Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh


Rabu,12 April 2017 - 08:50:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh

PADANG, HALUAN - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin, berharap pengembangan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turut didukung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebagai daerah terdekat dengan Kabupaten Pessel.

Hal ini disampaikan Saidal karena melihat kendala pembebasan lahan sebahagiannya berada di wilayah pemerintahan Kota Padang. Yakninya di kawasan Sungai Pisang.

"Pemko Padang harus punya rasa memiliki pula terhadap kawasan wisata Mandeh. Jika Pemko Padang tak serius mendukung masalah pembebasan lahan pembangunan infrastruktur jalan menuju Mandeh tak akan kunjung selesai," kata Saidal, kepada Haluan Selasa (11/4).

Dalam hal ini lahan yang belum bebas untuk menunjang infrastruktur jalan ke Mandeh diantaranya ada pada pembangunan paket jalan Taluak Kabuang -  Sungai Pisang, Sungai Pinang - Sungai Nyalo.

Disebut Saidal, Pemko Padang harus ikut andil memberi pengertian pada masyarakat tentang pentingnya pembukaan jalan, karena ikon wisata Mandeh bukanlah milik Kabupaten Pessel saja. Namun, saat ini Mandeh sudah masuk sebagai salah satu kawasan wisata yang diunggulkan di Sumbar. 

Pariwisata Mandeh juga masuk ke dalam 10 destinasi wisata yang disetujui pusat untuk dikembangkan. Saat pengembangan Mandeh berjalan sesuai perencanaan, jelas Saidal, yang  merasakan dampaknya tak hanya akan masyarakat Pessel saja, namun masyarakat Padang juga akan bisa mendapat manfaat dari semua itu.

“Perekonomian masyarakat Kota Padang yang berada di sepanjang kawasan menuju Mandeh akan bisa hidup. Jadi Pemko Padang jangan sampai lepas tangan, masalah pembebasan lahan harus dibantu agar segera tuntas. Lakukan pendekatan dengan masyarakat," kata Saidal.

Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbar, Yulfitni Djasiran, menuturkan, lahan yang belum bebas diantaranya adalah pembangunan jalan paket Taluak Kabuang -  Sungai Pisang, Sungai Pinang - Sungai Nyalo, karena pembebasan lahan untuk membangun infrastruktur jalan menuju Mandeh belum tuntas. Dikatakanya, sebesar Rp100 milliar anggaran yang dikucurkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017 sekarang terancam akan kembali ke pusat.

"Tahun 2016 sebanyak Rp15 miliar dari Rp35 miliar anggaran yang juga bersumber dari APBN untuk pembangunan Tarusan - Mandeh juga tak terserap karena persoalan yang tak jauh berbeda. Ini sangat kita sayangkan sekali," kata Yulfitni. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,22 September 2017 - 18:00:12 WIB

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI

    Walikota Padang Wajibkan Pelajar Nonton G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendukung pemutaran film G 30 S/PKI. Malahan, Orang nomor satu di Padang ini mewajibkan seluruh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk ikut meno.
  • Jumat,22 September 2017 - 17:12:52 WIB

    30 September, Kodim 0312 Padang Nobar Film G30S/PKI

    30 September, Kodim 0312 Padang Nobar Film G30S/PKI PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 /Padang telah menyusun jadwal rencana nonton bareng (nobar) film Gerakan 30 September PKI  (G-30S/PKI). .
  • Kamis,21 September 2017 - 20:54:50 WIB

    Marak Angkutan Berbasis Online di Padang, Weno: Jadi Pemicu Tingkatkan Layanan Angkutan Umum

    Marak Angkutan Berbasis Online di Padang, Weno: Jadi Pemicu Tingkatkan Layanan Angkutan Umum PADANG, HARIANHALUAN.COM - Maraknya angkutan daring dengan masuknya Gojek, Grab dan Uber di Kota Padang seharusnya jadi pemicu bagi pengusaha angkutan umum untuk meningkatkan layanan..
  • Rabu,20 September 2017 - 15:31:16 WIB

    Wisata Pulau di Padang Akan Dievaluasi

    Wisata Pulau di Padang Akan Dievaluasi PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kota Padang bertabur pulau kecil. Saat ini pulau-pulau tersebut dikelola pihak lain. Tingkat kunjungan ke pulau itu pun terus meningkat..
  • Senin,18 September 2017 - 17:11:05 WIB

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan akan memasang 21 kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV). Direncanakan pemasangan dilakukan setelah perubahan anggaran pendapatan belan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM