Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu Bakal Ikut Musyawarah Agung


Jumat,14 April 2017 - 12:09:04 WIB
Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu Bakal Ikut Musyawarah Agung Foto dokumentasi Kerajaan Alam Surambi Sungaipagu ketika Almarhum Zulkarnaen Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah melakukan kegiatan adat semasa hidupnya. IST
SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu akan mengikuti musyawarah agung wadah tunggal raja atau pemangku adat se-Indonesia yang diinisiasi kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum pada Jumat (21-24/4) di Surakarta.
 
 
Hal ini disampaikan Daulat Yang Dipertuan Rajo (Raja) Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib ketika dihubungi Harianhaluan.com melalui telefon seluler, Kamis (12/4).
 
 
"Kerajaan dibawah Pagaruyung ada sekitar 67 kerajaan sampai wilayah Riau, Medan, Jambi dan Bengkulu. Namun, yang diundang itu hanya 16 kerajaan salah satunya kerajaan Alam Surambi Sungaipagu di Solsel,"katanya.
 
 
Menurutnya, pihaknya selaku Raja Alam Minangkabau memberikan seluruh data kerajaan yang berada dibawah naungannya pada Kemendagri. Namun, setelah data dikirim yang memutuskan ikut musyawarah adalah pihak Kemendagri.
 
 
"Tidak semua diundang hanya beberapa saja yang mewakili beberapa daerah. Kegiatan bertujuan membentuk wadah tunggal Raja, Sultan atau pemangku adat di nusantara,"tuturnya.
 
 
Di Solsel, imbuhnya ada empat kerajaan minangkabau tapi, hanya satu kerajaan yang mewakili.  
 
 
"Kerajaan yang cenderung lebih besar diantara yang empat itu adalah kerajaan alam Surambi Sungaipagu sehingga hanya satu yang diundang,"lanjutnya.
 
 
Ia menambahkan, pasca wafatnya Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah Alm Zulkarnaen yang merupakan Raja Alam Surambi Sungaipagu maka saat ini pemangku Daulat dititahkan pada pewarihnya yakni, Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah adalah IR.Beny Alamsyah.MM  Tuanku Bagindo Saripado bersama saudaranya Nofiarsyah (Yopie Daulat).
 
 
"Merekalah yang selama ini menjalankan kegiatan Kerajaan sebagai pemangku Daulat,"ucapnya. 
 
 
Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM