Sumbar Dapat Bantuan Mobil Tangki Air dari BNPB


Sabtu,18 Maret 2017 - 02:16:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA, HALUAN—Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menerima bantuan peralatan penanggulangan bencana dari kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei berupa 1 unit mobil tangki air. Bantuan  diserahkan pada Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, di kantor BNPB Pusat Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Acara tersebut dihadiri Seketaris Utama BNPB Ir. Dody Ruswandi, MSCE dan Direktur Peralatan BNPB Rustian,S.Si,A.P.T,M.Kes.

Kepala BNPB Willem Rampangilei dalam kesempatan itu menyampaikan acara Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk merumuskan konsep Hari Kesiagaan Bencana Nasional, sebagai wadah membangun sinergitas semua elemen bangsa terhadap penanggulangan Bencana di Indonesia.

Willem mengatakan, kesadaran dan pemahaman tentang bencana harus ditingkatkan pada diri setiap orang dan diri. “Kita sendirilah yang paling berperan besar terhadap keselamatan dari bahaya bencana yang terjadi,” katanya.

Selain itu Peringatan Hari Kesiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk membangunan kesadaran masyarakat, diri sendiri serta kewaspadaan terhadap bencana yang terjadi. Sekaligus sebagai peringkatan 10 tahun berlakunya UU Nomor 24 Tahun 2007  tentang Penanggulangan Bencana.

Peristiwa kebencanaan yang telah melanda Indonesia telah berdampak pada korban jiwa  dan kerugian ekonomi  (30 triliun) yang semakin lama semakin meningkat, dan juga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Penyebab terjadinya bencana ulah perbuatan manusia, perubahan iklim serta pertumbuhan jumlah penduduk.

Indonesia mempunyai peta ancaman bencana yang cukup luas, seperti banjir, longsor, tsunami, dan gempa. Dan kita harus melalukan sesuatu supaya dampaknya tidak menjadi semakin  meluas dan merugikan.

“Dalam RPJM BNPB 2015-2019, ada 136 kabupaten/ kota punya peluang pembangunan ekonomi dan terdapat rawan bencana, dan menjadi prioritaskan oleh BNPB Pusat melalui strategi-strategi,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, bantuan ini tentu amat bermanfaat bagi penanggulangan bencana di Sumatera Barat.

Wagub juga menyambut baik akan ada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Indonesia, khususnya terhadap kondisi daerah dimana Sumatera Barat terkenal sebagai etalase bencana di Indonesia. (h/rls/met)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,20 Juni 2017 - 12:23:20 WIB

    Jelang Lebaran, 6.000 Aparat Keamanan Diterjunkan di Sumbar

    Jelang Lebaran, 6.000 Aparat Keamanan Diterjunkan di Sumbar PADANG, HALUAN – Sebanyak 6.222 aparat gabungan akan menjaga Sumbar selama Lebaran. Ribuan aparat gabungan tersebut akan berbagi tugas. Mulai dari mengatur arus mudik, hingga berpatroli, untuk mengantisipasi kejahatan selam.
  • Jumat,16 Juni 2017 - 11:38:07 WIB

    1.448 Km Jalan Sumbar-Bengkulu Aman Dilalui

    1.448 Km Jalan Sumbar-Bengkulu Aman Dilalui PADANG, HALUAN -- Direktorat Jenderal Bina Marga, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) III Sumbar - Bengkulu memastikan 1.448,91 Kilometer jalan nasional yang ada di Sumbar fungsional untuk dilalui saat Lebaran 1438 H.
  • Rabu,14 Juni 2017 - 21:59:20 WIB

    Remisi Idulfitri, Kanwil Kemenkumham Sumbar: Diprediksi untuk 1.400 Napi

    Remisi Idulfitri, Kanwil Kemenkumham Sumbar: Diprediksi untuk 1.400 Napi PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumatera Barat masih melakukan pendataan kepada narapidana yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) untuk mendapat remisi Hari Raya Idul Fitri 2017. Namun, pe.
  • Senin,05 Juni 2017 - 12:20:28 WIB

    dr Fiera ke Jakarta, Pemprov Sumbar: Cutinya Bermasalah

    dr Fiera ke Jakarta, Pemprov Sumbar: Cutinya Bermasalah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dokter Fiera diketahui pergi ke Jakarta dalam status PNS Sumbar dan masih dalam masa cuti. Namun, cuti yang dilakukan dokter yang kini mendadak terkenal tersebut bermasalah..
  • Senin,05 Juni 2017 - 12:11:47 WIB

    dr Fiera Lovita Masih PNS Pemprov Sumbar, Belum Mengajukan Surat Pindah

    dr Fiera Lovita Masih PNS Pemprov Sumbar, Belum Mengajukan Surat Pindah PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dokter Fiera Lovita, yang diduga menjadi korban persekusi sebuah ormas di Kota Solok, hingga kini masih berstatus sebagai PNS Pemprov Sumbar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM