KPU Persiapkan Rumah Pintar Pemilu


Kamis,30 Maret 2017 - 16:28:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi

BUKITTINGGI, HALUAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi tengah mempersiapkan  Rumah Pintar Pemilu yang akan dibuka di kantor KPU setempat. Rumah Pintar Pemilu ini akan diluncurkan pada April.

Kepala Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi, Benny Aziz, menginformasikan, Rumah Pintar Pemilu tersebut dibuat untuk mendidik masyarakat akan pentingnya pelaksanaan pemilu. Di rumah tersebut pemilih pemula akan diedukasi sehingga bisa meningkatkan partisipasi pemilih menjelang pesta demokrasi berlangsung.

"Keberadaan Rumah Pintar Pemilu diharapkan dapat mendorong terselenggaranya pendidikan bagi pemilih secara berkelanjutan. Rumah ini akan kita buka untuk masyarakat luas," ujarnya di Bukittinggi, Rabu (29/3).

Benny menerangkan, Rumah Pintar Pemilu menyajikan informasi seputar pemilu, seperti sejarah pemilu di Indonesia dan sistem pemilu. Rumah Pintar Pemilu juga menyediakan sarana diskusi bagi masyarakat yang berkunjung. Melalui Rumah Pintar Pemilu, KPU menargetkan dapat memberikan pendidikan politik dan pengetahuan pemilu bagi masyarakat.

"Bagi warga yang ingin memanfaatkan fasilitas Rumah Pintar Pemilu ini dapat datang secara individu atau berkelompok ke Kantor KPU Bukittinggi. Komisioner KPU Bukittinggi siap memberikan informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui seluk beluk tentang Pemilu,” tutur Benny.

Sementara itu, Kasubag Teknis dan Humas KPU Bukittinggi, Beni Mustika, mengutarakan, Rumah Pintar Pemilu memiliki empat ruangan yang  terdiri dari ruangan penayangan audio visual, ruangan pameran, ruangan simulasi, dan ruangan diskusi.

“Mengingat saat ini kondisi sarana yang ada masih terbatas, maka kita hanya menggunakan satu ruang yaitu ruang aula KPU Bukittinggi. Idealnya harus ada empat ruangan tersebut,” ucapnya.

Saat ini, kata Beni Mustika, KPU Bukittinggi menyiapkan kebutuhan sarana pendukung Rumah Pintar Pemilu, seperti televisi berlayar lebar, alat peraga, tempat pemungutan suara (TPS), perangkat bunyi (sound system), meja diskusi, dan majalah dinding.

"Kebutuhan Rumah Pintar Pemilu ini memang cukup banyak sehingga kami mengupayakan kerja sama melalui bantuan dari program CSR perusahaan di daerah di samping dukungan dari pemerintah daerah setempat," katanya. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,28 Mei 2017 - 15:27:45 WIB

    Disebut-sebut ke Pilwako Padang, Ini Pandangan Eks Ketua KPU Sumbar

    Disebut-sebut ke Pilwako Padang, Ini Pandangan Eks Ketua KPU Sumbar PADANG, HALUAN--Disebut-sebut akan maju di Pilkada Padang, Marzul Veri mengatakan siap memajukan pariwisata dan pendidikan di Kota Padang. Saat dikonfirmasi terkait keinginannya untuk maju di Pilkada Kota Padang tahun 2018, m.
  • Kamis,06 April 2017 - 12:55:07 WIB

    Ditetapkan KPU Payakumbuh, Riza-Erwin Resmi Pemenang Pilkada

    Ditetapkan KPU Payakumbuh, Riza-Erwin Resmi Pemenang Pilkada PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM-Setelah menjalankan proses Pilkada yang cukup panjang, akhirnya Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh menetapkan pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz sebagai pasangan pemenang Pilkada Kota Payakumb.
  • Kamis,23 Maret 2017 - 10:00:59 WIB

    Komisioner KPU dari Parpol, Itu Langkah Mundur

    Komisioner KPU dari Parpol, Itu Langkah Mundur PADANG, HALUAN – Sejumlah pengamat mengkritisi wacana Panitia Khusus Rancangan Undangi-undang (RUU) pemilu DPR RI terkait keanggotaan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berasal dari partai politik (Paprol). Mereka menil.
  • Rabu,22 Maret 2017 - 10:09:40 WIB
    SIDANG SENGKETA PILKADA PAYAKUMBUH DI MK

    KPU Ngaku Tak Langgar Aturan

    KPU Ngaku Tak Langgar Aturan PAYAKUMBUH, HALUAN – Sidang kedua sengketa pilkada Kota Payakumbuh kembali digelar Mahkamah Konstitusi, Selasa (21/3). Sidang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 Wib dengan agenda jawaban gugatan dari termohon terhad.
  • Selasa,21 Maret 2017 - 10:26:37 WIB

    Hari Ini, KPU Jawab Gugatan W-Fi

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Proses persidangan sengketa hasil Pilkada Payakumbuh berlanjut hari ini, Selasa (21/3) di Mahkamah Konstitusi (MK). Agenda sidang yakninya mendengarkan jawaban dari KPU Kota Payakumbuh sebagai termohon .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM