KPK Datangi Sijunjung, Pemda Sebut tak Ada Penggeledahan


Rabu,22 Maret 2017 - 14:56:47 WIB
KPK Datangi Sijunjung, Pemda Sebut tak Ada Penggeledahan

SIJUNJUNG, HALUAN- Tiga anggota Direktorat Gratifikasi Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni Uding Juharudin, Meri Putri Abadi dan Lela Luana menyambangi Kantor Bupati Sijunjung, Rabu (22/3).

Kedatangan mereka bukan untuk melakukan pengeledahan dan penindakan, akan tetapi melakukan sosialisasi pengendalian gratifikasi bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Selain melakukan sosialisasi, anggota Direktorat Gratifikasi Deputi Bidang Pencegahan KPK ini juga menyaksikan tiga perwakilan Pemkab Sijunjung, yakni Kepala Dinas Pendidikan, Ramler, Kepala BKAD, Jaheri dan Camat Sumpur Kudus, Syamsu J serta diketahui Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy menandatangani pernyataan komitmen penerapan pengendalian gratifikasi KPK serta lounching klinik pengawasan di lingkungan Pemkab Sijunjung.

“Komitmen ini untuk mendorong pemerintah daerah meningkatkan transparansi penerimaan dan penolakan hadiah atau gratifikasi sebagai wujud upaya pencegahan korupsi di lingkungan Pemkab Sijunjung,” kata Uding Juharudin di hadapan para peserta sosialisasi pengendalian gratifikasi.

Dan komitmen tersebut, sambung Uding Juharudin, sangat penting sebagai upaya dari Pemkab Sijunjung membentuk lingkungan yang sadar dan terkendali dalam penanganan gratifikasi. “Prinsip pengendalian gratifikasi adalah membangun setiap OPD di Lingkungan Pemkab Sijunjung untuk mencegah diri sendiri dari pratek korupsi,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, pungli juga bisa di kategorikan sebagai bentuk gratifikasi.Namun, gratifikasi tersebut bisa gugur unsur pidananya jika pegawai atau pejabat yang menerima melaporkan kepada KPK. “Unsur pidana gratifikasi ini bisa gugur jika sipenerima melaporkan ke KPK paling lambat 30 hari setelah menerima,” jelasnya.

Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy mengatakan, pemkab Sijunjung berkomitmen untuk melaksanakan pengendalian gratifikasi.Hal itu dibuktikan dengan ditandatangani pernyataan komitmen penerapan pengendalian gratifikasi.

"Dengan adanya sosialisasi dan pernyataan komitmen penerapan pengendalian gratifikasi diharapkan penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan baik dan terbebas dari gratifikasi dan korupsi,” ucapnya.

Wabup Arrival Boy juga berharap klinik pengawasan tersebut dapat membantu pelaksanaan tugas pokok dan fungsi OPD di lingkungan Pemkab Sijunjung.”Manfaatkan klinik pengawasan ini dengan optimal, baik bersifat tugas pokok dan fungsi maupun berhubungan dengan keuangan yang akhirnya dapat mencegah terjadinya penyimpangan,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Inspektorat Daerah, Endi Nazir menyebutkan, sosialisasi dan  pernyataan komitmen penerapan pengendalian gratifikasi KPK dimaksud agar penyelenggaraan di lingkungan Pemkab Sijunjung berjalan baik dan terbebas dari gratifikasi dan korupsi.(h/azn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM