Informasi Kebencanaan di Sumbar Dinilai Masih Kurang


Selasa,21 Maret 2017 - 10:49:47 WIB

PADANG, HALUAN – Sumbar disebut-sebut sebagai supermarket bencana. Semua ancaman bahaya bencana ada di Sumbar. Sebut saja banjir, longsor, gempa bumi, dan bahkan ancaman paling menakutkan tsunami.

Namun, sejuah ini ketersedian informasi kebencanaan masih terasa kurang. Sehingga dibutuhkan mitra yang dapat memberikan informasi kebencanaan yang cepat dan akurat guna mengurangi dampak kerusakan dan kerugian akibat bencana yang disebabkan bencana terutama akibat perubahan cuaca.

Guna memenuhi kebutuhan informasi ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan penandatanganan dengan BadanPenanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Senin (20/3), di Teluk Bayur.  Perjanjian kerjasama tersebut dilakukan bersamaan dengan diresmikannya Gedung Operasional BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Penandatangani perjanjian kerjasama dilakukan dalam beberapa bidang diantaranya, pemanfaatan informasi gempa bumi, peringatan dini tsunami, peringatan dini cuaca ekstrim, kemarau panjang, titik panas (hotspot), kabut asap, dan informasi tinggi gelombang laut yang berbahaya.

Kepala BMKG Pusat, Andi Eka Sakya, mengatakan, BMKG akan selalu memberikan informasi yang cepat dan akurat tentang peringatan cuaca di Sumbar. Dengan informasi yang cepat akan mengurangi dampak bencana. “Untuk informasi harus cepat diterima masyarakat. Saya juga meminta agar pegawai memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya Andi Eka Sakya dalam sambutannya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno,  mengatakan, informasi dari BMKG penting. Dengan informasi yang diberikan BMKG, Pemprov pun dapat mengambil kebijakan dan ditindaklanjuti untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian akibat bencana. “Bagaimanapun selain memberikan informasi kepada unsur pemerintah, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Teluk Bayur juga memberikan informasi untuk semua pihak, terutama pihak terkait yang usahanya terkait langsung dengan kemaritiman,” kata Irwan.

Informasi BMKG juga jadi pedoman banyak pihak. Selain memberikan informasi secara periodik kepada masyarakat Sumbar informasi BMKG juga bermanfaat untuk Pelindo, nakhkoda, atau siapa saja yang berusaha di laut. "Berikan informasi secara utuh kepada semua stakeholder dan masyarakat. Jangan tertutup. Semua informasi BMKG bermanfaat,” ungkapnya. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM