Warga Padang Laweh Butuh Jaringan Irigasi


Kamis,30 Maret 2017 - 11:56:51 WIB

Sijunjung, Haluan - Kelancaran jaringan irigasi merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan pertanian. Selain ketersediaan pupuk yang memadai, adanya jaringan infrastruktur saluran irigasi yang mampu memenuhi kebutuhan lahan pertanian masyarakat, menjadi kebutuhan urgen bagi masyarakat petani di Jorong Sungai Gemiri, Nagari Padang Laweh, Kec Koto VII, Kab Sijunjung.  

“Bagai mana panen mau meningkat, sementara faktor utama yang menjadi penunjang keberhasilan pertanian itu seperti irigasi yang memadai belum mampu kita penuhi secara baik,” kata Walinagari Padang Laweh, Rusdi Antoni, saat berdialog dengan anggota DPD RI asal Sumbar Nofi Candra Selasa (28/3) malam.

Kunjungan senator asal Sumbar ini selain menjalin silaturrahim dengan masyarakat juga dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dalam memanfaatkan kunjungan masa resesnya ke dapil Sumbar. Kehadiran putra Saningbakar kabupaten Solok itupun disambut antusias oleh masyarakat  setempat yang ingin berkeluh kesah terhadap berbagai persoalan yang terjadi.

Rusdi menyebutkan, untuk Jorong Sungai Gemiri saja ada sekira 100 hektare lahan pertanian masyarakat. Lahan itu merupakan lahan pertanian tadah hujan, dan hanya bisa diolah kala musim hujan saja. Pada lahan tersebut ada saluran irigasi tradisional dan tidak permanen yang membentang sepanjang 3 kilometer. Artinya kala musim kemarau, saluran irigasi tersebut juga ikut kering karena tak ada tembok yang mampu menahan air.

“Kalau ada saluran irigasi, tentu petani di sini bisa mengatur musim tanamnya tanpa terganggu dengan musim. Ini yang kita harapkan, kita ingin pemerintah peduli, kalau memang ingin meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini,” bebernya.

Menjawab keluhan masyarakat ini, Nofi yang duduk di Komite II yang membidangi masalah Pertanian, Kehutanan, Perikanan, perkebunan, Sumberdaya Alam dan Energi ini menyebutkan akan segera menyampaikan aspirasi masyarakat ini kepada lembaga dan kementerian terkait. Pihaknya berharap pemerintah nagari mengajukan usulan ini kepada pemerintah daerah. Permohonan itu kemudian disampaikan kepada kementerian terkait dengan ditembuskan kepada anggota DPD RI asal Sumbar.

“Setiap turun menjeput aspirasi, perbaikan sistim distribusi dan tataniaga pupuk dan peningkatan kualitas irigasi terus menjadi harapan petani. Kita telah melaporkan hal ini dan akan selalu berjuang untuk mendesak departemen terkait melalui kopmite II agar melakukan pembenahan, “ tutur Nofi. (h/ndi)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM