Sengketa Tanah di Samping Istano Silinduang Bulan, Raja Pagaruyung Melapor ke Polisi


Kamis,13 April 2017 - 09:25:15 WIB
Sengketa Tanah di Samping Istano Silinduang Bulan, Raja Pagaruyung Melapor ke Polisi Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib. Foto (jurnalmuslim.com)

TANAH DATAR, HALUAN - Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib melapor ke Polres Tanahdatar, Rabu (12/4). Pelaporan itu terkait sengketa tanah yang berada di samping Istano Silinduang Bulan, Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Tanahdatar.

 

Saat melapor ke SPKT Polres Tanah Datar, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib didampingi dua pengacaranya.

 

“Pelaporan terkait sengketa tanah seluas 2.174 meter persegi beserta bangunan yang ada di samping Istano Silinduang Bulan,” terang Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib.

 
Dijelaskan Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib, laporannya tersebut disampaikan ke polisi karena penyelesaiannya mengalami jalan buntu di tingkat niniak mamak serta di tingkat Jorong dan nagari.

 

"Dulu Faridah, orangtua Lismawati yang mengklaim sebagai pemilik lahan, pada tahun 1996 bermohon kepada kami untuk menggunakan bangunan ini untuk berjualan. Kemudian pada tahun 2010, kami meminta yang bersangkutan agar mau pindah ke tempat lain, saya akan membantu membangun di tempat yang baru tersebut, tetapi yang bersangkutan tidak mau pindah. Sedangkan tempat tersebut akan kami gunakan untuk tempat parkir pengembangan objek wisata Istano Silinduang Bulan," ungkap Taufiq Thaib.
 

Dikatakan, pemberian pinjaman tempat tersebut dilakukan atas kepedulian Taufiq Thaib menjelang tempat tersebut diperlukannya. Tanah itu bersertifikat hak milik atas nama saudara keluarga Taufiq Thaib. “Sertifikat tanah itu jelas. Tapi sekarang, yang bersangkutan tidak mau memberikan tanah serta pindah dari sana,” sebut Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib.
 

Sementara, kuasa hukum Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Minangkabau, Sutan Muhammad Taufiq Thaib, dari Kantor Advokat Tibrani SH bersama rekan Bob Sangirman dan A I Yunarco mengatakan, tanah tersebut berstatus hak milik dengan sertifikat nomor 8 tahun 1992, atas nama keluarga SM Taufiq Thaib, tanah itu terletak di sisi sebelah kiri Istano Silinduang Bulan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM