Lapas Narkotika Sawahlunto Belum Optimal


Senin,03 April 2017 - 11:17:24 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar Dwi Prasetyo Santoso menyebut, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus Narkotika Sawahlunto belum beroperasi optimal hingga saat ini. Hal itu dikarenakan, pihaknya kekurangan tenaga untuk didrop ke sana.

"Lapas Sawahlunto belum bisa dioperasikan 100 persen karena masih ada kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan beberapa sarana prasarana lainnya juga belum selesai. Dalam waktu dekat akan dioperasikan optimal," kata Dwi Prasetyo.

Ia mengatakan, saat ini lapas itu dihuni 100 narapidana, dari daya tampung sebanyak 250 narapidana. Dwi menyebutkan, pihaknya berusaha agar kelengkapan lapas segera dilakukan sehingga dapat dioperasikan sepenuhnya. Lapas tersebut mulai dioperasikan secara terbatas sejak November 2015. Pengoperasian seratus persen lapas narkotika itu diharapkan jadi solusi bagi lapas lain di Sumbar yang mengalami kelebihan penghuni.

Salah satunya Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang yang saat ini jumlah penghuninya mencapai 400 persen dari kapasitas. Kepala Lapas Padang Yuwono mengatakan lapas yang memiliki daya tampung sekitar 247 orang itu, saat ini berisi sebanyak 1.365 orang.  Ia juga membeberkan dari data tersebut, sekitar 80 persen di antaranya adalah narapidana yang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba.

Saat ditanyai solusi terhadap kelebihan kapasitas itu, ia mengatakan dilakukan pemindahan warga ke lapas dan rumah tahanan (Rutan) lain yang ada di Sumbar. Beberapa di antaranya adalah Lapas Klas II B Payakumbuh dan Rutan Anak Aia, Padang. “Akan dilakukan pemindahan,” ujarnya. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,10 Mei 2017 - 15:17:27 WIB

    Wabup Sijunjung Prihatin, Lapas Sijunjung Over Kapasitas

    Wabup Sijunjung Prihatin, Lapas Sijunjung Over Kapasitas SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy menyatakan keprihatinan terhadap kondisi lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaro Sijunjung, yang sudah melebihi daya tampung atau over kapasitas..
  • Sabtu,25 Februari 2017 - 11:49:36 WIB
    Sempat Ricuh di LP Bukitinggi

    Kalapas Dicopot Karena Diduga Lakukan Pecelehan Seksual ke Tahanan Wanita

    Kalapas Dicopot Karena Diduga Lakukan Pecelehan Seksual ke Tahanan Wanita PADANG, HALUAN – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum HAM Sumbar akhirnya menon-aktifkan Kepala Lembaga Pemasyarakataan (Lapas) kelas IIA Bukittinggi, Lisabetha Hardiarto, mulai Jumat (24/2). Kanwil menunjuk Rifan sebaga.
  • Jumat,19 Agustus 2016 - 02:40:05 WIB

    Walikota Apresiasi Warga Lapas Penghafal Quran

    SOLOK HALUAN — Walikota Solok Zul Elfian memberikan hadiah dan penghar­gaan ke­pada salah seorang warga binaan pemasya­ra­katan (WBP) yang mampu meng­hafal Alquran satu jus selama men­jalani masa tahanan..
  • Selasa,16 Agustus 2016 - 03:09:32 WIB

    Warga Lapas Narkotika Peringati HUT RI

    Warga Lapas Narkotika Peringati HUT RI SAWAHLUNTO, HALUAN — Semarak HUT Re­publik Indonesia ke-71 dirasakan warga binaan La­pas Narkotika Sawahlunto. Beragam lomba dan per­mainan menjadi semarak di tengah 33 warga binaan, di lembaga binaan khusus terse­but..
  • Selasa,22 Desember 2015 - 02:28:49 WIB

    Lapas Narkotika Bekali Warga Binaan dengan Pramuka

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Tingkatkan kreativitas warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kota Sawahlunto, masukan program pembinaan pendidikan kepramukaan bagi binaannya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM