1.000 Pelajar Ikuti Program Cuci Tangan Serentak


Sabtu,18 Maret 2017 - 02:36:55 WIB

TANAH DATAR, HALUAN - Sebanyak 1.000 pelajar se-Kabupaten Tanah Datar melakukan gerakan mencuci tangan serentak, Jumat (17/3) di Lapangan Cinduomato Batusangkar. Pagelaran cuci tangan serentak ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang ke-43 tahun 2017.

Ketua PPNI Tanah Datar, Vera Aprida menyebutkan, gerakan mencuci tangan serentak ini dilakukan di seluruh Indonesia dengan mengambil tema gerakan perawat mendukung masyarakat sehat  yang melibatkan ribuan  pelajar di Tanah Datar.

“Selain di  kegiatan  ini akan diadakan serentak di seluruh Indonesia. Demi mensukseskan dan mendapatkan rekor muri pada kegiatan ini,  kami juga sudah mempersiapkan semua ini dengan maksimal,” yakinnya.

Pada kegiatan tersebut, pihaknya juga mengundang secara langsung Bupati Tanah Datar dan para instansi terkait, serta masyarakat. “Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pendekatan tenaga kesehatan, khususnya perawat kepada masyarakat dalam hal mencapai masyarakat yang sehat,” ujarnya.

Ia berharap melalui rangkaian kegiatan tersebut juga dapat tercipta pola pikir masyarakat agar hidup sehat dan lebih mengutamakan tindakan preventif daripada kuratif.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengharapkan, melalui HUT PPNI yang ke-43 ini, para perawat bisa mendedikasikan ilmunya  untuk kesehatan masyarakat. Selain itu apa yang dilakukan PPNI untuk mengedukasi masyarakat terkait pola hidup bersih jangan hanya sebatas seremonial saja. Namun juga harus terus dilakukan setiap hari untuk mencapai tujuan pola hidup bersih dan sehat.

 

Irdinansyah Tarmizi mengakui, keberadaan dan peranan perawat terhadap kesehatan masyarakat sangatlah besar untuk itu dirinya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih. "Jadi, di HUT PPNI yang tidak lagi muda ini, banyak yang harus diselesaikan. Tugas kita sebagai perawat tentunya tidak lepas dari masyarakat. Perlu adanya kesinambungan dalam melakukan hal-hal baik seperti ini, jangan sampai hanya dilakukan pada peringatan HUT saja, tapi setelah itu tidak lagi digencarkan pada masyarakat. Seperti halnya mencuci tangan sebelum makan, gosok gigi sebelum tidur dan hal lain yang dianggap sepele namun penuh sangat menentukan kesehatan kita," ujar Irdinansyah. (h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM