Baru 44 Peren Tanah di Indonesia yang Bersertifikat


Kamis,16 Maret 2017 - 13:03:31 WIB

PADANG, HALUAN - Direktur Jenderal Infrastruktur Keagrariaan, Kementrian ATR/BPN Ir. Raden Muhammmad Adi Darmawan, M.Eng.Sc mengatakan, baru sekitar 44 persen saja yang sudah terdaftar dan tanahnya bersertifikat, sedangkan 56 persen lainnnya belum memiliki sertifikat.

"Sertifikasi tanah ini penting sebagai solusi dari masalah kepemilikan dan penguasaan lahan yang tumpang tindih. Untuk merealisasikan kebijakan Indonesia satu peta (one map policy), saat ini sedang dilakukan percepatan terutama proses pemetaan," terangnya saat menjadi nara sumber utama pada Seminar Nasional, Rabu (15/3) di Institut Teknologi Padang (ITP).
 
Dikatakannya, disisi lain, saat ini Indonesia masih sangat kekurangan jumlah tenaga ahli geodesi dan surveyor. Untuk itu Institut Teknolgi Padang yang memiliki program studi teknik Geodesi diharapkan ikut berperan. 
 
"Ini harus kita sokong dan genjot supaya peminat geodesi semakun bertambah," kata Adi Darmawan.
 
Ketua Ikatan Surveyor Indonesia Ir. Virgo Eresta Jaya, M.Eng menyatakan, akan banyak peluang-peluang yang dapat diambil Indonesia jika  pemetaan ini tuntas. "Oleh karena itu pemenuhan jumlah tenaga ahli geodesi dan surveyor, update sistem dan teknologi harus terus dilakukan," tuturnya.
 
Sementara itu, Rektor ITP Ir. Hendri Nofrianto menyebutkan, seminar dilakukan berangkat dari beberapa isu-isu strategis dan permasalahan yang ditemui terutama mengenai pemetaan yang dilakukan dan sertifikasi tanah yang belum optimal.
 
"Tepat sekali kiranya kita mengangkat tema 'Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Keagranariaan menuju Indonesia Terpetakan' ini supaya isu dan permasalahan bisa terpecahkan," sebut Rektor.
 
Hendri mengatakan, seminar yang telah berjalan sukses tersebut dihadiri lebih kurang 200 peserta antara lain dari kantor Badan Perencanaan Daerah, kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Lembaga Kerapatan Adat Nagari Minangkabau (LKAM) Provinsi Sumatera Barat, beberapa Perguruan Tinggi, serta Ikatan Surveyor Indonesia (ISI).  
 
Dikatakannya, seminar yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Geodesi ITP ini merupakan bagian dari peringatan Dies Natalis Institut Teknologi Padang ke-44.  
 
"Seminar ini juga menjadi bentuk kontribusi Institut Teknologi Padang untuk mendorong percepatan pemetaan kadaster dan sertifikasi tanah di Indonesia," pungkasnya. (h/win)

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM