Pemko akan Tertibkan Pengelolaan Pulau-pulau di Padang


Senin,20 Maret 2017 - 19:39:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PADANG, HALUAN - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, menyampaikan soal pulau-pulau yang tidak mempunyai izin akan segera ditertibkan. Saat ini, beberapa pihak terkait sedang mencari alamat pengelola pulau tersebut.
 
“Kita masih dalam tahap pencarian alamat pengelola pulau. Kita akan cari dulu baru setelah itu kita bicarakan dengan mereka soal izin wisata pulau tersebut. Namun, untuk kewenangan pantai dan laut merupakan kewenangan provinsi,” terangnya pada Haluan, Senin (20/3). 
 
Dikatakannya, kewenangan tersebut ada dalam undang-undang 23 yang merupakan kewenangan dari provinsi. “Secara prinsip kewenangan izin pulau memang je provinsi,” tegasnya.
 
Namun, Medi menyampaikan meski demikian, beberapa pihak juga telah melakukan rapat yang saat ini sedang menjurus jepada pencarian alamat pengelola pulau. “Hal ini adalah lebih penting karena jika sudah dapat siapa pengelolanya maka akan lebih mudah melakukan tahapan lainnya. Apakah itu mengarahkan pengelola supaya mengurus izin ataupun langsung menutupnya,” terangnya.
 
Medi juga mengatakan, saat ini pulau yang berizin cuma ada satu yaitu Pulau Sikuai. Selebihnya, belum ada. “Seperti pulau yang baru-baru ini ramai diperbincangkan Pulau Sirandah belum ada izin. Kita akan cek ke bagian perizinan lagi dan izin bangunan juga, jika memang belum juga diurus izinnya maka akan kita tutup karena pulau tersebut sudah mulai ramai,” tambahnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Ervan Bahar melalui Kepala Bidang Kesra Lingkungan Rinaldi juga membenarkan bahwa Pulau Sirandah yang kini ramai dikunjungi belum mengurus izin. “Untuk izin wisata bagi pulau-pulau yang ada baru cuma satu yaitu Pulau Sikuai. Selebihnya belum mengurus izin,” tuturnya.
 
Dilanjutkannya, “Kita tidak tahu berapa pulau yang belum mengurus izin. Yang ada datanya dengan kita bagi yang telah mengurus izin saja,” pungkasnya. (h/win)
 
 
 
 
 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,21 Juni 2017 - 00:35:16 WIB
    TERKAIT IZIN PULAU SWARNADWIPA

    Pengelola Mengaku Belum Ada Ditanggapi Pemko

    Pengelola Mengaku Belum Ada Ditanggapi Pemko PADANG, HALUAN – Polemik penggunaan batu karang sebagai bahan pembangunan penginapan di Pulau Swarnadwipa, Kota Padang, masih terus diproses. Masalah lainnya pun mengapung, terkait dengan izin penggunaan Pulau Swarnadwipa..
  • Selasa,13 Juni 2017 - 10:39:48 WIB

    Pemko Siap Gelar Pertemuan Dai dan Ulama Dunia

    PADANG, HALUAN - Pemerintah Kota Padang akan menggelar pertemuan Dai dan Ulama se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa, pada bulan Juli 2017. Hingga akhir bulan Mei persiapan pergelaran tersebut sudah hampir rampung..
  • Minggu,11 Juni 2017 - 21:57:15 WIB

    Pemko Padang Ajukan 5.436 ribu Formasi CPNS

    Pemko Padang Ajukan 5.436 ribu Formasi CPNS PADANG,HALUAN—Tahun ini Pemerintah Kota Padang mengajukan 5.436 ribu formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB), Minggu (1.
  • Rabu,07 Juni 2017 - 11:36:18 WIB

    Pemko Padang Akui Belum Fokus Atasi Banjir

    Pemko Padang Akui Belum Fokus Atasi Banjir PADANG,HALUAN — Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengakui Pemerintah Kota Padang memang belum fokus mengentaskan masalah banjir. Ditargetkan pengentasan permasalahan banjir dapat dilakukan di tahun 2018..
  • Minggu,28 Mei 2017 - 14:14:18 WIB

    Pemko Izinkan Rumah Makan di Pondok Berjualan

    Pemko Izinkan Rumah Makan di Pondok Berjualan PADANG,HALUAN—Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan surat edaran mengenai jam buka restoran maupun rumah makan di Kota Padang selama bulan suci Ramadan. Tempat makan hanya diperkenankan buka dari pukul 15.00 WIB hingga .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM