Penemuan Lukisan dan Aksara Kuno Dalam Goa di Tanah Datar


Rabu,05 April 2017 - 17:43:03 WIB
Penemuan Lukisan dan Aksara Kuno Dalam Goa di Tanah Datar Salah satu lukisan yang terlhat di dinding gua di Kabupaten Tanah Datar, FOTO DODI CHANDRA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Tanah Datar, menemukan lukisan kuno di beberapa gua yang ada di Kabupaten Tanah Datar, Senin (3/4). Lukisan tersebut ditemukan di dua lokasi yang berbeda, yakni di Gua Pamalaman Inyiak Uda, yang terletak di Lintau Buo Nagari Tigo Jangko, Jorong Gunuang Saribu dan yang kedua ditemukan di Gua Situmbuak.

 

Kepada Harianhaluan.com Staf Kelompok Kerja Penyelamatan, Pengamanan, Zonasi BPCB Sumatera Barat Dodi Chandra, S.Hum. mengatakan, bahwa pihaknya menemukan dua bentuk lukisan yang ada di goa tersebut.

 

Diantaranya, motif antromorfik (manusia gaya kangkang) lebih kurang ada 6 tipe dan motif geometris lebih kurang sekitar 5 bentuk.

 

"Untuk memastikan berapa usia lukisan kuno tersebut kami belum bisa memberikan keterangan pasalnya untuk mengetahui berapa umur lukisan ini butuh penelitian lebih lanjut yang melibatkan beberapa para ahli dan pakarnya," ujar Chandra.

 

Chandra juga menyampaikan, selain lukisan yang berbentuk manusia tim BPCB bersama Balai Arkeolog Medan juga menemukan beberapa aksara kuno.

 

Berdasarkan pendapat salah seorang tim arkeolog yang berasal dari Medan tersebut bahwa aksara yang teridentifikasi tersebut sama dengan Aksara Batak kuno, atau Aksara Pasca Pallawa. Namun, hal tersebut belum dapat dipastikan. Dari beberapa penelitian sebelumnya diyakini bahwa Aksara yang terdapat di Gua Pamalan Inyiak Uda dan Gua Situmbuk adalah akasara asli Minangkabau.

 

 

 

Chandra menjelaskan, dari hasil penelusaran tim yang turun ke lokasi yang menempuh selama 4 jam berjalan kaki menelusuri hutan belantara, bahwa lokasi penemuan lukisan tersebut masuk ke dalam kawasan Ngalau Saribu yang ada dalam peta Belanda.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM