Warga Pilakuik Minta Perbaikan Irigasi


Senin,17 April 2017 - 09:39:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN --  Masyarakat Pilakuik, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, keluhkan  saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang yang jebol. Masyarakat setempat meminta irigasi tersebut diperbaiki. Selain beresiko pada bangunanan musala  yang berada di pinggir irigasi dikhawatirkan juga berdampak  pada gagal tanam atau pun gagal panen petani setempat.

Ketua Komisi III DPRD Kota Padang,  Zulhardi Z. Latif Minggu (16/4), menilai sudah seharusnya pondasi dan saluran irigasi Tabek Banda Kapunduang ini  di perbaiki. "Saat ini masyarakat setempat telah mengambil inisiatif dengan menutup aliran air dari bendungan yang kemudian dialirkan ke aliran yang lain," katanya kepada Haluan beberapa waktu lalu di Padang.

Hal itu,  guna menghindari  musala yang berada dekat aluran irigasi tidak terban. Pasalnya, kondisi  pondasi di musala yang dilalui saluran irigasi  memiriskan, tinggal menunggu terban saja jika terjadi hujan lebat. Kondisi inipun  akan berimbas lebih luas lagi. 

"Setelah bendungan irigasi ditutup malah berimbas pada warga serta lahan sawah. Ketika hujan turun air dari bendungan akan meluap hingga terjadi banjir, " ujarnya.

Namun, setelah dibicarakan dengan pihak Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang, didapati suatu solusi  untuk permasalahan ini diambil,  pada pengamanan dampak bencananya. Efek atau imbas,  yang akan terjadi jika tidak segera ditindak lanjuti.

 Komisi III DPRD Kota Padang  akan memperjuangkan di lembaga dewan, dan mendesak Pemko Padang memenuhi harapan masyarakat untuk memperbaiki saluran irigasi di Pilakuik, Kecamatan Kuranji.

"Saluran irigasi ini  sangat penting untuk mengairi persawahan warga. Kami tidak ingin,  terjadi gagal tanam dan panen, gara-gara rusaknya pondasi saluran irigasi, " ungkap Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Padang yang juga putra Pauh IX, Kecamatan Kuranji itu.

Warga setempat Erman Muluk (52) mengatakan,  akibat jebolnya pondasi irigasi itu,  berdampak terhadap bangunan Musala Banda Kapunduang. 

"Kami berharap,  Pemko Padang  memperbaiki pondasi saluran irigasi. Sebab, selain berdampak terhadap bangunan mushala juga terhadap akses saluran tersier ke sawah warga," katanya. (h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,17 Agustus 2017 - 14:47:28 WIB

    Ikut Upacara di Tanah Ombak, Faldo Maldini: Kemerdekaan Milik Semua Warga Kota

    Ikut Upacara di Tanah Ombak, Faldo Maldini: Kemerdekaan Milik Semua Warga Kota PADANG, HARIANHALUAN.COM--Di Kota Padang, upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia tidak hanya dilaksanakan di kantor-kantor pemerintahan. Komunitas Tanah Ombak di kawasan Purus juga mengadaka.
  • Senin,07 Agustus 2017 - 19:54:55 WIB

    Polisi di Padang Himbau Warga Pasang Bendera

    Polisi di Padang Himbau Warga Pasang Bendera PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seruan untuk memasang bendera Merah Putih di setiap rumah, kendaraan dan instansi pemerintahan dilakukan dengan berbagai cara oleh setiap kalangan maupun perorangan..
  • Senin,07 Agustus 2017 - 19:32:34 WIB

    PDAM Padang Bantu Buatkan Toilet Warga

    PDAM Padang Bantu Buatkan Toilet Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM--Rumah baru Susi yang dibedah Baznas memang sudah rancak, sayangnya belum memiliki sanitasi yang baik. Untuk itu PDAM Kota Padang turut membantu membuatkan toilet dan saluran air bersih untuk warga Ta.
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 15:04:04 WIB

    Miris! Masih Ada Rumah Warga Padang Tanpa Listrik

    PADANG, HALUAN - Tanpa listrik, tanpa sanitasi, sempit dan dijubeli pula oleh tumpukan barang rongsokan. Begitulah kondisi rumah Ali Munar (50), warga Kampung Tanjung, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara yang di.
  • Senin,22 Mei 2017 - 08:02:10 WIB
    CURAH HUJAN TINGGI

    Warga Padang Selatan Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

    Warga Padang Selatan Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan PADANG, HALUAN — Musim hujan tiba, Kecamatan Padang Selatan pun bersiap menghadapi banjir dan tanah longsor yang telah menjadi langganan.Warga pun diminta meningkatkan kewaspadaan dan harus pintar-pintar membaca tanda-tanda.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM