Warga Pilakuik Minta Perbaikan Irigasi


Senin,17 April 2017 - 09:39:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN --  Masyarakat Pilakuik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, keluhkan  saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang yang jebol. Masyarakat setempat meminta irigasi tersebut diperbaiki. Selain beresiko pada bangunanan musala  yang berada di pinggir irigasi dikhawatirkan juga berdampak  pada gagal tanam atau pun gagal panen petani setempat.

Ketua Komisi III DPRD Kota Padang,  Zulhardi Z. Latif Minggu (16/4), menilai sudah seharusnya pondasi dan saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang ini  di perbaiki. "Saat ini masyarakat setempat telah mengambil inisiatif dengan menutup aliran air dari bendungan yang kemudian dialirkan ke aliran yang lain," katanya kepada Haluan beberapa waktu lalu di Padang.

Hal itu,  guna menghindari  musala yang berada dekat aluran irigasi tidak terban. Pasalnya, kondisi  pondasi di musala yang dilalui saluran irigasi  memiriskan, tinggal menunggu terban saja jika terjadi hujan lebat. Kondisi inipun  akan berimbas lebih luas lagi. 

"Setelah bendungan irigasi ditutup malah berimbas pada warga serta lahan sawah. Ketika hujan turun air dari bendungan akan meluap hingga terjadi banjir, " ujarnya.

Namun, setelah dibicarakan dengan pihak Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang, didapati suatu solusi  untuk permasalahan ini diambil,  pada pengamanan dampak bencananya. Efek atau imbas,  yang akan terjadi jika tidak segera ditindak lanjuti.

 Komisi III DPRD Kota Padang  akan memperjuangkan di lembaga dewan, dan mendesak Pemko Padang memenuhi harapan masyarakat untuk memperbaiki saluran irigasi di Pilakuik, Kecamatan Kuranji.

"Saluran irigasi ini  sangat penting untuk mengairi persawahan warga. Kami tidak ingin,  terjadi gagal tanam dan panen, gara-gara rusaknya pondasi saluran irigasi, " ungkap Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Padang yang juga putra Pauh IX, Kecamatan Kuranji itu.

Warga setempat Erman Muluk (52) mengatakan,  akibat jebolnya pondasi irigasi itu,  berdampak terhadap bangunan Musala Banda Kapunduang. 

"Kami berharap,  Pemko Padang  memperbaiki pondasi saluran irigasi. Sebab, selain berdampak terhadap bangunan mushala juga terhadap akses saluran tersier ke sawah warga," katanya. (h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,19 Oktober 2017 - 15:09:16 WIB

    20 Ribu Jiwa Warga Padang Berada di Daerah Rawan Longsor

    20 Ribu Jiwa Warga Padang Berada di Daerah Rawan Longsor PADANG, HARIANHALUAN.COM - Lebih dari 20 ribu jiwa di kawasan kaki bukit diimbau untuk waspada bencana longsor mengingat saat ini cuaca sedang ekstrem..
  • Sabtu,09 September 2017 - 20:04:45 WIB

    Hanyut, Seorang Bocah Diselamatkan Warga

    Hanyut, Seorang Bocah Diselamatkan Warga PADANG,HALUAN — Kabar soal korban hanyut ternyata tak hanya terjadi terhadap Roni (27) yang belum ditemukan. Satu korban lainnya, Ikhsan dikabarkan juga hanyut, tapi sudah terselamatkan. .
  • Sabtu,09 September 2017 - 18:10:23 WIB

    Jalan Tergenang Banjir, Warga Nekat Terobos Banjir

    Jalan Tergenang Banjir, Warga Nekat Terobos Banjir PADANG, HALUAN -- Hujan yang mengguyur Kota Padang sejak siang membuat beberapa ruas jalan tergenang. Salah satunya di Jalan Hercules, Dadok,Tunggul Hitam ini. .
  • Jumat,01 September 2017 - 01:22:49 WIB

    Gempa Susulan Mengguncang, Sebagian Warga Masih Mengungsi

    Gempa Susulan Mengguncang, Sebagian Warga Masih Mengungsi PADANG, HALUAN -- Gempa dahsyat yang mengguncang Padang pada Jumat (1/9) dinihari pukul 00.06 WIB, juga diikuti oleh gempa susulan. Kekuatan gempat tersebut lebih rendah dari gempa awal, yakni 3,9 SR dan terjadi sekitar 1 jam.
  • Selasa,29 Agustus 2017 - 10:48:43 WIB

    Angkot Demo, Warga Butuh Trans Padang

    Angkot Demo, Warga Butuh Trans Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM — Pengamat Transportasi Unand Dr. Yossyafra menyebut aksi demo terkait Trans Padang yang digelar pengusaha dan pengemudi angkutan kota di Padang tak masuk akal. Ia menyebut, layanan Trans Padang di .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM