Demi KLA, Sawahlunto Ganti Iklan Rokok


Senin,20 Maret 2017 - 10:49:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SAWAHLUNTO, HALUAN - Pemerintah Sawahlunto terus berupaya menjauhkan generasi muda dari kebiasaan merokok. Mulai dari mengganti iklan rokok dengan ajakan positif, hingga meminta orang tua untuk tidak lagi menyuruh anak ketika ingin membeli rokok.

Bukan hanya sebagai langkah mempersiapkan diri menjadi Kota Layak Anak (KLA) tingkat Nindya, namun lebih dalam mempersiapkan generasi calon pemimpin masa depan yang lebih baik.

“Ke depan, jangan pernah lagi menyuruh anak untuk membeli rokok ke warung,” ujar Ali Yusuf. 

Sebab, lanjut Bapak tiga anak itu, dengan menyuruh anak untuk membeli rokok, berarti secara tidak langsung, telah mengajarkan maupun menanamkan kebiasaan merokok dan membolehkan anak untuk merokok.

Ali Yusuf mengatakan, anak itu amanah dan titipan dari Allah SWT, yang harus dijaga pertumbuhan dan perkembangan kehidupannya. Langkah itu, dapat dilakukan dengan menjadikan anak sebagai bagian penting dalam keluarga.

“Mari kita biasakan memanggil anak dengan namanya dan ditambahkan dengan kata sayang, melibatkan anak dalam musyawarah keluarga, mendengarkan pendapat anak, biasakan menyuruh anak dengan kata tolong,” kata Ali Yusuf.

Saat ini, menurut Ali Yusuf, di kota yang dipimpinnya terdapat 20.945 orang anak dalam usia satu hari hingga 18 tahun. Jumlah itu hampir sepertiga dari jumlah penduduk Sawahlunto, yang berada di kisaran 64 ribu jiwa lebih.

Pemerintah bersama masyarakat Sawahlunto, kini memberikan tanda di setiap rumah yang memiliki anak. Tanda itu, dikhususkan untuk setiap kecamatan yang ada. Di Kecamatan Talawi, rumah yang memiliki anak ditandai dengan payung kertas yang tergantung di samping pintu masuk rumah.

Sementara itu, untuk rumah yang memiliki anak di Kecamatan Barangin akan memajang wayang, sedangka di Kecamatan Lembah Segar kombinas Lampion dan Wayang.

Terakhir, untuk bagian timur Sawahlunto, Kecamatan Silungkang, rumah-rumah yang memiliki anak akan dipasangi Kipas dari Songket, di samping pintu masuk. “Tentu program ini, akan dibarengi dengan magriba mengaji dan subuh berjemaah,” tambahnya.

Panitia Pelaksana Lomba Mewarnai Mamamia se Sawahlunto, Hermita S.Pd, mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung di Lapangan Segitiga itu, diikuti 500 peserta, yang terdiri dari anak dan orang tua.

“Kegiatan mewarnai ini diikuti peserta dari 50 TK dan PAUD, dengan tujuan meningkatkan kreatifitas, kemandirian dan imajinasi anak, dalam mewujudkan generasi berkarakter mulia,” terangnya.(h/Nto)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,16 Maret 2017 - 12:57:13 WIB

    Demi Mak Itam, Jalur KA ini akan Diaktifkan Lagi

    Demi Mak Itam, Jalur KA ini akan Diaktifkan Lagi SAWAHLUNTO, HALUAN- Jalur rel kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban akan diaktifkan lagi. Hal ini dilakukan untuk mendukung operasional lokomotif tua " Mak Itam" dalam kembali melayani wisatawan menikmati perjalanan wisata.
  • Kamis,04 Agustus 2016 - 04:22:16 WIB

    Ini Upaya Pemkab Padang Pariaman Demi Pemerintahan yang Baik

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pe­me­rintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman berkomitmen dalam penyeleng­garaan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masya­rakat secara cepat, tepat dan profesi.
  • Jumat,08 Juli 2016 - 00:11:36 WIB

    Lebaran Pemuda Silaiang Bawah, Silaturahmi Tak Kenal Waktu Demi Kenangan Masa Kecil

    Lebaran Pemuda Silaiang Bawah, Silaturahmi Tak Kenal Waktu Demi Kenangan Masa Kecil PADANG PANJANG, HALUAN - Seperti tak ada hari esok, tradisi sebagian pemuda Silaing Bawah ini dalam suasana lebaran memang tergolong unik, mereka saling mengunjungi kediaman teman-teman sepermainan di masa kecil. Mengambil mo.
  • Kamis,02 Juni 2016 - 05:03:06 WIB

    RPJMD Disusun Kalangan Akademisi

    BATUSANGKAR, HALUAN — Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 sampai 2021 yang sedang disusun mengakomodir semua masukan demi kesejahteraan rakyat..
  • Rabu,27 Januari 2016 - 03:59:51 WIB

    Pariaman, Daerah Endemis DBD

    PARIAMAN, HALUAN — Kota Pariaman, termasuk salah satu daerah endemis DBD. Karena itu peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih dan memusnahkan sarang nyamuk, sangat diperlukan untuk menekan kasus tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM