Warga Pilakuik Minta Perbaikan Irigasi


Senin,17 April 2017 - 09:39:11 WIB

PADANG, HALUAN --  Masyarakat Pilakuik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, keluhkan  saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang yang jebol. Masyarakat setempat meminta irigasi tersebut diperbaiki. Selain beresiko pada bangunanan musala  yang berada di pinggir irigasi dikhawatirkan juga berdampak  pada gagal tanam atau pun gagal panen petani setempat.

Ketua Komisi III DPRD Kota Padang,  Zulhardi Z. Latif Minggu (16/4), menilai sudah seharusnya pondasi dan saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang ini  di perbaiki. "Saat ini masyarakat setempat telah mengambil inisiatif dengan menutup aliran air dari bendungan yang kemudian dialirkan ke aliran yang lain," katanya kepada Haluan beberapa waktu lalu di Padang.

Hal itu,  guna menghindari  musala yang berada dekat aluran irigasi tidak terban. Pasalnya, kondisi  pondasi di musala yang dilalui saluran irigasi  memiriskan, tinggal menunggu terban saja jika terjadi hujan lebat. Kondisi inipun  akan berimbas lebih luas lagi. 

"Setelah bendungan irigasi ditutup malah berimbas pada warga serta lahan sawah. Ketika hujan turun air dari bendungan akan meluap hingga terjadi banjir, " ujarnya.

Namun, setelah dibicarakan dengan pihak Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang, didapati suatu solusi  untuk permasalahan ini diambil,  pada pengamanan dampak bencananya. Efek atau imbas,  yang akan terjadi jika tidak segera ditindak lanjuti.

 Komisi III DPRD Kota Padang  akan memperjuangkan di lembaga dewan, dan mendesak Pemko Padang memenuhi harapan masyarakat untuk memperbaiki saluran irigasi di Pilakuik, Kecamatan Kuranji.

"Saluran irigasi ini  sangat penting untuk mengairi persawahan warga. Kami tidak ingin,  terjadi gagal tanam dan panen, gara-gara rusaknya pondasi saluran irigasi, " ungkap Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Padang yang juga putra Pauh IX, Kecamatan Kuranji itu.

Warga setempat Erman Muluk (52) mengatakan,  akibat jebolnya pondasi irigasi itu,  berdampak terhadap bangunan Musala Banda Kapunduang. 

"Kami berharap,  Pemko Padang  memperbaiki pondasi saluran irigasi. Sebab, selain berdampak terhadap bangunan mushala juga terhadap akses saluran tersier ke sawah warga," katanya. (h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM