Diduga Karena Limbah, Ribuan Ikan Mati di Batang Alin


Senin,20 Maret 2017 - 11:02:03 WIB
Diduga Karena Limbah, Ribuan Ikan Mati di Batang Alin Terlihat Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat memperlihatkan tumpukan ikan mati di hilir Sungai Batang Alin. IDENVI SUSANTO

PASBAR, HALUAN -- Ribuan ekor ikan mati dan mengapung di hilir aliran Sungai Batang Alin, Jorong Sungai Tanang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumbar. Penyebabnya, diduga akibat limbah dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang berada di sekitar aliran sungai.

"Ribuan ekor yang ditemukan mati di sungai Batang Alin itu" ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH)  Pasbar melalui Kepala Bidang Wasdal DLH Pasbar, Yulita, kepada Haluan, Minggu (19/3).

Meski demikian, Yulita belum bisa memastikan penyebab kematian ribuan ikan tersebut. Apakah karena aliran limbah dari PKS itu atau tidak. "Yang jelas ikan larangan Batang Alin sebelumnya tidak ada ditemukan mati. Dekat jembatan Batang Alin pun ikan masih hidup, namun hari hujan dan arus sungai yang deras membuat kita kesulitan melakukan identifikasi lapangan," katanya.

Penemuan ribuan ikan yang mati mengapung tersebut pada Sabtu (18/3) lalu, sekitar pukul 12.30 WIB. Peristiwa tersebut menghebohkan warga setempat. Warga menyebut-nyebut limbah cair dari dua PKS yang ada di sekitar aliran sungai tersebut.

Warga kesal karena peristiwa serupa sudah pernah terjadi sebelumnya. Warga menyebutkan, ada dua PKS paling dekat dari lokasi ditemukannya ikan mati tersebut.

Yulita mengatakan, pihaknya sudah mengonfirmasi terkait tuduhan warga kepada pihak PT AWL dan PT BSS. "Mereka mengaku bahwa perusahaan tidak pernah membuang limbah ke sungai," katanya.

Untuk memastikan, pihaknya tengah menunggu hasil uji ke UPTD Balai  laboratorium kesehatan di Provinsi Sumbar terhadap sampel air sungai dan ikan mati. "Nanti akan diketahui penyebab ikan mati tersebut dari hasil uji laboratorium, apakah betul karena limbah cair PKS atau karena ada penyebab lain," katanya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM