Sumbar Dapat Bantuan Mobil Tangki Air dari BNPB


Sabtu,18 Maret 2017 - 02:16:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA, HALUAN—Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menerima bantuan peralatan penanggulangan bencana dari kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei berupa 1 unit mobil tangki air. Bantuan  diserahkan pada Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, di kantor BNPB Pusat Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Acara tersebut dihadiri Seketaris Utama BNPB Ir. Dody Ruswandi, MSCE dan Direktur Peralatan BNPB Rustian,S.Si,A.P.T,M.Kes.

Kepala BNPB Willem Rampangilei dalam kesempatan itu menyampaikan acara Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk merumuskan konsep Hari Kesiagaan Bencana Nasional, sebagai wadah membangun sinergitas semua elemen bangsa terhadap penanggulangan Bencana di Indonesia.

Willem mengatakan, kesadaran dan pemahaman tentang bencana harus ditingkatkan pada diri setiap orang dan diri. “Kita sendirilah yang paling berperan besar terhadap keselamatan dari bahaya bencana yang terjadi,” katanya.

Selain itu Peringatan Hari Kesiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk membangunan kesadaran masyarakat, diri sendiri serta kewaspadaan terhadap bencana yang terjadi. Sekaligus sebagai peringkatan 10 tahun berlakunya UU Nomor 24 Tahun 2007  tentang Penanggulangan Bencana.

Peristiwa kebencanaan yang telah melanda Indonesia telah berdampak pada korban jiwa  dan kerugian ekonomi  (30 triliun) yang semakin lama semakin meningkat, dan juga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Penyebab terjadinya bencana ulah perbuatan manusia, perubahan iklim serta pertumbuhan jumlah penduduk.

Indonesia mempunyai peta ancaman bencana yang cukup luas, seperti banjir, longsor, tsunami, dan gempa. Dan kita harus melalukan sesuatu supaya dampaknya tidak menjadi semakin  meluas dan merugikan.

“Dalam RPJM BNPB 2015-2019, ada 136 kabupaten/ kota punya peluang pembangunan ekonomi dan terdapat rawan bencana, dan menjadi prioritaskan oleh BNPB Pusat melalui strategi-strategi,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, bantuan ini tentu amat bermanfaat bagi penanggulangan bencana di Sumatera Barat.

Wagub juga menyambut baik akan ada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Indonesia, khususnya terhadap kondisi daerah dimana Sumatera Barat terkenal sebagai etalase bencana di Indonesia. (h/rls/met)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,16 Agustus 2017 - 11:00:30 WIB

    Penipuan First Travel Juga Terjadi di Sumbar

    Penipuan First Travel Juga Terjadi di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kasus dugaan penipuan berkedok pemberangkatan jemaah umrah dengan harga murah oleh PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) rupanya juga terjadi di Sumbar. Sejumlah korban sudah melapor ke K.
  • Senin,14 Agustus 2017 - 20:14:17 WIB

    Buat Pantun Spontan Terbanyak, Gubernur Sumbar Masuk Rekor MURI

    Buat Pantun Spontan Terbanyak, Gubernur Sumbar Masuk Rekor MURI PADANG, HARIANHALUAN—Museum Rekor Indonesia (MURI) akan memberikan penghargaan kepada Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, dengan kategori “Cipta Pantun Spontan Jumlah Terbanyak”. Sejak kali pertama membuat pantun sp.
  • Senin,14 Agustus 2017 - 18:24:02 WIB

    36 Titik Longsor Mengintai di Jalur Sumbar-Riau

    36 Titik Longsor Mengintai di Jalur Sumbar-Riau LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Tiga hari terakhir ini sebagian besar Kabupaten Limapuluh Kota diguyur hujan. Meski tidak deras, tetapi hujan yang turun sejak Jumat (11/8) lalu hingga Minggu (13/8) sore menghambat aktifi.
  • Kamis,10 Agustus 2017 - 19:12:47 WIB

    PKS di Sumbar Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

    PKS di Sumbar Gelar Lomba Baca Kitab Kuning PADANG, HARIANHALUAN.COM—Fraksi PKS DPRD Sumbar bekerja sama dengan DPW PKS Sumbar Bidang Pembangunan Umat (BPU), kembali menggelar Lomba Baca Kitab Kuning atau Musabaqah Qiroatil Kitab (MQK) tingkat Sumbar..
  • Rabu,09 Agustus 2017 - 17:37:03 WIB

    Titik Panas Bermunculan di Sumbar

    Titik Panas Bermunculan di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat tiga titik panas di Sumatera Barat hingga Selasa (8/8). Dua titik berada di Kabupaten Dharmasraya dan satu titik di Solok Selatan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM