Miliki Narkoba, Dua Oknum Polisi Ditangkap Sekaligus


Kamis,16 Maret 2017 - 10:07:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Miliki Narkoba, Dua Oknum Polisi Ditangkap Sekaligus ilustrasi penangkapan sabu

PADANG, HALUAN – Dua oknum polisi yang bertugas di Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Mentawai, Haris Kurniawan dan Riko Febrianto harus berurusan dengan hukum. Keduanya, diamankan rekan sejawatnya di Mentawai karena memiliki sabu seberat lebih dari 5 gram.

Keduanya, kini mulai menjalani proses persidangan di PN Padang. Pada pembacaan dakwaan di sidang perdana, Rabu (15/3) ini,  oleh Hamiko selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tua Pejat, kedua terdakwa diamankan Kamis 29 Desember 2016 di rumah terdakwa Haris di Jalan Raya Tua Pejat, Kecamatan Sipora, sekitar pukul 12.00 WIB.

Dua anggota kepolisian selaku penangkap, Irvan Bakhtra dan Yandrianto melakukan penangkapan berdasarkan laporan masyarakat tentang peredaran narkotika di lokasi penangkapan. Di perjalanan menuju ke lokasi, kedua saksi penangkapan melihat terdakwa Riko Febrianto di perjalanan pulang dari rumah terdakwa Haris.

Begitu memansuki rumah terdakwa Haris, kedua saksi penangkap langsung menuju kamar yang berada di bagian belakang rumah terdakwa. Di kamar tersebut, saksi penangkap menemukan alat bukti berupa bong (alat isap sabu) dari botol bening, yang terpasang slang kecil dan sebuah kaca pirex. Selain  itu, juga ditemukan jarum dan sebuah bungkusan asoi hitam yang ketika dibuka ternyata berisi 11 paket besar sabu-sabu, dua pipet, dan satu timbangan digital.

Saat digeledah, saksi penangkap langsung mengamankan terdakwa Haris, disaksikan oleh Bujang selaku Kepala Dusun setempat. Kepada saksi penangkap, terdakwa Haris mengakui bahwa semua alat bukti merupakan miliknya yang didapatkdan dari seorang teman di Pekanbaru bernama Rudi (masuk Daftar Pencarian Orang).

Setelah pembacaan dakwaan tuntas, Majelis Hakim dalam perkara ini yang diketuai Sutedjo dengan hakim anggota Yose Ana Rosalinda dan Agus Komaruddin menanyakan kesiapan jaksa untuk menghadirkan saksi di ruang sidang untuk diperiksa keterangannya. Namun, jaksa meminta waktu untuk menghadirkan saksi hingga pekan depan.

“Pemanggilan sudah dilayangkan kepada saksi penangkap, tapi belum bisa hadir. Kami meminta waktu satu pekan, majelis,” kata Hamiko kepada hakim.

Besarnya barang bukti (BB) yang diamankan oleh saksi penangkap dari terdakwa Haris, yaitu melebihi 5 gram, membuat terdakwa Haris terancam dikenai pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35/2009 tentang narkotika, dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun. Sedangkan terdakwa Riko Febrianto diancam dengan pasal 127 ayat (2) UU RI Nomor 35 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. (h/isq)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,21 November 2016 - 19:59:12 WIB

    Tidak Memiliki Dokumen Resmi, Truk Pembawa Pupuk Ditahan Polres Pessel

    Tidak Memiliki Dokumen Resmi, Truk Pembawa Pupuk Ditahan Polres Pessel PAINAN, HALUAN - Kepolisian Resort Pesisir Selatan (Polres Pessel), berhasil mengamankan satu unit mobil truk pengangkut pupuk bersubsidi dengan Nopol BA 9770 HE dijalan lintas Padang-Bengkulu, di Terminal Sago, Kecamatan IV .
  • Jumat,03 Juni 2016 - 17:17:58 WIB

    Tersangka Sabu Rp300 Juta Miliki Jaringan Antar Provinsi

    Tersangka Sabu Rp300 Juta Miliki Jaringan Antar Provinsi PADANG, HALUAN – Kapolresta Padang AKBP Chairul Aziz didampingi Kasat Resnarkoba Kompol Daeng Rahman mengatakan, penangkapan narkoba jenis sabu seberat Rp300 juta terhadap Baluit (40) dan EM (16) di salah satu hotel Jalan D.
  • Jumat,03 Juni 2016 - 03:11:49 WIB

    Tersangka Sabu Rp300 Juta Miliki Jaringan Antarprovinsi

    Tersangka Sabu Rp300 Juta Miliki Jaringan Antarprovinsi PADANG, HALUAN – Kapolresta Padang AKBP Chairul Aziz didampingi Kasat Resnarkoba Kompol Daeng Rahman mengatakan, penangkapan narkoba jenis sabu seberat Rp300 juta terhadap Baluit (40) dan EM (16) di salah satu hotel Jalan D.
  • Rabu,28 Oktober 2015 - 19:34:48 WIB

    Komoditas Pangan Belum Miliki Nilai Tambah

    PADANG, HALUAN — Ko­moditas pangan di Sumbar yang melimpah belum ter­kelola dengan baik sehingga belum memiliki nilai tam­bah. Hal ini menjadi kajian serius Pemprov Sumbar bagaimana komoditas pa­ngan.

  • Kamis,24 September 2015 - 19:43:54 WIB

    Pariaman Bakal Miliki Pabrik Pupuk

    INVESTASI RP3 MILIAR

    PARIAMAN,  HALUAN — Investor PT Suarni Agro Mandiri dari Mojokerto, Hasnin, mem­presentasikan rencana investasi pabrik pu­puk di Kota Pariaman, .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM