Equinox, Suhu di Sumbar Bisa Capai 40 Derjat Celcius


Kamis,16 Maret 2017 - 09:13:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Equinox, Suhu di Sumbar Bisa Capai 40 Derjat Celcius Fenomena panas yang dijepret fotografer Haluan beberapa hari terakhir. DOKUMEN

PADANG, HALUAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memprediksi wilayah Sumbar terutama yang berada di garis ekuator akan mengalami fenomena Equinox. Bahkan suhu udara dapat mencapa 40°C pada saat Equinox mendatang.

Equinox sendiri adalah salah satu fenomena astronomi dimana Matahari melintasi garis khatulistiwa. Secara periodik Equinox akan berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

“Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36°C,” kata Kepala Stasiun Koordinator BMKG Sumbar, Rahmat Triyono, dalam surat elektroniknya kepada Haluan Rabu (15/3), di Padang.

Rasa panas itu sendiri belakangan memang makin terasa. Matahari terasa begitu menyengat. Hanya saja, fenomena ini menurut Rahmat, tak seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama. BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang.

“Kendati demikian, ada baiknya masyarakat tetap mengantisipasi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.,” katanya.(h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM