Polisi Amankan Satu Truk Pupuk Ilegal


Selasa,21 Maret 2017 - 11:13:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PAYAKUMBUH, HALUAN – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Payakumbuh, Minggu (19/3) malam, mengamankan satu truk colt diesel BA 9985 LA, diduga bermuatan pupuk illegal di depan SPBU di Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Payakumbuh.Proses penangkapan berlangsung tegang. Karena sang sopir Dedet (35), tidak mau berhenti dan memilih lari dari kejaran petugas yang hendak menghentikannya. Polisi polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan agar sopir mau menghentikan kendaraannya.

Informasi yang diperoleh Haluan,  penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan ada truk pembawa pupuk ilegal dari arah Bukittinggi menuju Riau. Merespon laporan ini, polisi menyebar anggotanya untuk mencari truk. Alhasil, truk berhasil ditemukan sedang mengisi bensin di SPBU Muko Aia. Disaat akan ditangkap, Dedet langsung memacu truknya dan hampir menabrak beberapa kendaraan di depan SPBU. Melihat kondisi sudah mulai tidak stabil, polisi yang mengejar Dedet akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan. Inilah yang membuat nyali Dedet ciut dan berhenti 300 meter dari SPBU.

“Sopir sempat mencoba kabur. Namun, akhirnya menyerah juga setelah kami berikan tembakan peringatan ke udara,” kata Kapolres Payakumbuh, AKBP Kuswoto melalui Kasat Reskrim Iptu Wawan Dermawan, Senin (20/3).

Diterangkan Wawan, ratusan karung pupuk illegal ini ditimbun dengan pasir dan tidak memiliki dokumen. Namun, dalam pengakuan sopir pupuk ini diambil dari Daerah Piladang, Kabupaten Limapuluh Kota untuk dibawa ke Riau.

“Pupuk ini diproduksi oleh CV Sarana Argo dengan menggunakan karung merek Mahkota Fertilizer. Nanti akan kami cek dengan mengujinya di laboratorium, jenis pupuk apa ini dan bagaimana standarisasinya,” sebutnya.

Untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut, sopir dan truk colt diesel pembawa 160 karung pupuk illegal ini diamankan terlebih dahulu di Mapolresta Payakumbuh, di Labuah Basilang. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,25 Juli 2017 - 13:16:27 WIB

    Diduga Edarkan Sabu, Supir Angkot Ini Diciduk Polisi

    Diduga Edarkan Sabu, Supir Angkot Ini Diciduk Polisi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang mengamankan seorang sopir angkutan kota (angkot) pada Senin (24/7) dini hari akibat terlibat dalam peredaran narkoba jenis sabu-sabu..
  • Senin,24 Juli 2017 - 10:29:11 WIB

    Laporan Serupa Pernah Dicabut, PH Wahyu: Laporan Yanthi Melecehkan Polisi

    Laporan Serupa Pernah Dicabut, PH Wahyu: Laporan Yanthi Melecehkan Polisi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra yang dilaporkan oleh Yanthi Hasadis (50) dalam kasus dugaan pemeresan ke Polresta Padang dinilai mengada-ada dan melecehkan polisi. Sebab, laporan ser.
  • Jumat,21 Juli 2017 - 19:18:40 WIB

    Polisi: Wahyu Iramana Bakal Dipanggil

    Polisi: Wahyu Iramana Bakal Dipanggil PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Padang, Kompol Daeng Rahman, Jumat (21/7) mengatakan, bahwa pihaknya akan meminta keterangan dari Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana .
  • Selasa,18 Juli 2017 - 22:30:46 WIB

    Wanita Ini Laporkan Wakil Ketua DPRD Padang ke Polisi

    Wanita Ini Laporkan Wakil Ketua DPRD Padang ke Polisi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra dilaporkan oleh Yanthy Hasadis (50), warga Victoria Park blok C/5 nomor 6 RT 01 RW 01, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten ke Polresta Padang.
  • Jumat,14 Juli 2017 - 17:58:51 WIB

    Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Pengamen di Padang Diciduk Polisi

    Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Pengamen di Padang Diciduk Polisi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seorang pria yang berprofesi sebagai pengamen diamankan oleh Polresta Padang karena diduga melakukan melakukan tindak pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM