Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu?


Rabu,15 Maret 2017 - 13:17:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu? Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Fenomena alam Equinox, atau fenomena dalam dunia astronomi bakal melewati beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sumatera Barat. Fenomena ini terjadi ketika matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa yang terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September.

 

Pada saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian Bumi relatif hampir sama, termasuk pada wilayah subtropis di bagian utara maupun selatan.

 

Sesuai dengan siaran pers BMKG, bahwa Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

 

Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana  diketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia adalah sekitar 32-36 oC.

 

Equinox bukan merupakan fenomena seperti heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah, yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama (www.bmkg.go.id).

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,20 Juli 2017 - 18:29:52 WIB

    Burung Langka dari Sumbar Ini Dipilih Jadi Maskot HPN 2017

    Burung Langka dari Sumbar Ini Dipilih Jadi Maskot HPN 2017 PADANG, HARIANHALUAN.COM—Rapat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, menghasilkan keputusan maskot Hari Pers Nasional (HPN) di Padang pada Februari 2018. Maskot yang di.
  • Sabtu,15 Juli 2017 - 20:14:32 WIB

    Bhenz Maharajo Pimpin IWO Sumbar

    Bhenz Maharajo Pimpin IWO Sumbar IWO juga mendorong pekerja media online untuk mendirikan serikat pelerja, yang nantinya menjadi corong perjuangan bagi pekerja media. .
  • Sabtu,15 Juli 2017 - 10:36:20 WIB

    Siang ini, MPW Pemuda Pancasila Sumbar Gelar Rapat Pleno Pertama

    Siang ini, MPW Pemuda Pancasila Sumbar Gelar Rapat Pleno Pertama Ke depannya, PP siap menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI dan ideologi pancasila. Pemuda pancasila siap betada di garda terdepan, dalam menghadapi ancaman terhadap keutuhan NKRI baik ancaman dari luar maupun dari dalam. .
  • Kamis,13 Juli 2017 - 15:13:11 WIB

    Kasus Mandeh Masuk Ranah Hukum, Bupati Pessel Diperiksa Polda Sumbar

    Kasus Mandeh Masuk Ranah Hukum, Bupati Pessel Diperiksa Polda Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kasus kawasan mandeh di Pesisir Selatan yang sempat heboh karena diduga terjadi pembalakan hutan lindung, kini berlanjut ke ranah hukum. Bupati Pessel Hendra Joni, memenuhi panggilan Ditreskrimsus P.
  • Selasa,11 Juli 2017 - 17:16:54 WIB

    Setelah Makan Soto Ayam, Puluhan Siswa SMAN 1 Sumbar Terbaring Lemas

    Setelah Makan Soto Ayam, Puluhan Siswa SMAN 1 Sumbar Terbaring Lemas PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM—Diduga keracunan setelah mengkonsumsi sarapan pagi di sekolah, puluhan Siswa SMA N 1 Sumbar terbaring lemas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kota Padang Panjang dan di Unit Kesehatan Se.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM