Pelayanan Publik di Pangkalan Berangsur Pulih


Kamis,16 Maret 2017 - 09:54:59 WIB

SARILAMAK, HALUAN – Pasca dicabutnya status tanggap darurat dan beralih ke masa transisi pemulihan oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (13/3), seluruh pelayanan public di Kecamatan Pangkalan Koto Baru sudah berjalan normal, Rabu (15/3). Aktivitas perkantoran baik swasta maupun pemerintah dan puskesmas sudah mulai sibuk walaupun masih terlihat sedikit kumuh akibat banjir setinggi 3 meter yang melanda daerah ini.

Pantauan Haluan di Pangkalan, Rabu (15/3) siang terlihat sejumlah tempat pelayanan publik, baik itu perkantoran dan fasilitas kesehatan mulai beroperasi. Kesibukan masyarakat untuk aktivitas perekonomian sudah mulai tampak dengan banyaknya toko, bengkel dan gudang yang sudah dibuka kembali.

“Sudah kembali lancar. Termasuk juga kegiatan belajar mengajar juga telah terlaksana, walau peralatan belajar banyak yang rusak akibat bencana ini," sebut Camat Pangkalan Koto Baru, Jonianto kepada Haluan.

Ia mengatakan untuk pelayanan kesehatan semula terpaksa dipindahkan ke mes pemda yang tak jauh dari kantor camat karena puskemas serta peralatan masih berantakan. Namun sejak dua hari yang lalu, pelayanan kesehatan sudah dipindahkan kembali ke Puskesmas Pangkalan.

Termasuk pelayanan di pemerintahan mulai dari tingkat kecamatan dan nagari juga sudah berjalan sejak tiga hari yang lalu. Sedangkan kebutuhan masyarakat sudah terpenuhi dengan bantuan yang terus berdatangan hingga hari ini. bantuan tersebut juga masih disebar ke nagari-nagari oleh relawan. Hanya saja, bantuan yang  paling dibutuhkan saat ini adalah buku, kursi dan meja untuk sekolah-sekolah. Pasalnya, banyak fasilitas pendidikan yang rusak dan hanyut terbawa banjir.

“Saat ini yang dibutuhkan ada peralatan belajar serta pakaian sekolah. Sementara untuk logistik sudah cukup," katanya.

Direktur Bantuan Darurat Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Eko Budiman menilai penanggulangan banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota berjalan baik sehingga pemulihan setelah kejadian itu dapat terlaksana dengan cepat. Hal itu hasil kerjasama antara pemerintah, satgas dan BNPB dalam penanganan bencana.

Bencana yang memporak-porandakan sebagian Kabupaten Limapuluh Kota ini menjadi pelajaran berharga dalam kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kestabilan lingkungan dan alam. Disamping itu, penanganan dini baik edukasi dan siaga bencana perlu dipahami masyarakat dan pemerintah daerah untuk meminimalisir dampak dan korban akibat bencana. (h/ang)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM