TAHLILAN MENGENANG SETAHUN BERPULANGNYA HJ. DJANINAR

Ratusan Masyarakat Panjatkan Doa


Rabu,22 Maret 2017 - 10:18:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ratusan Masyarakat Panjatkan Doa CEO Basko Group H Basrizal Koto dan Zico Basko beserta keluarga besar lainnya saat tahlilan dan ziarah di makam ibunda Hj. Djasninar, Selasa (21/3).

Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya, mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.

 

Sepotong Firman Allah pada Surat Al A’raf ayat ke-34 tersebut menandai dimulainya ibadah yasinan yang digelar Keluarga Besar Basko Group, untuk mengenang setahun berpulangnya Hj. Djaninar binti Buyung Gadang, ibunda ‘Amak’ dari CEO Basko Group, Haji Basrizal Koto, Selasa (21/3).

 

Tahlilan dan doa bersama dilaksanakan di pusara sang ibunda, kompleks Masjid Al Arafah, Jalan Taman Karya ujung, Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Di Padang, tahlilan berlangsung di Basko Hotel.

 

Tidak hanya di mata Basko, demikian panggilan akrab H Basrizal Koto, sosok almarhumah Hj Djaninar juga dipandang istimewa oleh mereka yang mengenalnya, semasa almarhumah masih hidup.

 

Selain dihadiri keluarga besar Basko, sanak famili dan kerabat, tahlilan juga diikuti ratusan orang. Mulai dari tokoh masyarakat, anak yatim, jajaran Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), Ikatan Wanita Minang Riau (IWMR), Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) serta warga di sekitar Masjid Al Arafah.

 

Prosesi doa dan tahlilan yang dipandu Ustad Anwar Tuanku Nan Panjang, diawali dengan ziarah di pusara Hj Djaninar, yang berada dalam kompleks Masjid Al Arafah, yang diwakafkan almarhumah. Semasa hidup, almarhumah Hj Djaninar berkeinginan membangun masjid bagi masyarakat di kawasan itu. Saat ini, harapannya itu telah terwujud. Karena di atas lahan itu, telah berdiri masjid yang digunakan warga sekitar untuk melaksanakan ibadah sehari-hari.

 

Dalam sambutannya, Basko mengatakan, peringatan 1 tahun kepergian sang ibunda tercinta untuk mengenang kembali keinginan terakhir almarhumah yang mewakafkan tanah yang dibelinya untuk dibangunkan masjid sehingga bisa dimanfaatkan warga untuk melaksanakan ibadah.

 

Dengan keberadaan masjid tersebut, pihaknya berharap bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Selain untuk melaksanakan ibadah secara berjamaah, diharapkan bisa mempererat silaturahmi.

 

Niat tulus dan ikhlas dari almarhumah Hj Djaninar, disambut baik warga. Sehingga ketika sang ibunda meninggal, warga meminta supaya almarhumah dikuburkan di sekitar areal masjid tersebut.

 

"Ketika amak meninggal, masyarakat sekitar mendatangi saya dan meminta agar beliau dikuburkan di daerah ini. Harapan itu kemudian disetujui kami dari pihak keluarga," ujar Basko.

 

Dari pantauan di lokasi, ratusan masyarakat dari berbagai kalangan, terus berdatangan saat tahlilan digelar. Pemandangan itu, tak ayal menimbulkan rasa haru di keluarga besar Basko. Ia berharap, tahlilan dan doa yang dipanjatkan, diterima Allah SWT dan mereka yang ikut serta dalam tahlilan, juga mendapat berkat dari Allah SWT. "Kami merasa terharu, terima kasih yang sebesar-sebesarnya kami sampaikan, semoga doa dan tahlilan yang kita laksanakan bersama hari ini, diterima Allah SWT," ujar Basko.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,12 September 2017 - 01:33:54 WIB

    Ratusan Warga Tebing Tinggi Sampaikan Aspirasi ke DPRD

    Ratusan Warga Tebing Tinggi Sampaikan Aspirasi ke DPRD DHARMASRAYA, HALUAN - Sosok pemimpin dekat dengan masyarakat, ratusan pendemo yang berasal dari Kenagarian Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Dharmasraya untuk menyampaikan aspirasinya te.
  • Jumat,14 Juli 2017 - 11:28:58 WIB

    Ratusan Koperasi di Sumbar Akan Dibubarkan

    Ratusan Koperasi di Sumbar Akan Dibubarkan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Selain kabar bahagia dengan banyaknya penghargaan yang diraih Sumbar pada peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional tahun ini, juga ada kabar yang kurang sedap. Pasalnya, sekitar 605 unit koperasi d.
  • Selasa,04 Juli 2017 - 12:22:16 WIB

    Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir

    Hari Pertama Kerja, Ratusan ASN di Sumbar Mangkir PADANG, HARIANHALUAN.COM – Libur panjang pada Idul Fitri 1438 H kali ini tak sertamerta membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) puas. Setidaknya, ada ratusan ASN di Sumbar yang tak masuk kerja serta terlambat masuk ke kantor. T.
  • Senin,05 Juni 2017 - 20:08:25 WIB

    Ratusan Warga Solok Turun ke Jalan, Tuntut dr Fiera Diproses Secara Hukum

    Ratusan Warga Solok Turun ke Jalan, Tuntut dr Fiera Diproses Secara Hukum SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Pernyataan kontroversial dr Fiera Lovita dimedia masa mengundang reaksi keras dari masyarakat Kota Solok. Forum Peduli Masyarakat Solok yang terdiri dari unsur niniek mamak, bundo kanduang,anggota DPR.
  • Senin,13 Februari 2017 - 08:19:15 WIB

    Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman

    Ratusan Pelayat Antarkan Mantan Wagub ke Pemakaman PADANG PARIAMAN, HALUAN-Ratusan tokoh Padang Pariaman dan Sumatera Barat, ikut mensyalatkan dan mengantarkan jenazah H. Muslim Kasim ketempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga di Nagari Gadur Kecamatan Enam Lin.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM