Rp25 M Disiapkan untuk Rehabilitasi Irigasi


Selasa,04 April 2017 - 11:41:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PASAMAN, HALUAN - Sejumlah sungai dan saluran irigasi di Kabupaten Pasaman, akan segera diperbaiki di tahun ini. Dananya pun sudah tersedia, yakni mencapai Rp 25,65 miliar, bersumber dari dana APBD juga Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017. 

Kepala Bidang Pengairan Dinas PUTR Kabupaten Pasaman, Bujang mengatakan, pihaknya akan melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan bantaran dan tanggul sungai dibeberapa titik, sebagai bagian dari program pengendalian banjir.

"Rp25,65 miliar itu terdiri dari dana APBD Rp17 miliar dan DAK Rp8,655 miliar. Itu, untuk pembiayaan rehabilitasi sungai dan irigasi," kata Bujang, kemarin.

Dikatakan, sebanyak enam titik kegiatan rehabilitasi sungai ada di Kecamatan Panti, yakni normalisasi dan pengamanan tebing Batang Panti di Kampung Belimbing, normalisasi sungai Titian Akar, normalisasi Muaro Batang Kuamang.

Berikutnya, pengamanan tebing Batang Panti, normalisasi sungai Air Sirah Jalan Panti-Lundar serta sungai Kampung Ampanggadang. 

"Jika ditotal nilainya mencapai Rp1,1 miliar untuk enam kegiatan itu," kata Bujang.

Selain itu, juga ada pengamanan sungai Batang Tepian Rantau dan Batang Pangariang di Lubuksikaping masing-masing Rp200 juta, di Kampung Hangus, Bonjol Rp200 juta, dan normalisasi Batang Aek Rogas dan Batang Asik, masing-masing senilai Rp200 juta di Rao Utara," katanya.

Sementara program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan lainnya menyasar sepuluh kecamatan, selain Padanggelugur dan Mapattunggul. 

"Dana untuk program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dan rawa ini jika ditotal mencapai Rp11,4 miliar lebih. Enam paket peningkatan jaringan irigasi, sisanya 17 paket pemeliharaan," ujarnya.  

Bujang menyebutkan, bahwa luas daerah irigasi di kabupaten itu mencapai 10.120 hektar, dengan jumlah keterseduaan D.I baru mencapai 287 buah. Jumlah tersebut, kata dia, sebenarnya masih jauh dari cukup. 

"Sebenarnya belum memadai. Tapi kan untuk program pembangunan irigasi juga ada di dinas lainnya, seperti di Dinas Pertanian juga ada," tukasnya. 

Bujang menambahkan, perbaikan sungai dan pengembangan jaringan irigasi akan terus dilakukan guna meningkatkan taraf hidup orang banyak. Sehingga, kata dia, ekonomi masyarakat meningkat dan kesejahteraan terwujud. 

"Masih banyak sungai yang harus dinormalisasi agar masyarakat terhindar dari bencana banjir. Demikian pula pengerjaan jaringan irigasi, untuk memperlancar pasokan air ke areal persawahan," katanya. (h/mg-yud/hel)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,22 Juli 2016 - 02:30:46 WIB
    DI PASAMAN

    Rp25,5 M Dana Nagari Belum Tersalurkan

    PASAMAN, HALUAN — Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Pasaman, mengatakan, sebanyak Rp25,5 miliar lebih alokasi dana nagari (desa) tahun 2016 di daerah itu belum tersalurkan..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM