Mess Atlet Paralayang di Pessel Terbakar


Minggu,19 Maret 2017 - 19:39:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Mess Atlet Paralayang di Pessel Terbakar Sejumlah perlengkapan untuk atlet paralayang berhasil diselamatkan oleh petugas Damkar dibantu warga setempat. OKIS
PAINAN, HALUAN - Satu unit Mess atlet paralayang yang terdapat di puncak Bukit Langkisau, Kecamatan IV Jurai, kabupaten Pessel. Hampir ludes dilalap si jago merah, Minggu (19/3).
 
Gedung permanen tingkat dua yang merupakan aset Pemkab tersebut, hampir nyaris jadi abu, akibat adanya arus pendek listrik (konsleting), yang langsung menyambar plafon atas bangunan.
 
"Saat itu, api dengan cepat menjalar pada bagian atap bsngunan. Akibat cuaca panas ditambah tiupan angin di puncak Bukit Langkisau, membuat api sulit untuk dipadamkan," sebut Teddy (38), kepada Haluan, seorang warga yang ikut menyaksikan kebakaran tersebut.
 
Disebutkannya, gedung yang terbakar itu, memiliki dua tingkat yang berukuran sekitar 6X6 meter. Pada saat itu, sekira pukul 13.30 WIB, diketahui kobaran api mulai menjalar pada bagian atap gedung, sehingga dengan cepat memamah plafon dan kayu yang ada pada bangunan lantai dua saat itu.
 
"Saat itu, saya langsung menghubungi petugas Damkar setempat. Sebab, takut apinya menjalar kebangunan lain sehingga berimbas ke lahan warga," katanya lagi.
 
Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja-Damkar Pessel, Harianto mengatakan, bahwa kebakaran itu murni akibat arus pendek listrik (konsleting), namun berhasil dipadamkan kembali sekitar pukul 14.25 WIB karena cepat diketahui oleh pihaknya.
 
"Saat kejadian, kami menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran, dan sebanyak 20 personil langsung kita terjunkan kelapangan. Pada saat itu, sebagian sisi gedung dan sejumlah fasilitas yang ada didalamnya masih bisa diselamatkan, sebab baru menyambar sisi atap yang berada dilantai dua," jelasnya.
 
Menurutnya, kebakaran aset Pemda tersebut, ditaksir kerugiannya mencapai Rp60 juta lebih. Dengan rincian bagian lantai atas yang terdiri dari bahan bangunan plafon dan kayu, serta pemancar radio milik daerah juga ikut terbakar.
 
"Dalam kejadian ini, kita perkirakan kerugian ditaksir sekitar Rp60 juta lebih. Karena radio pemancar milik daerah juga ikut terbakar. Namun, pada lantai satu, alat atlet paralayang berhasil kita selamatkan," tutupnya. (h/mg-kis)

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM