Demi Mak Itam, Jalur KA ini akan Diaktifkan Lagi


Kamis,16 Maret 2017 - 12:57:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Demi Mak Itam, Jalur KA ini akan Diaktifkan Lagi Balai Tekhnik Perkeretaapian Wilayah II Sumatera Bagian Barat, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI melakukan survey rencana normalisasi jalur rel Sawahlunto-Muaro Kalaban. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,  HALUAN- Jalur rel kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban akan diaktifkan lagi. Hal ini dilakukan untuk mendukung operasional lokomotif tua " Mak Itam" dalam kembali melayani wisatawan menikmati perjalanan wisata sejarah di Kota Sawahlunto.

 

"Lebih kurang jalur rel sepanjang 1 Km mulai dari Museum Kereta Api Kampung Teleng hingga lubang kalam yang direncanakan akan dinormalisasi, " kata Kadis Perhubungan,  Drs. Eidwar didampingi Kabid Lalin dan angkutan Ucak Hardian kepada Haluan, Kamis (16/3).

 

Rencana normalisasi itu,  lanjutnya, telah dilakukan tinjauan lapangan oleh Balai Teknik Perkeretaapian wilayah II Sumatera Bagian Barat Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI beserta tim tekhnis. Setelah ini diharapkan akan segera dilakukan perbaikan jalur rel,  baik itu bantalan maupun jalur rel itu sendiri,  termasuk ruas kiri dan kanan lintasan.

 

Saat ini,  setelah  Mak Itam" belum dapat dioperasikan kembali karena ada beberapa titik jalur rel yang rusak,  sehingga tidak layak untuk dilewati. "Anggaran dari kemenhub sudah ada untuk normalisasi tersebut,  tinggal menunggu hasil kajian dari balai tekhnik perkeretaapian untuk kepastian pelaksanaannya, " ungkapnya.

 

Ia menilai, lokomotif uap Mak Itam yang telah menjadi ikon wisata sejarah Kota Sawahlunto,  akan kembali berjaya dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang ada,  terlebih nama mak itam yang sudah melegenda. Hal ini juga diyakini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berwisata dan menikmati pengalaman berkereta dengan lokomotif yang hanya ada dua di dunia tersebut. (h/rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,20 Maret 2017 - 10:49:36 WIB

    Demi KLA, Sawahlunto Ganti Iklan Rokok

    SAWAHLUNTO, HALUAN - Pemerintah Sawahlunto terus berupaya menjauhkan generasi muda dari kebiasaan merokok. Mulai dari mengganti iklan rokok dengan ajakan positif, hingga meminta orang tua untuk tidak lagi menyuruh anak ketika.
  • Kamis,04 Agustus 2016 - 04:22:16 WIB

    Ini Upaya Pemkab Padang Pariaman Demi Pemerintahan yang Baik

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Pe­me­rintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman berkomitmen dalam penyeleng­garaan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masya­rakat secara cepat, tepat dan profesi.
  • Jumat,08 Juli 2016 - 00:11:36 WIB

    Lebaran Pemuda Silaiang Bawah, Silaturahmi Tak Kenal Waktu Demi Kenangan Masa Kecil

    Lebaran Pemuda Silaiang Bawah, Silaturahmi Tak Kenal Waktu Demi Kenangan Masa Kecil PADANG PANJANG, HALUAN - Seperti tak ada hari esok, tradisi sebagian pemuda Silaing Bawah ini dalam suasana lebaran memang tergolong unik, mereka saling mengunjungi kediaman teman-teman sepermainan di masa kecil. Mengambil mo.
  • Kamis,02 Juni 2016 - 05:03:06 WIB

    RPJMD Disusun Kalangan Akademisi

    BATUSANGKAR, HALUAN — Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 sampai 2021 yang sedang disusun mengakomodir semua masukan demi kesejahteraan rakyat..
  • Rabu,27 Januari 2016 - 03:59:51 WIB

    Pariaman, Daerah Endemis DBD

    PARIAMAN, HALUAN — Kota Pariaman, termasuk salah satu daerah endemis DBD. Karena itu peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih dan memusnahkan sarang nyamuk, sangat diperlukan untuk menekan kasus tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM