Solok Segera Miliki Parkir Representatif


Rabu,05 April 2017 - 09:12:30 WIB

SOLOK, HALUAN - Persoalan parkir di Kota Solok memang sangat vital. Untuk itu, Pemerintah Kota Solok harus sesegera mungkin merealisasikan pembangunan areal parkir. Pasalnya, ke depan, Kota Solok diprediksi akan terus mengalami perkembangan hingga mendatangkan kunjungan dari warga daerah lain yang hendak berbelanja dan menikmati alam Kota Solok.

“Memang, layaknya, sebuah kota, baik kota kecil maupun kota besar, persoalan parkir menjadi dilematis yang dihadapi. Namun setidaknya kebuntuan itu bisa teratasi, kalau tidak 100 %, 60 % bisa teratasi, apalagi pemasukan bidang parkir cukup baik,” ujar Wakil Walikota Solok, Reinier dalam bincang-bincang dengan Haluan usai penutupan Rakorbang Jumat lalu.

Kian hari geliat pembangunan di Kota Solok makin berkembang. Pertumbuhan rumah toko (ruko) terus berjejer di jalan-jalan utama yang menyediakan berbagai kebutuhan, mulai dari sandang, pangan hingga kebutuhan lux. Makin tersedianya kebutuhan barang dan jasa yang kualitasnya tidak kalah dengan Kota Padang maupun Bukittinggi semakin menghidupkan suasana kota dan orang banyak datang untuk berbelanja.

Pertumbuhan pembangunan itu bukan hanya ruko-ruko yang menyediakan berbagai kebutuhan, melainkan juga sudah berdiri plaza walau belum seindah di kota besar. Namun bisa saja bertambah plaza lainnya karena banyak peminat yang ingin berinvestasi di kota persimpangan itu.

“Semakin banyak orang datang ke Kota Solok, mengharuskan kita mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung. Salah satunya memberikan pelayanan bidang parkir,” ungkap Reinier.

Ada dua lokasi yang sedang diincar untuk kawasan parkir yang representative. Pertama terminal lama di pusat Pasar Solok. Terminal itu saat ini tidaklah efektif sejalan dengan perkembangan automotif roda dua. Kendati terminal lama itu dijadikan tempat ngetem angkutan kota dan pedesaan, kedepannya semua angkutan dipindahkan ke terminal Bareh Solok yang pengelolaannya sudah diserahkan ke Kementerian Perhubungan.

Jika Pemda Kota Solok terkendala persoalan tanah terminal, kemungkinan dialihkan ke Batang Lembang, sungai Batang Lembang yang berada di tengah Pasar Solok itu di Dam dan dibangun areal parkir yang representatif berlantai III. Untuk pembangunan areal parkir di Batang Lembang itu sudah disetujui secara lisan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kota Solok, lanjut Reinier, memang tidak ada pilihan dan harus membangun areal parkir yang permanen karena jika diperhatikan saban hari,  parkir di pasar Solok tidak teratur dan selalu bagadincik, apalagi jika hari libur orang banyak berkunuung ke Kota Solok dari berbagai daerah. Jika parkir tidak ada bukan tidak mungkin orang enggan datang ke Kota Solok.

Yang paling merisaukan lagi hari lebaran, satu minggu menjelang lebaran tingkat kunjungan masyarakat sudah terlihat untuk memenuhi keutuhannya, untuk menampung parkir bagi tamu yang menggunakan kendaraan roda empat terpaksa memanfaatkan potensi yang ada seperti terminal lama dan kantor DPRD lama di jalan Jendral Sudirman. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM