Pendaftar Haji Pasbar Meningkat


Selasa,04 April 2017 - 12:03:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASBAR, HALUAN – Kesadaran warga Pasaman Barat, untuk mendaftarkan dirinya sebagai calon jemaah haji ke tanah suci dari daerahnya, terus meningkat. Dari Januari hingga bulan Maret 2017, jumlah pendaftar dan tercatat di Sistem Kompoterisasi Haji Terpadu (Siskohat) Pasaman Barat, sebanyak 127 orang.

Dari catatan itu, uang warga Pasaman Barat yang disetor ke kas negara, sebagai Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), melalui bank Bank Penerima Setoran (BPS) di daerah setempat mencapai Rp3,175 milyar, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Miswan, menjawab Haluan di ruang kerjanya, Simpang Empat, Senin (3/4) kemarin.

Di Pasaman Barat, jelasnya, BPS-BPIH dijadikan setiap warga melakukan pembayaran biaya perjalanan ibadah hajinya adalah, Bank Mandiri, Bank Nasional Indonesia 46 (BNI46), Bank Syariah Mandiri, Bank Nagari, Bank Rakyat Indonesia, Bank Nagari Syariah, dan Bank Rakyat Indonesia Syariah.

Khusus bulan Maret 2017, terang Miswan, calon jemaah haji se Pasaman Barat yang mendaftar di BPS-BPIH masing-masing mencapai 45 orang, dengan alokasi dana disetorkan ke kas negara mencapai Rp1,025 mliyar. Bayangkan saja, berapa uang warga dari Pasaman Barat disetorkan ke kas negara, dalam hal biaya pendaftaran jemaah calon haji.

Dari 45 orang warga Pasaman Barat telah mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji dalam bulan Maret 2017, sebanyak 14 orang di antaranya warga Kecamatan Pasaman, 12 orang warga Kinali, 7 orang warga Luhak Nan Duo, 4 orang dari Lembah Melintang, 4 orang lagi dari Kecamatan Gunung Tuleh, dan sebanyak 4 orang dari Kecamatan Ranah Batahan.

Menyinggung berapa lapa masa tunggu bagi warga Pasaman Barat yang mendaftarkan diri untuk melaksanakan perjalanan ibadah haji ke tanah suci dalam bulan Maret 2016 lalu, Miswan yang dikuatkan Rahmiyanti dan Asriwan menjelaskan, masa tunggu harus dihadapi setiap calon jemaah, dari waktu pendaftaran sampai mereka diperkenankan untuk berangkat ke tanah suci, sekitar 14 sampai 15 tahun ke depan.

Seiring kondisi dimaksud dan lamanya masa menunggu, dari waktu pendftaran hingga waktu pemberangkatan dilaksanakan, Miswan mengajak setiap warga Pasaman Barat berkesanggupan agar sesegeranya mendaftarkan diri, melalui BPS-BPIH masing-masing dan berada di kecamatannya yang bersangkutan.

Jika waktu yang ada diabaikan begitu saja, ingat Kasi PHU Kementerian Agama Pasaman Barat lagi, otomatis daftar tunggu bersangkutan, dari waktu pendaftaran hingga diberangkatkannya bersangkutan ke tanah suci otomatis bertambah lama juga. Karena itu, manfaatkanlah waktu dan kesempatan secara maksimal. (h/gmz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,22 Maret 2016 - 03:43:44 WIB

    Pendaftaran Uda Uni Kab. Solok Dibuka

    AROSUKA, HALUAN—Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Solok, Sumatera Barat, membuka pen­daftaran peserta untuk pemilihan Uda Uni Duta Wisata Kabupaten Solok 2016 dari 14 Maret - 1 April 2016 mendatang. Keb.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM