Produksi Buah-buahan di Agam Meningkat


Kamis,16 Maret 2017 - 12:29:03 WIB

AGAM, HALUAN -- Produksi buah-buahan masyarakat Agam meningkat, terutama buah-buahan yang dikembangkan melalui program Agam Menyemai seperti pepaya, mangga jambu biji dan lainya.

Menurut pemaparan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu, produksi mangga yang tahun 2015 sebanyak 2.106 kwintal meningkat menjadi 2.522 kwintal pada tahun 2016, jambu biji dari 5.052 naik menjadi 7.967, pepaya mengalami kenaikan dari 5.547 kwintal menjadi 7.984 kwintal.

"Kenaikan juga dialami tanaman jenis lain seperti rambutan, manggis, durian, alpukat, sirsak, sementara masyarakat makin banyak menanam pohon penghasil buah"ungkap Restu kemarin.

Peningkatakan produksi buah tersebut merupakan efek dari program Agam Menyemai yang digebyarkan Indra Catri sejak menjadi bupati Agam pada priode pertama.

Untuk mendorong masyarakat menanam buah-buahan melalui program Agam Menyemai pemerintah memberikan bantuan bibit dan teknis, bibit tersebut selalu dibagikan bupati pada acara formal, seperti pelantikan camat, wali nagari dan acara lainnya.

Terakhir bupati menyerukan masyarakat menanam tanaman dibutuhkan rumah tangga sehari-hari pada lahan kosong di pekarangan rumah masing-masing seperti, rempan, cubadak, jengkol dan petai.

Hal itu diseruman karena tanaman di pekarangan rumah minimal dapat membantu untuk menghemat pengeluaran, sementara untuk menambah pendapatan dapat ditanam pada areal yang luas dalam kebun.

"Tanam bungo di halaman, sayua mayua jo tabek ikan, nan di laman untuak ka makan, nan diparak baoa ka pakan" demikian Indra selalu berpantun pada acara-acara resmi untuk mendorong masyarakat menanam pohon. (h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM