Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu Bakal Ikut Musyawarah Agung


Jumat,14 April 2017 - 12:09:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu Bakal Ikut Musyawarah Agung Foto dokumentasi Kerajaan Alam Surambi Sungaipagu ketika Almarhum Zulkarnaen Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah melakukan kegiatan adat semasa hidupnya. IST
SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu akan mengikuti musyawarah agung wadah tunggal raja atau pemangku adat se-Indonesia yang diinisiasi kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum pada Jumat (21-24/4) di Surakarta.
 
 
Hal ini disampaikan Daulat Yang Dipertuan Rajo (Raja) Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib ketika dihubungi Harianhaluan.com melalui telefon seluler, Kamis (12/4).
 
 
"Kerajaan dibawah Pagaruyung ada sekitar 67 kerajaan sampai wilayah Riau, Medan, Jambi dan Bengkulu. Namun, yang diundang itu hanya 16 kerajaan salah satunya kerajaan Alam Surambi Sungaipagu di Solsel,"katanya.
 
 
Menurutnya, pihaknya selaku Raja Alam Minangkabau memberikan seluruh data kerajaan yang berada dibawah naungannya pada Kemendagri. Namun, setelah data dikirim yang memutuskan ikut musyawarah adalah pihak Kemendagri.
 
 
"Tidak semua diundang hanya beberapa saja yang mewakili beberapa daerah. Kegiatan bertujuan membentuk wadah tunggal Raja, Sultan atau pemangku adat di nusantara,"tuturnya.
 
 
Di Solsel, imbuhnya ada empat kerajaan minangkabau tapi, hanya satu kerajaan yang mewakili.  
 
 
"Kerajaan yang cenderung lebih besar diantara yang empat itu adalah kerajaan alam Surambi Sungaipagu sehingga hanya satu yang diundang,"lanjutnya.
 
 
Ia menambahkan, pasca wafatnya Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah Alm Zulkarnaen yang merupakan Raja Alam Surambi Sungaipagu maka saat ini pemangku Daulat dititahkan pada pewarihnya yakni, Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah adalah IR.Beny Alamsyah.MM  Tuanku Bagindo Saripado bersama saudaranya Nofiarsyah (Yopie Daulat).
 
 
"Merekalah yang selama ini menjalankan kegiatan Kerajaan sebagai pemangku Daulat,"ucapnya. 
 
 
Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM