Polisi Amankan Satu Truk Pupuk Ilegal


Selasa,21 Maret 2017 - 11:13:36 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Payakumbuh, Minggu (19/3) malam, mengamankan satu truk colt diesel BA 9985 LA, diduga bermuatan pupuk illegal di depan SPBU di Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Payakumbuh.Proses penangkapan berlangsung tegang. Karena sang sopir Dedet (35), tidak mau berhenti dan memilih lari dari kejaran petugas yang hendak menghentikannya. Polisi polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan agar sopir mau menghentikan kendaraannya.

Informasi yang diperoleh Haluan,  penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan ada truk pembawa pupuk ilegal dari arah Bukittinggi menuju Riau. Merespon laporan ini, polisi menyebar anggotanya untuk mencari truk. Alhasil, truk berhasil ditemukan sedang mengisi bensin di SPBU Muko Aia. Disaat akan ditangkap, Dedet langsung memacu truknya dan hampir menabrak beberapa kendaraan di depan SPBU. Melihat kondisi sudah mulai tidak stabil, polisi yang mengejar Dedet akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan. Inilah yang membuat nyali Dedet ciut dan berhenti 300 meter dari SPBU.

“Sopir sempat mencoba kabur. Namun, akhirnya menyerah juga setelah kami berikan tembakan peringatan ke udara,” kata Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto melalui Kasat Reskrim Iptu Wawan Dermawan, Senin (20/3).

Diterangkan Wawan, ratusan karung pupuk illegal ini ditimbun dengan pasir dan tidak memiliki dokumen. Namun, dalam pengakuan sopir pupuk ini diambil dari Daerah Piladang, Kabupaten Limapuluh Kota untuk dibawa ke Riau.

“Pupuk ini diproduksi oleh CV Sarana Argo dengan menggunakan karung merek Mahkota Fertilizer. Nanti akan kami cek dengan mengujinya di laboratorium, jenis pupuk apa ini dan bagaimana standarisasinya,” sebutnya.

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, sopir dan truk colt diesel pembawa 160 karung pupuk illegal ini diamankan terlebih dahulu di Mapolresta Payakumbuh, di Labuah Basilang. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM