15 Pesilat MP Ikuti UKT di Air Manis


Minggu,19 Maret 2017 - 20:08:22 WIB
15 Pesilat MP Ikuti UKT di Air Manis Pelatih Utama PPS Merpati Putih, Asdian memberikan pengarahan kepada peserta sebelum mengikuti UKT di Pantai Air Manis, Padang, Minggu (19/3). IST

PADANG, HALUAN – Perguruan Pencak Silat  (PPS) Betako Merpati Putih (MP) Kolat Semen Padang, Cabang Padang, menggelar ujian kenaikan tingkat (UKT), Minggu (19/3). UKT ini sendiri diikuti 15 pesilat merpati putih di Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, sejak pagi hari.

Menurut pelatih utama PPS Betako MP , Asdian para peserta yang terdiri dari 2 pelajar SMA 14 Padang, 12 Pelajar SMP 11 dan seorang siswa SD Batu Gadang mengikuti ujian dari tingkat dasar 1 ke tingkat dasar 2.

“Dalam ujian tersebut, mereka harus mengikuti ujian Tulis pengetahuan tentang MP, Ujian Gerak terdiri dari Gerak Dasar, Gerak Tangan Serangan, Gerak Tangan Tangkisan, Gerak Serangan Kaki dan Rangkaian Gerak serta ujian  Ujian Stamina lari di pantai sejauh 3 km dengan waktu maksimum 10 menit untuk pesilat pria dan maksimum 15 menit untuk Wanita,”kata alumni SMA 2 Padang ini dalam pesan whatsapp -nya kepada Haluan.

Selain itu, ia juga menyebutkan, ada sesi ujian lain yang juga harus mereka ikut dalam sehari pelaksanaan UKT, yakni Ujian Tenaga. Ujian ini, para pelatih menguji tenaga dalam murid MP setelah latihan 6 Bulan

Ujian ini berlangsung ketat. Begitu ketatnya pelaksanaan ujian ini, hanya 10 dari 15 orang saja yang dinyatakan lulus murni. Mereka yang lulus, diyatakan berhak maju ke tingkat 2. Sisanya, yakni sebanyak 5 orang, harus mengikuti latihan gerak dan stamina hingga empat minggu ke depan.

“Ini bentuk keseriusan kami membentuk peserta didik berkembang sesuai dengan aturan yang ada pada perguruan Merpati Putih. Karenanya, lima orang peserta ujian, harus mengikuti latihan tambahan untuk bisa naik ke level dua,”sebut Asdian lagi.

Pada kesempatan itu, selain menggelar UKT, PPS Betako Merpati Putih juga menobatkan Letkol Didik Haryadi sebagai Pembina MP cabang Padang. Pria yang sehari-hari menjabat sebagai Dandenpom I-4 Padang itu langsung mendapatkan sabuk dan dikenakan setelah pelaksanaan UKT. (h/mat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM