Lagi,Warga China Tertangkap di Lokasi Tambang di Solsel


Senin,20 Maret 2017 - 19:23:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PADANG, HALUAN -- Kantor Imigrasi Kelas I Padang bekerjasama dengan Polri dan Kodim 0309 Solok Selatan yang tergabung dalam Tim Pora (Pengawasan Orang Asing), mengamankan dua orang Warga Negara Asing (WNA) asal China di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). 
 
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Padang Esti Winahyu Nur Hidayani menjelaskan kedua WNA tersebut diamankan dari lokasi tambang milik PT Andalas Merapi Timber (PT AMT) di Jorong Jujut, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan pada Jumat (17/3) malam.
 
"Kita mendapat informasi dari masyarakat, setelah kita langsung berkoordinasi, Tim PORA Imigrasi Padang bersama Unit Intel Kodim 0309/Solok kemudian bergerak dari Padang Aro menuju ke arah wilayah tambang emas di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir, yang diduga tempat dua WNA tersebut tinggal untuk sementara," terangnya. 
 
Dirnya menyebut, kedua orang WNA asal China tersebut diduga menyalahgunakan izin tinggal melalui visa yang diberikan. Keduanya diduga  menggunakan izin tinggal untuk melakukan aktivitas pertambangan di Solok Selatan.
 
"Visa yang digunakan adalah visa turis tetapi mereka malah kekawasan tambang emas liar. Untuk saat ini kita masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada kedua WNA tersebut. Namun dari informasi sementara, salah satu dari WNA itu pernah datang Padang," ungkap Esti.
 
Berdasarkan pemeriksaan sementara, dua WNA China tersebut adalah Lu Shiping dan Qin Qibiao berjenis kelamin laki-laki. Tidak hanya WNA yang diamakan, Tim Pora juga turut mengamankan  satu orang penterjemah atas nama Iyot Hermawan Siantar yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
 
Sementara itu, Kepala Seksi Wasdakim Indra Sakti Suhermansyah menambahkan bahwa keduanya diduga berada di kawasan tersersebut untuk bekerja sebagai penambang. "Mereka sudah tiga hari berada disana, dugaan kami mereka menjadi pekerja di perusahaa PT. AMT sebagai penambang emas,ini tentunya menyalahi visa yang dipergunakan," ucap Indra. (h/mg-hud)

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM