Aktivitas Tambang Resahkan Warga


Senin,10 April 2017 - 11:08:39 WIB

PAINAN, HALUAN – Aktivitas tambang galian C ilegal di sepanjang aliran Batang Inderapura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) semakin meresahkan warga setempat. Pasalnya, akibat penambangan itu, berdampak buruk terhadap lahan perkebunan dan pertanian warga, khususnya di kawasan Nagari Tigo Sepakat, Kecamatan Pancung Soal.

Warga kecewa, karena lemahnya pengawasan dan penegakan hukum terhadap aktivitas penambangan tersebut. "Mereka semakin terang-terangan melakukan aktivitas tambang, tanpa menghiraukan dampak buruk terhadap lingkungan sekitar. Kami menduga ada sejumlah oknum yang bermain, sehingga meski dinyatakan ilegal, mereka tetap berani melakukan aktivitas penambangan tersebut," terang Anto (48), warga setempat.

Sebelumnya, sekitar 500 meter lahan milik masyarakat yang berada di pinggiran Batang Inderapura, menjadi terban dan longsor akibat aktivitas tambang milik CV Mutia Anugerah. Terkait hal itu, dalam waktu dekat, ia berencana akan melaporkan kejadian itu ke pihak kabupaten untuk segera dilakukan penertiban aktivitas ilegal tersebut.

"Dampaknya sangat jelas merugikan lingkungan. Sebab, sepanjang 20 meter aliran sungai sudah mengalami pergeseran. Jika tidak segera dihentikan, maka dampaknya akan bertambah parah lagi. Saya minta pihak penegak hukum segera turun kelapangan dan melakukan penertiban," ujarnya.

Sementara itu, Junaidi selaku Camat Air Pura, ketika dihubungi Haluan, membenarkan aktivitas yang sudah meresahkan tersebut. Dalam waktu dekat, ia akan melakukan pemanggilan terhadap pemilik izin CV Mutia Anugerah tersebut, untuk menentukan titik koordinat penambang yang pasti.

"Ya, nanti akan kita panggil pemiliknya, supaya jelas dimana letak titik koordinat yang seharusnya mereka ambil," sebutnya.

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, sudah banyak lahan masyarakat yang terban ke sungai akibat aktivitas tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyikapi persoalan tersebut agar tidak berlarut-larut.

"Kalau terus dibiarkan, maka kemungkinan besar batang air akan berubah arah. Secara langsung akan berdampak buruk terhadap lahan cetak sawah baru yang ada di Nagari Inderapura Timur," tutupnya. 

Dihubungi terpisah, Gusti Erlina pimpinan CV. Mutia Anugerah diketahui sebagai pemilik tambang di Nagari Tiga Sepakat Inderapura, Kecamatan Pancang Soal, kabupaten Pessel, tidak mengangkat teleponnya. (h/mg-kis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM