Pembangunan Jalur Dua Purus-BIM Masih Menggantung


Sabtu,18 Maret 2017 - 02:38:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Pembangunan jalur dua Pantai Padang hingga Bandara Internasional Minangkabau (BIM) masih terkendala lahan Pange­ran Beach Hotel. Soal tersangkutnya pembebasan lahan di Hotel Pangeran,Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Padang Afrizal BR Afrizal mengatakan akan dibuatkan jembatan layang saja.

 "Kita buatkan jembatan layang dan saat ini sedang dalam pembicaraan. Mudah-mudahan ada jalan keluarnya," imbuhnya pada Haluan, Jumat (17/3).

Dikatakannya pada tahun 2017 ini, Pemko masih melakukan pembebasan lahan dan bangunan di sepanjang Pantai Padang hingga wilayah yang berbatasan dengan Kabu­paten Padang Pariaman.

“Untuk pembebasan baru sepanjang Jalan Samudra saja yang baru bebas, selebihnya hingga ke BIM belum bebas. Itu yang akan kita lakukan jika pihak Provinsi juga bisa sigap," pungkasnya.

Dikatakannya lagi, untuk selanjutnya pihak Pemko Padang masih menunggu informasi kelanjutan dari provinsi.

"Yang punya program dan anggaran itu di provinsi, kita Pemko cuma memfasilitasi tentang pembebasan lahan di sepanjang jalan yang akan dibuat. Namun, hingga saat ini belum ada informasi," ujarnya.

Afrizal juga menyebutkan, pembebasan lahan tidak bisa dilakukan oleh Pemko saja. Pembebasan harus sejalan dengan pelaksanaan di lapangan. Jangan sampai ada lahan yang sudah bebas namun dibiarkan kosong tanpa dikerjakan.

"Seperti yang sudah bebas lahannya di sepanjang Jalan Samudra akan tetapi tidak dilanjutkan pengerjaannya.

 Maka akan sia-sia saja. Maka sebaiknya kita tunggu informasi dari pihak provinsi kapan akan dilaksanakan maka kita sejalan bergerak," terang Afrizal lagi.

Jalur dua Pantai Padang – BIM ini nantinya tidak hanya digunakan sebagai jalur transportasi. Na­mun, disepanjang jalan akan dibangun tembok dan Sea Wall sebagai mitigasi bencana.(h/win)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,14 Agustus 2017 - 10:44:23 WIB

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang JAWA TENGAH HARIANHALUAN.COM—Memasuki era desentralisasi, partisipasi publik dalam mempercepat pembangunan daerah sangat diperlukan. Salah satu organisasi asal Sumatra Barat yang mengambil peran strategis tersebut adalahpul.
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 16:06:28 WIB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kota Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang diselenggarakan di delapan kota besar Indonesia. .
  • Rabu,12 April 2017 - 08:50:45 WIB

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh

    Padang Harus Dukung Pembangunan Infrastruktur ke Mandeh PADANG, HALUAN - Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Saidal Masfiyuddin, berharap pengembangan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) turut didukung oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebagai daerah terdekat dengan Ka.
  • Sabtu,04 Maret 2017 - 04:08:19 WIB

    Pedagang Minta Pembangunan Pasar Inpres III Dihentikan

    PADANG, HALUAN—Puluhan pedagang mendatangi Inpres III, Jumat (3/3). Mereka meminta pembangunan Inpres III dihentikan karena tidak sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama..
  • Senin,19 Desember 2016 - 16:15:09 WIB

    Pembangunan Septic Tank, Warga Khawatir Bau Tinja

    Pembangunan Septic Tank, Warga Khawatir Bau Tinja PADANG, HALUAN--Warga Anak Aia Kelurahan Batipuh Panjang, khawatir dengan pembangunan penampungan kotoran (tinja) atau Septic Tank yang dibangun oleh Pekerja Umum (PU) Padang di dekat rumah warga, Senin (19/12). .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM