Demi Mak Itam, Jalur KA ini akan Diaktifkan Lagi


Kamis,16 Maret 2017 - 12:57:13 WIB
Demi Mak Itam, Jalur KA ini akan Diaktifkan Lagi Balai Tekhnik Perkeretaapian Wilayah II Sumatera Bagian Barat, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI melakukan survey rencana normalisasi jalur rel Sawahlunto-Muaro Kalaban. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,  HALUAN- Jalur rel kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban akan diaktifkan lagi. Hal ini dilakukan untuk mendukung operasional lokomotif tua " Mak Itam" dalam kembali melayani wisatawan menikmati perjalanan wisata sejarah di Kota Sawahlunto.

 

"Lebih kurang jalur rel sepanjang 1 Km mulai dari Museum Kereta Api Kampung Teleng hingga lubang kalam yang direncanakan akan dinormalisasi, " kata Kadis Perhubungan,  Drs. Eidwar didampingi Kabid Lalin dan angkutan Ucak Hardian kepada Haluan, Kamis (16/3).

 

Rencana normalisasi itu,  lanjutnya, telah dilakukan tinjauan lapangan oleh Balai Teknik Perkeretaapian wilayah II Sumatera Bagian Barat Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI beserta tim tekhnis. Setelah ini diharapkan akan segera dilakukan perbaikan jalur rel,  baik itu bantalan maupun jalur rel itu sendiri,  termasuk ruas kiri dan kanan lintasan.

 

Saat ini,  setelah  Mak Itam" belum dapat dioperasikan kembali karena ada beberapa titik jalur rel yang rusak,  sehingga tidak layak untuk dilewati. "Anggaran dari kemenhub sudah ada untuk normalisasi tersebut,  tinggal menunggu hasil kajian dari balai tekhnik perkeretaapian untuk kepastian pelaksanaannya, " ungkapnya.

 

Ia menilai, lokomotif uap Mak Itam yang telah menjadi ikon wisata sejarah Kota Sawahlunto,  akan kembali berjaya dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang ada,  terlebih nama mak itam yang sudah melegenda. Hal ini juga diyakini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berwisata dan menikmati pengalaman berkereta dengan lokomotif yang hanya ada dua di dunia tersebut. (h/rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM