Pemko Pariaman Audit Lahan Tidur


Senin,20 Maret 2017 - 10:55:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PARIAMAN, HALUAN - Pemerintah Kota Pariaman tahun ini segera melakukan audit lahan tidur guna meningkatkan produktifitas lahan. Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Agusriatman menjawab Haluan, Minggu (19/3) membenarkan, sampai sekarang ada sekitar 20 sampai 30 persen lahan tidur di Kota Pariaman.

Lahan tidur itu beragam kondisi, diantaranya ada rawang yang dalam, lahan sawah yang tidak tersentuh irigasi sehingga tak tergarap. "Terkepas dari semua itu kita secepatnya mengaudit lahan tidur untuk langkah lebih lanjut," kata Agusriatman.

Selama ini terhadap pemberdayaan lahan tidur pemerintah kota pariaman sudah melakukan langkah-langkah pemberdayaan, sebagian sudah ada yang  diberdayakan dengan tanaman jagung.

Sekarang ini tidak banyak lagi lahan tidur kecuali lahan dimana kondisi tanahnya lahan gambut atau rawang yang dalam. Tahun 2017 ini, penambahan pembangunan saluran irigasi ada. Kita berharap pembangunan itu makin menekan angka lahan tidur di wilayah dataran rendah.

Agus Riatman menyebutkan, di wilayah Pariaman Utara ada sekitar 20 hektare lahan yang tidur. Sementara di selatan juga ada termasuk dua kecamatan lainya yang ada di kota tersebut. Namun Pariaman dalam produktivitas pertanian terutama padi sawah saat ini surplus untuk Kota Pariaman, dengan luas sawah produktif diatas 2.000 hektare.

Terpisah,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pariaman dihubungi Minggu (19/3) menjelaskan tahun ini pembenahan irigasi dilakukan juga, termasuk irigasi Santok.

Soal pembenahan irigasi hampir saban tahun dilakukan melalui APBD untuk menupang peningkatan produksi pertanian masyarakat di daerah ini. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,08 Agustus 2017 - 10:35:29 WIB

    Pariaman Ekspo Segera Digelar, Pemko Targetkan Transaksi Rp3 Miliar

    Pariaman Ekspo Segera Digelar, Pemko Targetkan Transaksi Rp3 Miliar PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Pariaman menargetkan Rp3 miliar transaksi selama pelaksanaan Pariaman Ekspo 2017. Rencananya helat besar itu akan diadakan di Pantai Gandoriah pada 13 Agustus mendatang..
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:45:28 WIB
    BANGUN PENDOPO DAN RUMAH DINAS

    Rp. 10 Miliar Dianggarkan Pemko Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota..
  • Jumat,07 April 2017 - 10:30:26 WIB

    LKAAM Sawahlunto Didukung penuh Pemko

    SAWAHLUNTO, HALUAN- Keberadaan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) sangat berperan dalam pelestarian adat dan pengembangan seni budaya, terutama pada saat ini dimana perkembangam zaman dan kemajuan kota bisa saja.
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:18 WIB
    PELAJAR DILARANG BAWA KENDARAAN

    Pemko Siapkan Bus Sekolah untuk Siswa

    SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok memiliki sejumlah armada untuk membawa pelajar SD maupun SMP ke sekolah masing-masing sebagai konsekuensi lahirnya Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pelajar membawa sepeda motor.
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:18:19 WIB
    KEMBANGKAN SARPRAS AIR BERSIH

    Pemko Akan Bekerja Sama dengan Jepang

    SOLOK, HALUAN – Walikota Solok Zul Elfian melakukan kunjungan kerja ke Kota Toyohashi Jepang selama 5 hari. Dalam kunjungan kerja itu Zul Elfian bertemu dengan Walikota Toyohashi untuk membahas masalah air bersih di Kota So.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM