Serapan APBD Kota Solok Tahun 2016 Tergolong Rendah


Senin,17 April 2017 - 09:51:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK, HALUAN - Kinerja Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Solok tahun anggaran 2016 terkesan belum maksimal. Ini dibuktikan dengan masih rendahnya serapan anggaran untuk program rutin yang tidak rumit dan sangat mudah untuk dilaksanakan.

Ketua Pansus LKPJ Walikota Solok, Nasril In Dt Malintang Sutan di Solok, Minggu (16/4) menyebut, terlalu banyak anggaran tahun 2016 yang harus dikembalikan dan terpaksa menjadi silpa karena program kegìtan tak dapat dilaksanakan. Padahal kegiatan itu tidak berat dan tidak pula memerlukan teknis yang rumit.

"Program kegiatan yang tak terlaksana itu tidak hanya kegiatan besar seperti pembangùnan rumah sakit,pembangunan gelanggang olah raga dan sebagainya, akan tetapi juga program kegiatan rutin yang sangat mudah untuk dilaksanakan, seperti pemeliharaan kendaraan dinas operasional," ujar Nasril In Dt Malintang Sutan.

Lebih jauh ia mengungkapkan, Pansus LKPJ Walikota Solok tahun anggaran 2016 menemukan kejanggalan pada program kegiatan pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas operasional pada Dinas Lingkungan Hidup. Program kegiatan ini telah dianggarkan dana sebesar Rp1.131.850.400, ternyata anggaran sebesar itu hanya dapat direalisasikan Rp1.068.421.827 atau hanya terealisasi 81,30% saja.

Besarnya silpa pada kegiatan ini,kata Nasril In,tentu saja mengundang kecurigaan. Kenapa kegiatan rutin dan tidak rumit ini  tak bisa dilaksanakan dengan baik oleh SKPD. Apa kendala yang dihadapi sehingga pemeliharaan rutin kendaraan dinas pengangkut sampah tidak berjalan optimal. Atau memang semua kebutuhan dasar kendaraan pengangkut sampah ini sudah terpenuhi.

Untuk menjawab semua keraguan ini,katanya,seluruh kendaran pengangku? sampah dilkumpulkan di  lapangan parkir DPRD Kamis (13/4) kemarin. Ketka itu ada 11 kendaraan roda dua, 17 kendaraan roda tiga, 8 kontainer, 5 ambrol,2 pick up, 1 truk tangga, 1mobil tinja dan 1mobil box yang hadir. Setelah diperiksa ternyata rata-rata kendaraan itu bermasalah, mulai dari ban yang sudah tak layak, dinding keropos sampai kendaraan kekurangan minyak pelumas. Bahkan ditemukan dua container dalam keadaan rusak berat.

"Kalau ini kenyataannya berarti kinerja SKPD yang tidak optimal. Disatu sisi anggaran berlebih pulihan juta rupiah,sementa?a dì sisi lain petugas kebersihan menjerit karena kendaraan serba kekurangan," kata Nasril In.

Dikatakannya, rendahnya serapan anggaran pada program kegiatan yang tak berat dan tak rumit ini terjadi ketika zaman transisi kepemimpinan walikota. Pada tahun 2016 itu,yang memimpin Kota Solok adalah Zul elfian, sedangkan yang menjabat kepla SKPD masih kabinet Irzal Ilyas. Besar kemungkinan pada zaman transisi itu, Kepala SKPD lebih banyak memikirkan diri sendiri ketimbang pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

“Mereka sibuk lobi sana sini memburu jabatan,karena dihantui pikiran apakah masih terpakai atau tidak. Bahkan mereka yang sudah tahub tak punya peluang,malah kasak khusuk memikirkan tempat pindah,” kata Nasril In. (h/eri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,21 Desember 2016 - 00:12:28 WIB

    Serapan APBD untuk Pembangunan Sudah 80 Persen

    PARIAMAN, HALUAN - Serapan APBD Kota Pariaman untuk ke­pentingan pembangunan kota sam­pai akhir November tahun 2016 mendekati 80% atau lebih kurang 79%. Namun untuk serapan dana fisik sudah 80% lebih..
  • Selasa,09 Agustus 2016 - 03:23:04 WIB

    Serapan Anggaran Semester I Masih Rendah

    AROSUKA, HALUAN — Hingga akhir semester I tahun anggaran 2016, hanya 5 dari 28 SKPD yang realisasi anggaran belanja langsungnya di atas 50 persen pada semester pertama Tahun anggaran 2016. Selebihnya berkutat di angka 40 pe.
  • Selasa,19 Juli 2016 - 06:02:19 WIB

    Serapan APBD Masih Rendah, Bupati Minta SKPD Serius

    Serapan APBD Masih Rendah, Bupati Minta SKPD Serius AROSUKA, HALUAN — Untuk semester I, serapan APBD Kabupaten Solok masih sangat rendah. Karena hingga akhir Juni 2016 ini, dari segi serapan belanja baru mencapai angka 36,56 persen dari total belanja yang dianggarkan tahun i.
  • Kamis,07 April 2016 - 02:44:35 WIB
    Tahun 2015 Hanya 84,4 persen

    Serapan Belanja Daerah Rendah

    BUKITTINGGI, HALUAN — Walikota Bu­kittinggi Ramlan Nurmatias dalam rapat paripurna DPRD Kota Bukittinggi me­nyam­paikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Bukittinggi Tahun Anggaran 2015 di ruangan Ra.
  • Senin,14 Desember 2015 - 02:43:22 WIB

    Serapan Anggaran 2015 Optimis Tercapai

    SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) melalui Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) optimis penyerapan anggaran 2015 di Solsel mencapai target sampai akhir tahun..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM