Sumbar Dapat Bantuan Mobil Tangki Air dari BNPB


Sabtu,18 Maret 2017 - 02:16:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi

JAKARTA, HALUAN—Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menerima bantuan peralatan penanggulangan bencana dari kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei berupa 1 unit mobil tangki air. Bantuan  diserahkan pada Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, di kantor BNPB Pusat Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Acara tersebut dihadiri Seketaris Utama BNPB Ir. Dody Ruswandi, MSCE dan Direktur Peralatan BNPB Rustian,S.Si,A.P.T,M.Kes.

Kepala BNPB Willem Rampangilei dalam kesempatan itu menyampaikan acara Sosialisasi Persiapan Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk merumuskan konsep Hari Kesiagaan Bencana Nasional, sebagai wadah membangun sinergitas semua elemen bangsa terhadap penanggulangan Bencana di Indonesia.

Willem mengatakan, kesadaran dan pemahaman tentang bencana harus ditingkatkan pada diri setiap orang dan diri. “Kita sendirilah yang paling berperan besar terhadap keselamatan dari bahaya bencana yang terjadi,” katanya.

Selain itu Peringatan Hari Kesiagaan Bencana Nasional, bertujuan untuk membangunan kesadaran masyarakat, diri sendiri serta kewaspadaan terhadap bencana yang terjadi. Sekaligus sebagai peringkatan 10 tahun berlakunya UU Nomor 24 Tahun 2007  tentang Penanggulangan Bencana.

Peristiwa kebencanaan yang telah melanda Indonesia telah berdampak pada korban jiwa  dan kerugian ekonomi  (30 triliun) yang semakin lama semakin meningkat, dan juga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Penyebab terjadinya bencana ulah perbuatan manusia, perubahan iklim serta pertumbuhan jumlah penduduk.

Indonesia mempunyai peta ancaman bencana yang cukup luas, seperti banjir, longsor, tsunami, dan gempa. Dan kita harus melalukan sesuatu supaya dampaknya tidak menjadi semakin  meluas dan merugikan.

“Dalam RPJM BNPB 2015-2019, ada 136 kabupaten/ kota punya peluang pembangunan ekonomi dan terdapat rawan bencana, dan menjadi prioritaskan oleh BNPB Pusat melalui strategi-strategi,” ungkapnya.

Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam kesempatan itu menyampaikan, bantuan ini tentu amat bermanfaat bagi penanggulangan bencana di Sumatera Barat.

Wagub juga menyambut baik akan ada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat Indonesia, khususnya terhadap kondisi daerah dimana Sumatera Barat terkenal sebagai etalase bencana di Indonesia. (h/rls/met)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,20 Juli 2017 - 13:04:13 WIB

    Pemprov Ingin PNS Sumbar Tidak Menyimpang

    Pemprov Ingin PNS Sumbar Tidak Menyimpang PADANG, HARIANHALUAN.COM — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, menyampaikan, pemerintah provinsi (pemprov) itu menginginkan PNS Sumbar loyal dan memenuhi kebutuhan di tempat kerja. Dengan standar itu, PNS akan.
  • Kamis,20 Juli 2017 - 12:38:38 WIB

    Tentang RDTR Mandeh, Pemprov Sumbar Lalai

    Tentang RDTR Mandeh, Pemprov Sumbar Lalai PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas menilai Pemrov Sumbar lalau dalam membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh di APBD 2018. Padahal, sejak 2013 lalu,.
  • Selasa,18 Juli 2017 - 19:31:39 WIB

    Komisi IV DPRD Sumbar Desak Provinsi Siapkan RDTR Mandeh

    Komisi IV DPRD Sumbar Desak Provinsi Siapkan RDTR Mandeh PADANG, HARIANHALUAN.COM— Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, M Nurnas mendesak pemerintah provinsi memprioritaskan penganggaran untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh di APBD 2018..
  • Selasa,18 Juli 2017 - 18:03:47 WIB

    Sumbar Akhirnya Punya Pengukur Kualitas Udara

    Sumbar Akhirnya Punya Pengukur Kualitas Udara PADANG, HARIANHALUAN.COM—Beberapa tahun terakhir ini, Sumbar dapat dikatakan sering mengalami dampak kabut asap yang sumbernya bukan berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Sumbar. Karena itu, masyarakat diingatkan untuk .
  • Selasa,18 Juli 2017 - 16:57:47 WIB

    Warga Sumbar Miskin Karena Rokok

    Warga Sumbar Miskin Karena Rokok “Penduduk miskin di Sumbar mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli beras dan rokok pada komoditas makanan. Rokok menjadi penyumbang nomor dua terbanyak pengeluaran masyarakat miskin di Sumbar” Sukardi, Kepala BPS Sum.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM