KPU Persiapkan Rumah Pintar Pemilu


Kamis,30 Maret 2017 - 16:28:39 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi tengah mempersiapkan  Rumah Pintar Pemilu yang akan dibuka di kantor KPU setempat. Rumah Pintar Pemilu ini akan diluncurkan pada April.

Kepala Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi, Benny Aziz, menginformasikan, Rumah Pintar Pemilu tersebut dibuat untuk mendidik masyarakat akan pentingnya pelaksanaan pemilu. Di rumah tersebut pemilih pemula akan diedukasi sehingga bisa meningkatkan partisipasi pemilih menjelang pesta demokrasi berlangsung.

"Keberadaan Rumah Pintar Pemilu diharapkan dapat mendorong terselenggaranya pendidikan bagi pemilih secara berkelanjutan. Rumah ini akan kita buka untuk masyarakat luas," ujarnya di Bukittinggi, Rabu (29/3).

Benny menerangkan, Rumah Pintar Pemilu menyajikan informasi seputar pemilu, seperti sejarah pemilu di Indonesia dan sistem pemilu. Rumah Pintar Pemilu juga menyediakan sarana diskusi bagi masyarakat yang berkunjung. Melalui Rumah Pintar Pemilu, KPU menargetkan dapat memberikan pendidikan politik dan pengetahuan pemilu bagi masyarakat.

"Bagi warga yang ingin memanfaatkan fasilitas Rumah Pintar Pemilu ini dapat datang secara individu atau berkelompok ke Kantor KPU Bukittinggi. Komisioner KPU Bukittinggi siap memberikan informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui seluk beluk tentang Pemilu,” tutur Benny.

Sementara itu, Kasubag Teknis dan Humas KPU Bukittinggi, Beni Mustika, mengutarakan, Rumah Pintar Pemilu memiliki empat ruangan yang  terdiri dari ruangan penayangan audio visual, ruangan pameran, ruangan simulasi, dan ruangan diskusi.

“Mengingat saat ini kondisi sarana yang ada masih terbatas, maka kita hanya menggunakan satu ruang yaitu ruang aula KPU Bukittinggi. Idealnya harus ada empat ruangan tersebut,” ucapnya.

Saat ini, kata Beni Mustika, KPU Bukittinggi menyiapkan kebutuhan sarana pendukung Rumah Pintar Pemilu, seperti televisi berlayar lebar, alat peraga, tempat pemungutan suara (TPS), perangkat bunyi (sound system), meja diskusi, dan majalah dinding.

"Kebutuhan Rumah Pintar Pemilu ini memang cukup banyak sehingga kami mengupayakan kerja sama melalui bantuan dari program CSR perusahaan di daerah di samping dukungan dari pemerintah daerah setempat," katanya. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM