seleksi di provinsi.

"Semua sekolah dirangkul dan terlibat dalam proses seleksi tersebut dan kuota di tiap sekolah berbeda tergantung aspek penilaian," terangnya.

Empat pelajar itu diantaranya dari SMAN 1 Solsel, Adinda Wahyuni Putri, Arfila Mesi dan M Aldi Razak. Sedangkan dari SMAN 6 adalah, Bintang Ramadhan.

Jika diurut sejak 2015, pelajar Solsel tingkat SMA/sederajat yang ikut dalam tim paskibra Sumbar sebanyak dua orang dan pada 2016 dua orang pula.

Sementara, Kepala SMAN 1 Solsel, Rifdanilson didampingi Wakil Kehumasan, Alip Anugrah Maria mengatakan ketiga pelajar asal sekolahnya merupakan peserta didik dari kelas X. "Mereka pada awalnya dilakukan perekrutan melalui guru olahraga dan bidang pelatihan sebanyak enam belas orang untuk seleksi tingkat kabupaten dan lulus delapan di tingkat kabupaten," katanya.(h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:36:42 WIB
    PERINGATAN KERAS BUPATI YUSUF LUBIS

    Tak Tempati Rumah Dinas, Camat Dicopot

    PASAMAN, HALUAN - Bupati Pasaman Yusuf Lubis kembali menegaskan agar seluruh camat di daerah itu berdomisili di kecamatan masing-masing, menempati rumah dinas yang sudah disediakan oleh pemerintah. .
  • Jumat,21 April 2017 - 01:32:17 WIB

    Empat Siswa Raih Medali Emas O2SN dan FL2SN

    PADANG PARIAMAN, HALUAN -- Kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festifal Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) Kecamatan V Koto Kampung Dalam, berhasil meraih empat mendali emas tingkat Kabupaten Padang Pariaman.
  • Kamis,02 Maret 2017 - 09:40:31 WIB

    Lima Perwira Tempati Jabatan Baru

    Lima Perwira Tempati Jabatan Baru BUKITTINGGI, HALUAN—Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana, memimpin upacara serah terima jabatan lima perwira di Mapolres setempat, Rabu (1/3). Serah terima jabatan itu sesuai dengan surat telegram Kapolda Sumbar .
  • Sabtu,14 Januari 2017 - 12:38:30 WIB

    Sempat Bentrok, Masyarakat, Pemda Pessel dan PT Dempo Melakukan Mediasi

    Sempat Bentrok, Masyarakat, Pemda Pessel dan  PT Dempo Melakukan Mediasi PAINAN, HALUAN - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) oleh PT Dempo, di Kampung Pelangai Gadang Hulu, Kenagarian Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali menuai pro da.
  • Jumat,13 Januari 2017 - 15:36:42 WIB

    Sempat Ditutup, Jalan Simaka Kembali Dibuka

    Sempat Ditutup, Jalan Simaka Kembali Dibuka AGAM, HALUAN—Ruas jalan Sicincin-Malalak yang tertimbun material longsor semenjak seminggu belakangan, Rabu (11/1) kemerin sudah bisa dilewati kendaraan. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM