Imigrasi Hanya Mampu Layani 150 Pemohon Per Hari


Senin,10 April 2017 - 10:19:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang, Esti Winahyu Nur Handayani, mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang hanya mampu menampung 150 orang pengajuan paspor per harinya. Sementara pengajuan untuk pembuatan Paspor sangat banyak. Sehingga antrean panjang tidak bisa dielakkan.

“Itu jumlah 150 orang per hari saja petugas kami pulangnya baru pukul 5 dan bahkan pukul 6. Coba kalau lebih tentu bisa lebih malam lagi,” ujarnya saat ditemui Haluan di kantornya beberapa waktu lalu.

Pembatasan 150 orang per hari lanjutnya, juga tidak semata-mata pertimbangan waktu kerja, namun juga karena kemampuan sistem yang juga tidak mendukung apabila melebihi.

“Kalau melebihi dan dipaksakan sistem bisa down. Akibatnya tentu akan memperlama antrean jadinya,” pungkasnya.

Terkait dengan adanya calo yang juga ikut antre bersama dengan calon pembuat paspor Esti membatahnya. Karena menurutnya hal itu sangat mustahil mengingat saat ini bagi yang mengurus paspor tidak bisa diwakilkan.

“Siapa yang ingin membuat Paspor tidak bisa diwakilkan. Apalagi setiap calon pembuat paspor ketika mengambil antrean wajahnya dijepret. Sehingga nanti ketika dipanggil memang harus yang bersangkutan yang maju, tidak bisa tidak,” ujarnya.

Namun, terkait dengan indikasi adanya aktivitas percaloan yang berada di luar kantor Imigrasi, Esti menyebutkan kalau itu tidak wewenangnya. “Kami cuma bisa mengingatkan warga yang ingin membuat paspor agar tidak percaya dengan calo. Karena dalam pembuatan paspor saat ini tidak bisa diwakilkan,” tukasnya.

Imgrasi Kelas 1 Padang juga meminta agar warga yang tengah membuat paspor dan menemukan aktivitas percaloan untuk langsung melapor pihak Imigrasi. “Kalau bisa pakai foto orang yang bersangkutan. Nanti kalau ada akan langsung kita tindak,” ujarnya.

Pembuatan paspor terbanyak saat ini masih didominasi untuk umrah, setelah itu wisata ke Malaysia, dan Singapura. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,19 Januari 2017 - 10:05:52 WIB

    Di Imigrasi Padang, Antrean Warga Mengular Sejak Subuh

    Di Imigrasi Padang, Antrean Warga Mengular Sejak Subuh PADANG, HALUAN – Masyarakat pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Padang di Jalan Khatib Sulaiman, tampak sudah berjubel sejak subuh. Mereka berbaris rapi “berebut” nomor antrean yang dijatah hingga pukul 10.00 WIB .
  • Jumat,28 Oktober 2016 - 01:24:59 WIB
    RAZIA WNA

    Petugas Imigrasi Geledah Hotel Bintang Lima

    PADANG, HALUAN — Petugas Kantor Wilayah Kanwil Hukum Kementerian Hu­kum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sumatera Barat dan Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang melakukan swee­ping ke hotel bintang lima, Kamis (27/9) .
  • Jumat,29 Januari 2016 - 04:06:14 WIB
    Selama Januari 2016

    Imigrasi Padang Deportasi 21 WNA

    PADANG, HALUAN — Pada Januari 2016 ini, sudah sebanyak 21 warga negara asing (WNA) yang dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I Padang karena telah menyalahi 60 hari izin tinggal..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM