Diduga Karena Limbah, Ribuan Ikan Mati di Batang Alin


Senin,20 Maret 2017 - 11:02:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Diduga Karena Limbah, Ribuan Ikan Mati di Batang Alin Terlihat Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat memperlihatkan tumpukan ikan mati di hilir Sungai Batang Alin. IDENVI SUSANTO

PASBAR, HALUAN -- Ribuan ekor ikan mati dan mengapung di hilir aliran Sungai Batang Alin, Jorong Sungai Tanang, Kecamatan Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumbar. Penyebabnya, diduga akibat limbah dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang berada di sekitar aliran sungai.

"Ribuan ekor yang ditemukan mati di sungai Batang Alin itu" ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH)  Pasbar melalui Kepala Bidang Wasdal DLH Pasbar, Yulita, kepada Haluan, Minggu (19/3).

Meski demikian, Yulita belum bisa memastikan penyebab kematian ribuan ikan tersebut. Apakah karena aliran limbah dari PKS itu atau tidak. "Yang jelas ikan larangan Batang Alin sebelumnya tidak ada ditemukan mati. Dekat jembatan Batang Alin pun ikan masih hidup, namun hari hujan dan arus sungai yang deras membuat kita kesulitan melakukan identifikasi lapangan," katanya.

Penemuan ribuan ikan yang mati mengapung tersebut pada Sabtu (18/3) lalu, sekitar pukul 12.30 WIB. Peristiwa tersebut menghebohkan warga setempat. Warga menyebut-nyebut limbah cair dari dua PKS yang ada di sekitar aliran sungai tersebut.

Warga kesal karena peristiwa serupa sudah pernah terjadi sebelumnya. Warga menyebutkan, ada dua PKS paling dekat dari lokasi ditemukannya ikan mati tersebut.

Yulita mengatakan, pihaknya sudah mengonfirmasi terkait tuduhan warga kepada pihak PT AWL dan PT BSS. "Mereka mengaku bahwa perusahaan tidak pernah membuang limbah ke sungai," katanya.

Untuk memastikan, pihaknya tengah menunggu hasil uji ke UPTD Balai  laboratorium kesehatan di Provinsi Sumbar terhadap sampel air sungai dan ikan mati. "Nanti akan diketahui penyebab ikan mati tersebut dari hasil uji laboratorium, apakah betul karena limbah cair PKS atau karena ada penyebab lain," katanya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,19 Juli 2017 - 19:25:38 WIB

    Menyamar Jadi Mahasiswa, Wanita Ini Diduga Mencuri di Kampus Unand

    Menyamar Jadi Mahasiswa, Wanita Ini Diduga Mencuri di Kampus Unand PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seorang karyawan salah satu perusahaan asuransi di Kota Padang yang diduga telah sering melakukan aksi pencurian di kawasan Universitas Andalas (Unand) diamankan oleh sejumlah mahasiswa, Selasa, (19.
  • Jumat,14 Juli 2017 - 22:43:41 WIB

    Diduga Dicabuli Mamak, Kemenakan Lakukan Aborsi

    Diduga Dicabuli Mamak, Kemenakan Lakukan Aborsi PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Perbuatan asusila dan kekerasan seksual seakan sudah menjadi momok yang menakutkan bagi kaum perempuan. Tidak hanya di kota besar di berbagai daerah Indonesia, perbuatan tersebut juga terjadi di Kot.
  • Jumat,14 Juli 2017 - 18:07:26 WIB

    Pria di Sijunjung Ini, Diduga Perkosa Teman Anaknya yang Masih Berumur 6 Tahun

    Pria di Sijunjung Ini, Diduga Perkosa Teman Anaknya yang Masih Berumur 6 Tahun SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM-- Belum selesai kasus siswa yang diperkosa oleh sejumlah pemuda di Sijunjung. Kasus pemerkosaan pencabulan anak dibawah umur kembali terjadi..
  • Selasa,11 Juli 2017 - 19:57:12 WIB

    Edan! Empat Siswa di Pessel Ini Diduga Perkosa Teman Sekolahnya

    Edan! Empat Siswa di Pessel Ini Diduga Perkosa Teman Sekolahnya PAINAN, HARIANHALUAN.COM—Darurat seksual pernah menjadi pembahasan oleh sejumlah kalangan di Indonesia. Betapa tidak, bahaya seksual sudah mulai merusak anak-anak terutama di tingkat sekolah..
  • Rabu,05 Juli 2017 - 20:35:44 WIB

    Diduga Karena Cemburu, Suami Tikam Teman Istri

    Diduga Karena Cemburu, Suami Tikam Teman Istri PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Diduga karena cemburu, Luis (45), nekat menikam Rozi (39) teman dari sang istrinya, Reka (38) di Labuah Basilang, Kota Payakumbuh, Selasa (4/7) sekitar pukul 22.30 WIB..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM