Produksi Buah-buahan di Agam Meningkat


Kamis,16 Maret 2017 - 12:29:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi

AGAM, HALUAN -- Produksi buah-buahan masyarakat Agam meningkat, terutama buah-buahan yang dikembangkan melalui program Agam Menyemai seperti pepaya, mangga jambu biji dan lainya.

Menurut pemaparan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu, produksi mangga yang tahun 2015 sebanyak 2.106 kwintal meningkat menjadi 2.522 kwintal pada tahun 2016, jambu biji dari 5.052 naik menjadi 7.967, pepaya mengalami kenaikan dari 5.547 kwintal menjadi 7.984 kwintal.

"Kenaikan juga dialami tanaman jenis lain seperti rambutan, manggis, durian, alpukat, sirsak, sementara masyarakat makin banyak menanam pohon penghasil buah"ungkap Restu kemarin.

Peningkatakan produksi buah tersebut merupakan efek dari program Agam Menyemai yang digebyarkan Indra Catri sejak menjadi bupati Agam pada priode pertama.

Untuk mendorong masyarakat menanam buah-buahan melalui program Agam Menyemai pemerintah memberikan bantuan bibit dan teknis, bibit tersebut selalu dibagikan bupati pada acara formal, seperti pelantikan camat, wali nagari dan acara lainnya.

Terakhir bupati menyerukan masyarakat menanam tanaman dibutuhkan rumah tangga sehari-hari pada lahan kosong di pekarangan rumah masing-masing seperti, rempan, cubadak, jengkol dan petai.

Hal itu diseruman karena tanaman di pekarangan rumah minimal dapat membantu untuk menghemat pengeluaran, sementara untuk menambah pendapatan dapat ditanam pada areal yang luas dalam kebun.

"Tanam bungo di halaman, sayua mayua jo tabek ikan, nan di laman untuak ka makan, nan diparak baoa ka pakan" demikian Indra selalu berpantun pada acara-acara resmi untuk mendorong masyarakat menanam pohon. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,22 Agustus 2016 - 03:06:57 WIB
    PASOKAN BAWANG KURANG, HARGA TINGGI

    Bawang Produksi Sumbar Dijual ke Luar

    Bawang Produksi Sumbar Dijual ke Luar PADANG, HALUAN — Harga bawang merah di pasaran sebesar Rp26 ribu per kilogram (kg). Menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumbar, harga tersebut masih di atas normal..
  • Selasa,26 Juli 2016 - 04:47:45 WIB

    Penyakit Buah Busuk, Produksi Kakao Turun

    Penyakit Buah Busuk, Produksi Kakao Turun PARIAMAN HALUAN — Banyak tanaman cokelat (ka­kao) masyarakat di Pariaman terserang penyakit busuk buah sehingga produksi co­kelat di kota itu pun menurun. Penyakit busuk buah itu ter­jadi kurang lebih setahun..
  • Kamis,30 Juni 2016 - 06:23:22 WIB
    Untuk Ramadan dan Lebaran

    Rose Produksi 9 Ton Kue Kering

    Rose Produksi 9 Ton Kue Kering PADANG, HALUAN — Kue kering Rose mampu memenuhi permintaan pelanggannya setelah berproduksi sebulan. Berproduksi sebulan, produsen kue itu biasanya menghasilkan 9 ton kue. Semuanya laris diburu pelanggan untuk Lebaran..
  • Kamis,23 Juni 2016 - 04:22:10 WIB
    Kerupuk Sagu Mandiri

    Pasar Bagus, Produksi Terkendala Mesin

    Pasar Bagus, Produksi Terkendala Mesin PADANG, HALUAN — Martinis memproduksi kerupuk sagu rata-rata 40 pak per 10 hari. Satu pak ia jual Rp20.000. Kerupuk itu ia titipkan ke lebih dari 25 warung di Kota Padang. Harga eceran sejak setahun lalu ia tingkatkan menj.
  • Kamis,02 Juni 2016 - 05:16:35 WIB
    Meski Berusia 63 Tahun

    Saidah Mampu Produksi Puluhan Macam Kue

    Saidah Mampu Produksi Puluhan Macam Kue PADANG, HALUAN — Bagi Saidah Munthe (63), pensiun sebagai PNS bukan berarti lebih banyak beristirahat di rumah. Malah sebaliknya, ia justru meningkat aktivitasnya dengan mengurus bisnis kue di rumahnya, Jl. SMP Negeri 21 Ba.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM