Hari ini Sengketa Pilkada Payakumbuh Disidang di MK


Kamis,16 Maret 2017 - 08:57:49 WIB
Hari ini Sengketa Pilkada Payakumbuh Disidang di MK Salah satu warga tengah menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Payakumbuh lalu. DOKUMEN

PAYAKUMBUH, HALUAN – Gugatan sengketa Pilkada Kota Payakumbuh yang dimasukkan oleh Pasangan Calon Nomor 3, Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri (W-Fi) ke Mahkamah Konstitusi, hari ini mulai disidangkan pukul 16.00 WIB.  Jadwal yang juga tertera dalam website resmi MK di www.mahkamahkonsitusi.go.id dijadwalkan untuk gelar perkara sesuai berkas yang dimasukkan pemohon.

Dalam website tersebut, perkara sengketa Pilkada Kota Payakumbuh disidangkan dengan nomor perkara 27/PHP.KOT-XV/2017 dengan pokok perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Pilkada Kota Payakumbuh dengan pemohon Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri.

Pasangan nomor urut 3 akan mengikuti sidang pendahuluan oleh Mahkamah Konstitusi apakah perkara pemohon terhadap gugatan perselisihan hasil Pilkada dilanjutkan atau tidak ke sidang berikutnya. Hal ini sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah pada pasal 158 sudah ditegaskan  kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sampai dengan 250.000 (dua ratus lima puluh ribu) jiwa.

Pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 2% (dua persen) dari total suara sah hasil penghitungan suara tahap akhir yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk Kota Payakumbuh dengan jumlah penduduk hanya berkisar 128 ribu serta perselisihan suara sah antara pemohon dengan pasangan yang memperoleh suara terbanyak yakni berkisar 6.6 persen.

Suwandel Muchtar mengatakan pihaknya sudah siap mengikuti proses persidangan. Seluruh berkas dan bukti sudah diberikan seluruhnya kepada penasehat hukum. Bahan yang dimasukkan ke MK tidak lain indikasi pengelembungan suara, money politik, Kampanye disaat hari tenang dan beberapa hal yang menjadi pelanggaran mulai dari kampanye hingga proses pemilihan suara.

“Semuanya sudah kami siapkan dan saya akan langsung hadir di MK untuk mengikuti proses sidang. Poin-poin penting sudah lengkap dan itu juga sudah kami sampaikan di sidang DKPP yang hasilnya keluar hari ini (kemarin-red),” kata Suwandel kepada Haluan.

Ia juga mengatakan jika MK mau memproses berkas dan bukti yang akan disampaikan dipersidangan nanti, targetnya MK membatalkan hasil rekapitulasi tinkat kota yang telah disahkan oleh KPU Kota Payakumbuh.

“Semua bukti akan kami jabarkan dalam persidangan nantinya. Semoha MK mau membuka mata dan membatalkan hasil rekapitulasi tingkat kota yang telah disahkan dalam sidang pleno kemarin,” katanya.

Untuk menghadapi sidang gugatan yang dimasukkan oleh pasangan calon no 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri. KPU Kota Payakumbuh juga sudah siap menghadapi persidangan.

“Kami juga sudah siap. Seluruh aturan dan arsip-arsip mengenai proses Pilkada sudah kami berikan seluruhnya kepada pengacara,” tutur Sekretaris KPU Kota Payakumbuh, Dipa Persada. (h/ang/ddg)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM