Pemko akan Tertibkan Pengelolaan Pulau-pulau di Padang


Senin,20 Maret 2017 - 19:39:18 WIB
PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, menyampaikan soal pulau-pulau yang tidak mempunyai izin akan segera ditertibkan. Saat ini, beberapa pihak terkait sedang mencari alamat pengelola pulau tersebut.
 
“Kita masih dalam tahap pencarian alamat pengelola pulau. Kita akan cari dulu baru setelah itu kita bicarakan dengan mereka soal izin wisata pulau tersebut. Namun, untuk kewenangan pantai dan laut merupakan kewenangan provinsi,” terangnya pada Haluan, Senin (20/3). 
 
Dikatakannya, kewenangan tersebut ada dalam undang-undang 23 yang merupakan kewenangan dari provinsi. “Secara prinsip kewenangan izin pulau memang je provinsi,” tegasnya.
 
Namun, Medi menyampaikan meski demikian, beberapa pihak juga telah melakukan rapat yang saat ini sedang menjurus jepada pencarian alamat pengelola pulau. “Hal ini adalah lebih penting karena jika sudah dapat siapa pengelolanya maka akan lebih mudah melakukan tahapan lainnya. Apakah itu mengarahkan pengelola supaya mengurus izin ataupun langsung menutupnya,” terangnya.
 
Medi juga mengatakan, saat ini pulau yang berizin cuma ada satu yaitu Pulau Sikuai. Selebihnya, belum ada. “Seperti pulau yang baru-baru ini ramai diperbincangkan Pulau Sirandah belum ada izin. Kita akan cek ke bagian perizinan lagi dan izin bangunan juga, jika memang belum juga diurus izinnya maka akan kita tutup karena pulau tersebut sudah mulai ramai,” tambahnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Ervan Bahar melalui Kepala Bidang Kesra Lingkungan Rinaldi juga membenarkan bahwa Pulau Sirandah yang kini ramai dikunjungi belum mengurus izin. “Untuk izin wisata bagi pulau-pulau yang ada baru cuma satu yaitu Pulau Sikuai. Selebihnya belum mengurus izin,” tuturnya.
 
Dilanjutkannya, “Kita tidak tahu berapa pulau yang belum mengurus izin. Yang ada datanya dengan kita bagi yang telah mengurus izin saja,” pungkasnya. (h/win)
 
 
 
 
 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM