Hari ini Sengketa Pilkada Payakumbuh Disidang di MK


Kamis,16 Maret 2017 - 08:57:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hari ini Sengketa Pilkada Payakumbuh Disidang di MK Salah satu warga tengah menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Payakumbuh lalu. DOKUMEN

PAYAKUMBUH, HALUAN – Gugatan sengketa Pilkada Kota Payakumbuh yang dimasukkan oleh Pasangan Calon Nomor 3, Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri (W-Fi) ke Mahkamah Konstitusi, hari ini mulai disidangkan pukul 16.00 WIB.  Jadwal yang juga tertera dalam website resmi MK di www.mahkamahkonsitusi.go.id dijadwalkan untuk gelar perkara sesuai berkas yang dimasukkan pemohon.

Dalam website tersebut, perkara sengketa Pilkada Kota Payakumbuh disidangkan dengan nomor perkara 27/PHP.KOT-XV/2017 dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Pilkada Kota Payakumbuh dengan pemohon Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri.

Pasangan nomor urut 3 akan mengikuti sidang pendahuluan oleh Mahkamah Konstitusi apakah perkara pemohon terhadap gugatan perselisihan hasil Pilkada dilanjutkan atau tidak ke sidang berikutnya. Hal ini sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah pada pasal 158 sudah ditegaskan  kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa.

Pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2% (dua persen) dari total suara sah hasil penghitungan suara tahap akhir yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk Kota Payakumbuh dengan jumlah penduduk hanya berkisar 128 ribu serta perselisihan suara sah antara pemohon dengan pasangan yang memperoleh suara terbanyak yakni berkisar 6.6 persen.

Suwandel Muchtar mengatakan pihaknya sudah siap mengikuti proses persidangan. Seluruh berkas dan bukti sudah diberikan seluruhnya kepada penasehat hukum. Bahan yang dimasukkan ke MK tidak lain indikasi pengelembungan suara, money politik, Kampanye disaat hari tenang dan beberapa hal yang menjadi pelanggaran mulai dari kampanye hingga proses pemilihan suara.

“Semuanya sudah kami siapkan dan saya akan langsung hadir di MK untuk mengikuti proses sidang. Poin-poin penting sudah lengkap dan itu juga sudah kami sampaikan di sidang DKPP yang hasilnya keluar hari ini (kemarin-red),” kata Suwandel kepada Haluan.

Ia juga mengatakan jika MK mau memproses berkas dan bukti yang akan disampaikan dipersidangan nanti, targetnya MK membatalkan hasil rekapitulasi tinkat kota yang telah disahkan oleh KPU Kota Payakumbuh.

“Semua bukti akan kami jabarkan dalam persidangan nantinya. Semoha MK mau membuka mata dan membatalkan hasil rekapitulasi tingkat kota yang telah disahkan dalam sidang pleno kemarin,” katanya.

Untuk menghadapi sidang gugatan yang dimasukkan oleh pasangan calon no 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri. KPU Kota Payakumbuh juga sudah siap menghadapi persidangan.

“Kami juga sudah siap. Seluruh aturan dan arsip-arsip mengenai proses Pilkada sudah kami berikan seluruhnya kepada pengacara,” tutur Sekretaris KPU Kota Payakumbuh, Dipa Persada. (h/ang/ddg)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,10 Oktober 2017 - 18:29:20 WIB

    Tujuh Hari Dibuka Pendaftaran Parpol, KPU Pessel Baru Terima Satu Calon Peserta

    Tujuh Hari Dibuka Pendaftaran Parpol, KPU Pessel Baru Terima Satu Calon Peserta PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Pesisir Selatan telah membuka pendaftaran bagi para peserta calon partai politik (Parpol), yang akan bertarung pada ajang Pemilu serentak tahun 2019. Namun, hi.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 20:01:35 WIB

    Andre Rosiade - Maidestal Hari Mahesa Deklarasi di Hadapan Empat Partai

    Andre Rosiade - Maidestal Hari Mahesa Deklarasi di Hadapan Empat Partai PADANG, HARIANHALUAN.COM—Andre Rosiade-Maidestal Hari Mahesa sudah yakin betul berpasangan untuk bertarung pada Pilkada Padang 2018. Sebagai buktinya, mereka mendeklarasikan diri untuk maksud tersebut. Keyakinan mereka maki.
  • Selasa,21 Maret 2017 - 10:26:37 WIB

    Hari Ini, KPU Jawab Gugatan W-Fi

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Proses persidangan sengketa hasil Pilkada Payakumbuh berlanjut hari ini, Selasa (21/3) di Mahkamah Konstitusi (MK). Agenda sidang yakninya mendengarkan jawaban dari KPU Kota Payakumbuh sebagai termohon .
  • Rabu,15 Februari 2017 - 10:01:09 WIB

    Hari ini, 84.329 DPT Gunakan Hak Pilih di Payakumbuh

    Hari ini, 84.329 DPT Gunakan Hak Pilih di Payakumbuh PAYAKUMBUH, HALUAN - Pagi ini, Rabu (15/2) 84.329 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Payakumbuh diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk datang ke TPS masing-masing untuk memilih salah satu dari tiga pasangan calon yang aka.
  • Selasa,25 Oktober 2016 - 01:48:40 WIB

    Hari Pencoblosan Pengaruhi Tingkat Partisipasi Pemilih

    PADANG, HALUAN — Re­volt Institute merekomen­da­sikan hari pencoblosan untuk Pilkada 2017, dilakukan Senin, bukan Rabu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini mengingat penetapan hari .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM