Pasangan W-Fi Minta Pilkada Payakumbuh Diulang


Sabtu,18 Maret 2017 - 02:18:34 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN -  Pasangan Suwandel Muchtar – Fitrial Bahcri (W-Fi) meminta majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memutuskan pengulangan Pilkada Kota Payakumbuh, tanpa keikutsertaan pasangan Riza Falepi – Erwin Yunaz (F-WIN). Permintaan itu sudah disampaikan dalam sidang  Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di MK.

Permintaan Pilkada ulang dan mendiskualifikasi paslon Riza – Erwin didasari bukti dugaan kecurangan yang dimiliki kuasa hukum W-Fi, Oktavianus Rizwa. Menurut Oktavianus, sejumlah bukti kuat mengindikasikan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU untuk meloloskan Pasangan F-WIN, agar tetap bisa maju dalam Pilkada Kota Payakumbuh.

“Saat F-WIN mendaftar ke KPU, seluruh berkas yang diminta tidak lengkap. Pasalnya, surat tidak pailit Erwin Yunaz yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri/Niaga/HAM/Tipikor dan hubungan Industrial Jakarta Utara baru sampai ke KPU Kota Payakumbuh pada 4 Oktober 2016. Sedangkan penutupan pendaftaran paslon dan pemberian seluruh berkas ke KPU pada 24 September 2016. Ini jelas membuktikan pasangan F-Win tidak memenuhi syarat untuk maju. Pasangan ini telah melanggar jadwal yang telah diresmikan oleh KPU. Jelas ini bukti ada permainan antara KPU dengan F-WIN. Bagaimana bisa KPU meloloskan pasangan yang tidak lengkap persyaratannya,” kata Oktavianus, Jumat (17/3).

Dengan adanya temuan dan bukti yang dipegang, Oktavianus meminta MK untuk membatalkan Pilkada yang telah dilaksanakan tanggal 15 Februari 2017 dan mengulangi Pilkada tanpa paslon nomor urut 2, F-WIN. “Agenda kami bukan perselisihan suara. Tapi kami meminta Pilkada diulangi tanpa F-WIN. Karena sesuai dengan aturan, harusnya F-WIN sudah bisa dibilang paslon yang tidak dianggap dalam Pilkada,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU, Dipa Persada mengatakan persidangan di Mahkamah Konstitusi, Kamis (16/3) dengan agenda pembacaan bukti dan tuntutan dari pihak W-Fi sebagai pemohon. Hal ini akan dijawab oleh KPU sebagai termohon, Selasa (21/3) mendatang.  “Apa yang telah disampaikan oleh pihak pemohon di persidangan MK, nanti kami jawab Selasa depan. Itu agenda kami untuk menjabarkan proses pelaksanaan Pilkada mulai dari awal hingga akhir,” kata Dipa.

Ia juga mengatakan segala hal terkait pelaksanaan Pilkada sudah diserahkan kepada kuasa hukum KPU.  “Kami sudah berikan seluruh bukti kami ke kuasa hukum. Biar nanti kuasa hukum kami yang menjawab hal ini. yang jelas kami sudah menjalankan pilkada sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Apapun penilaian dari pemohon itu hak mereka menjabarkannya di persidangan,” katanya.

Persidangan PHPU Payakumbuh yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi ini digelar dalam tahap proses tahap awal dan pertimbangan apakah sengketa layak menjadi status yang diperkarakan dalam MK atau tidak. Di tahap ini akan dilakukan tiga kali persidangan yakni tanggal 16 Maret 2017 untuk pembacaan tuntutan dari pemohon yang akan dijawab oleh termohon tanggal 21 Maret 2017 oleh termohon. Sedangkan keputusan layak atau tidaknya diperkarakan MK, akan dibacakan hakim, 27 Maret 2017 mendatang. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM