Bupati Pessel: Mereka Anggap Mandeh Negeri Tidak Bertuan, Saya Akan Usut Tuntas Pelakunya


Minggu,09 April 2017 - 20:11:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bupati Pessel: Mereka Anggap Mandeh Negeri Tidak Bertuan, Saya Akan Usut Tuntas Pelakunya Bupati Pessel Hendrajoni saat melakukan kunjungan keduanya ke Mandeh, bersama sejumlah OPD dan perwakilan masyarakat setempat. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni terus menelusuri sejumlah kerusakan hutan bakau (mangrove), di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh. Menurutnya pengrusakan tersebut ditenggarai melibatkan sejumlah oknum pejabat tinggi daerah maupun provinsi.

 

Pada kunjungan kedua kalinya, Jumat (7/4), Bupati Hendrajoni semangkin meradang, sebab Kawasan Mandeh yang terdapat di kenagarian Sungai Nyalo, kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pessel itu, sudah dikuasai oleh sejumlah pejabat yang menganggap Mandeh seperti negeri tidak bertuan. Namun, ia masih enggan menyebutkan nama-nama pelaku tersebut.

 

"Ini pejabat tinggi semua yang bermain, sudah jelas tidak ada izin. Namun, mereka anggap daerah ini (mandeh) seperti negeri tidak bertuan. Hal ini harus menjadi tanggung jawab kita semua untuk mengusutnya," tegas Hendrajoni saat itu.

 

Menurut Bupati Hendrajoni, dari sejumlah data yang dikumpulkan, kerusakan yang paling terparah terdapat di Kenagarian Sungai Nyalo Mudiek Aia, di lokasi tersebut kurang lebih 480 meter persegi kawasan hutan bakau (mangrove) sudah dirambah tangan-tangan jahil sejak tahun 2016 lalu. Sehingga pada akhir (Februari 2017), luas kawasan yang dirambah terus saja bertambah dengan luas kurang lebih 56x15 meter, atau setara dengan 750 meter persegi, dengan total kerusakan mencapai 1.230 meter yang sudah di babat habis.

 

"Tidak hanya kawasan Bakau saja yang mereka babat, terumbu karang juga diambil untuk pembangunan dermaga pribadi oleh tangan jahil yang tidak bertanggung jawab," ujar Bupati dengan nada geram.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:52:29 WIB

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, lagi-lagi dibuat jengkel oleh sebagian pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, khususnya pada bagian umum. Kegusarannya disebabkan puluhan pegawai tidak hadir a.
  • Selasa,13 Juni 2017 - 19:40:37 WIB

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan

    Melirik Nagari Singgalang, Bupati Tanah Datar: Tularkan Keberhasilan Pariangan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi bidik pontensi wisata alam di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Selasa, (13/6). Hal demikian bermula saat bupati menyambangi Naga.
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:20:01 WIB

    Bupati Agam Minta Warga Suksekan Pilwana

    AGAM, HALUAN -- Bupati Agam, Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah meminta masyarakat di nagari untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kenyamanan di kampung, serta jangan ada fitnah dan saling menjelekan antar sesama, menjelang ma.
  • Kamis,08 Juni 2017 - 11:42:14 WIB

    Bupati Hendrajoni: Bantuan Alsintan Jangan Dimanfaatkan untuk Pribadi

    Bupati Hendrajoni: Bantuan Alsintan Jangan Dimanfaatkan untuk Pribadi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Agar sektor pertanian benar-benar memberikan jaminan terhadap kesejahteraan masyarakat petani di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), maka sesuai dengan potensi besar yang dimiliki daerah itu, dihara.
  • Kamis,01 Juni 2017 - 16:12:47 WIB

    Belasan Dokter Muda di Dharmasraya Bertemu Bupati

    Belasan Dokter Muda di Dharmasraya Bertemu Bupati DHARMASRAYA, HALUAN - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr.Ramahdian menerima sedikitnya 14 orang Dokter Interenshif yang diperbentukan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas dan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM