Baru 44 Peren Tanah di Indonesia yang Bersertifikat


Kamis,16 Maret 2017 - 13:03:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN - Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan, Kementrian ATR/BPN Ir. Raden Muhammmad Adi Darmawan, M.Eng.Sc mengatakan, baru sekitar 44 persen saja yang sudah terdaftar dan tanahnya bersertifikat, sedangkan 56 persen lainnnya belum memiliki sertifikat.

"Sertifikasi tanah ini penting sebagai solusi dari masalah kepemilikan dan penguasaan lahan yang tumpang tindih. Untuk merealisasikan kebijakan Indonesia satu peta (one map policy), saat ini sedang dilakukan percepatan terutama proses pemetaan," terangnya saat menjadi nara sumber utama pada Seminar Nasional, Rabu (15/3) di Institut Teknologi Padang (ITP).
 
Dikatakannya, disisi lain, saat ini Indonesia masih sangat kekurangan jumlah tenaga ahli geodesi dan surveyor. Untuk itu Institut Teknolgi Padang yang memiliki program studi teknik Geodesi diharapkan ikut berperan. 
 
"Ini harus kita sokong dan genjot supaya peminat geodesi semakun bertambah," kata Adi Darmawan.
 
Ketua Ikatan Surveyor Indonesia Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng menyatakan, akan banyak peluang-peluang yang dapat diambil Indonesia jika  pemetaan ini tuntas. "Oleh karena itu pemenuhan jumlah tenaga ahli geodesi dan surveyor, update sistem dan teknologi harus terus dilakukan," tuturnya.
 
Sementara itu, Rektor ITP Ir. Hendri Nofrianto menyebutkan, seminar dilakukan berangkat dari beberapa isu-isu strategis dan permasalahan yang ditemui terutama mengenai pemetaan yang dilakukan dan sertifikasi tanah yang belum optimal.
 
"Tepat sekali kiranya kita mengangkat tema 'Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Keagranariaan menuju Indonesia Terpetakan' ini supaya isu dan permasalahan bisa terpecahkan," sebut Rektor.
 
Hendri mengatakan, seminar yang telah berjalan sukses tersebut dihadiri lebih kurang 200 peserta antara lain dari kantor Badan Perencanaan Daerah, kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Lembaga Kerapatan Adat Nagari Minangkabau (LKAM) Provinsi Sumatera Barat, beberapa Perguruan Tinggi, serta Ikatan Surveyor Indonesia (ISI).  
 
Dikatakannya, seminar yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Geodesi ITP ini merupakan bagian dari peringatan Dies Natalis Institut Teknologi Padang ke-44.  
 
"Seminar ini juga menjadi bentuk kontribusi Institut Teknologi Padang untuk mendorong percepatan pemetaan kadaster dan sertifikasi tanah di Indonesia," pungkasnya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,14 September 2017 - 02:26:40 WIB

    Pemko Sambut Tahun Baru Islam

    Pemko Sambut Tahun Baru Islam PADANG,HALUAN--Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengadakan berbagai kegiatan untuk menyambut tahun Islam 1439 H. Kegiatan itu dibuka Walikota, Mahyeldi Ansharullah di pelataran parkir Masjid Nurul Iman, Rabu (13/9)..
  • Sabtu,05 Agustus 2017 - 13:30:42 WIB

    Berada di Ibu Kota Provinsi, Listrik Kampung Sungkai Baru di Jalan

    Berada di Ibu Kota Provinsi, Listrik Kampung Sungkai Baru di Jalan PADANG, HALUAN—Sebagian wilayah Kampung Sungkai di Kelurahan Labung Bukit, Kota Padang, hingga kini belum dialiri listrik. Untuk menerangi rumah, masyarakat di sana menggunakan lampu minyak tanah. .
  • Minggu,09 Juli 2017 - 18:32:11 WIB

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik

    Besok, Ketua DPRD Padang yang Baru Dilantik PADANG, HALUAN -- Hari ini Senin (10/7), Ketua DPRD Kota Padang yang baru Elly Thrisyanti bakal dilantik menggantikan Ketua DPRD Kota Padang yang lama Erisman dalam Sidang Paripurna Istimewa..
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:34:55 WIB

    SMAN di Padang Terima Siswa Baru

    SMAN di Padang Terima Siswa Baru PADANG, HALUAN—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dilakukan melalui empat jalur. Diantaranya jalur mandiri, regular (Rayon), tahfidz dan jalur prestasi..
  • Kamis,04 Mei 2017 - 01:47:32 WIB
    TRANSMART DIKHAWATIRKAN LAHIRKAN KEMACETAN

    Dishub: Setelah Beroperasi, Baru akan Dicarikan Solusi

    PADANG, HALUAN — Beroperasinya Transmart di Jalan Khatib Sulaiman dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan parah di sekitar lokasi tersebut, karena berada di pinggir jalan dengan ruasnya sempit dan lalu lintas yang selalu .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM