Aplikasi Digital Permudah Pekerjaan Pemko


Senin,20 Maret 2017 - 09:31:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG,HALUAN—Saat ini Pemerintah Kota Padang sedang fokus menuju Padang Smart City. Sehingga mau tidak mau, sistem kerja yang manual akan dirubah sedikit demi sedkit kearah penggunaan aplikasi digital.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Pemerintah Kota Padang selalu dan terus berupaya untuk hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai pelayan bagi semua kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat.

Lebih lanjut Mahyeldi menuturkan, Pemerintah Kota Padang saat ini sedang menggalakkan berbagai aplikasi elektronik untuk merespon tuntutan pelayanan publik tersebut.

Diantaranya adalah pelaksanaan perencanaan yang berbasis e-planning, serta program-program aplikasi lainnya yang akan segera diluncurkan.

“Indikator kinerja program kegiatan prioritas yang ada akan lebih terukur, sehingga memudahkan kita dalam mengevaluasi capaian target sebagaimana tertuang dalam Perda No. 6 Tahun 2014 tentang RPJMD Kota Padang periode tahun 2014-2019. Dan juga akan memudahkan kita dalam penyusunan Laporan Kinerja Pemerintah (LAKIP) Kota Padang secara lebih baik lagi,”ujar Mahyeldi, Minggu (19/3).

Mahyeldi menjelaskan, tahun ini mampu menggeser nilai LAKIP Kota Padang dari CC di tahun 2016 menjadi B tahun 2017.

Kemudian, sebagai alat bantu dalam menjaga konsistensi, mulai tahun 2016 lalu telah digunakan aplikasi sistem informasi perencanaan pembangunan daerah melalui e-planning dan sistem informasi penganggaran daerah melalui PPAS online, yang sudah disosialisasikan kepada seluruh OPD sehingga diharapkan sudah bisa dimanfaatkan secara optimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Didi Aryadi mengatakan, prinsip kita untuk beralih dari manual ke digital adalah untuk mempermudah.

Setelah meluncurkan Sistem Informasi Surat Keluar Surat Masuk (Sisukma), Jumat (17/3) di Balai Kota Padang. Kedepannya Diskominfo akan terus membuat berbagai aplikasi yang dapat memudahkan Pemerintah Kota Padang dan tentunya bisa melayani masyarakat dengan cepat dan tidak perlu berbelit-belit. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,10 November 2016 - 00:40:53 WIB
    PERMUDAH AKSES INFORMASI MASYARAKAT

    Pemko Luncurkan Aplikasi PPID

    PADANG, HALUAN — Seluruh SKPD se-Kota Pa­dang tidak ada alasan lagi untuk menyembunyikan data dan informasi kepada masya­rakat yang mem­bu­tuhkan..
  • Kamis,27 Oktober 2016 - 02:28:33 WIB
    SOSIALISASI WBS & CONTROL DI SEMEN PADANG

    Aplikasi WBS Efektif Antisipasi Kecurangan

    Aplikasi WBS Efektif  Antisipasi Kecurangan PADANG, HALUAN — Aplikasi Whistleblowing System (WBS) yang dimiliki PT Semen Padang (PTSP) dinilai efektif meng­an­tisi­pasi terjadinya fraud (ke­cu­rangan) yang ada di ling­kungan perusahaan tersebut. Sebab, fraud m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM