Warga Padang Laweh Butuh Jaringan Irigasi


Kamis,30 Maret 2017 - 11:56:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Sijunjung, Haluan - Kelancaran jaringan irigasi merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan pertanian. Selain ketersediaan pupuk yang memadai, adanya jaringan infrastruktur saluran irigasi yang mampu memenuhi kebutuhan lahan pertanian masyarakat, menjadi kebutuhan urgen bagi masyarakat petani di Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh, Kec Koto VII, Kab Sijunjung.  

“Bagai mana panen mau meningkat, sementara faktor utama yang menjadi penunjang keberhasilan pertanian itu seperti irigasi yang memadai belum mampu kita penuhi secara baik,” kata Walinagari Padang Laweh, Rusdi Antoni, saat berdialog dengan anggota DPD RI asal Sumbar Nofi Candra Selasa (28/3) malam.

Kunjungan senator asal Sumbar ini selain menjalin silaturrahim dengan masyarakat juga dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dalam memanfaatkan kunjungan masa resesnya ke dapil Sumbar. Kehadiran putra Saningbakar kabupaten Solok itupun disambut antusias oleh masyarakat  setempat yang ingin berkeluh kesah terhadap berbagai persoalan yang terjadi.

Rusdi menyebutkan, untuk Jorong Sungai Gemiri saja ada sekira 100 hektare lahan pertanian masyarakat. Lahan itu merupakan lahan pertanian tadah hujan, dan hanya bisa diolah kala musim hujan saja. Pada lahan tersebut ada saluran irigasi tradisional dan tidak permanen yang membentang sepanjang 3 kilometer. Artinya kala musim kemarau, saluran irigasi tersebut juga ikut kering karena tak ada tembok yang mampu menahan air.

“Kalau ada saluran irigasi, tentu petani di sini bisa mengatur musim tanamnya tanpa terganggu dengan musim. Ini yang kita harapkan, kita ingin pemerintah peduli, kalau memang ingin meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini,” bebernya.

Menjawab keluhan masyarakat ini, Nofi yang duduk di Komite II yang membidangi masalah Pertanian, Kehutanan, Perikanan, perkebunan, Sumberdaya Alam dan Energi ini menyebutkan akan segera menyampaikan aspirasi masyarakat ini kepada lembaga dan kementerian terkait. Pihaknya berharap pemerintah nagari mengajukan usulan ini kepada pemerintah daerah. Permohonan itu kemudian disampaikan kepada kementerian terkait dengan ditembuskan kepada anggota DPD RI asal Sumbar.

“Setiap turun menjeput aspirasi, perbaikan sistim distribusi dan tataniaga pupuk dan peningkatan kualitas irigasi terus menjadi harapan petani. Kita telah melaporkan hal ini dan akan selalu berjuang untuk mendesak departemen terkait melalui kopmite II agar melakukan pembenahan, “ tutur Nofi. (h/ndi)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,11 September 2017 - 11:58:02 WIB

    Badoncek Bantu Muslim Rohingya, Warga Pariaman Ini Kumpulkan Rp91 Juta

    Badoncek Bantu Muslim Rohingya, Warga Pariaman Ini Kumpulkan Rp91 Juta PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Aliansi Mayarakat Pariaman Peduli Rohingya melakukan penggalangan dana untukmuslim rohingya di Masjid Annur Zainul, Kampung Paneh, Kota Pariaman Minggu, (10/9)..
  • Jumat,01 September 2017 - 01:58:20 WIB

    Hendak Tidur, Warga di Solsel ini Dikagetkan Gempa

    Hendak Tidur, Warga di Solsel ini Dikagetkan Gempa SOLOK SELATAN, HALUAN -- Gempa sangat kencang dirasakan hingga ke Solok Selatan (Solsel). Seorang warga Bendang, Sungai Pagu, Armensis menyebutkan saat gempa terjadi dirinya hendak menarik selimut ditempat tidur namun, tiba-t.
  • Kamis,03 Agustus 2017 - 20:54:28 WIB

    Bawa Piala Adipura, Bupati dan Ribuan Warga Pessel Keliling Kota

    Bawa Piala Adipura, Bupati dan Ribuan Warga Pessel Keliling Kota PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Ribuan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terlihat antusias menyambut arak-arakan piala Adipura di Bumi yang berjulukan "Negeri Sejuta Pesona" itu. Sejak pukul 09.00 WB, Kamis (3/8). Sej.
  • Kamis,03 Agustus 2017 - 19:09:48 WIB

    Warga Bukittinggi Arak Piala Adipura dan Nirwasita Tantra Keliling Kota

    Warga Bukittinggi Arak Piala Adipura dan Nirwasita Tantra Keliling Kota BUKITTINGGGI HARIANHALUAN.COM--Penghargaan Adipura dan Penghargaan Nirwasita Tantra yang diterima oleh Walikota Bukittinggi, disambut dengan hangat oleh pemerintah daerah setempat bersama warga dan ratusan pelajar di Bukittin.
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:36:43 WIB

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), memasang plang larangan untuk membangun di sekitar area bibir pantai yang terdapat jejak penimbunan akibat pengerjaan jalan nasional, Selasa (25.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM