Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu?


Rabu,15 Maret 2017 - 13:17:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sumbar Bakal Mengalami Fenomena Equinox, Apa Itu? Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Fenomena alam Equinox, atau fenomena dalam dunia astronomi bakal melewati beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Sumatera Barat. Fenomena ini terjadi ketika matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa yang terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September.

 

Pada saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian Bumi relatif hampir sama, termasuk pada wilayah subtropis di bagian utara maupun selatan.

 

Sesuai dengan siaran pers BMKG, bahwa Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September.

 

Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, dimana  diketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia adalah sekitar 32-36 oC.

 

Equinox bukan merupakan fenomena seperti heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah, yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama (www.bmkg.go.id).

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,08 September 2017 - 18:30:34 WIB

    Zainuddin: Anggaran Komisi Informasi Sumbar Masuk ke Pos Dana Hibah

    Zainuddin: Anggaran Komisi Informasi Sumbar Masuk ke Pos Dana Hibah Dalam hal ini, lanjut Zainuddin, pihaknya melihat sepertinya Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar melihat anggaran KI melalui belanja langsung yang terangkum dalam buku APBD. Sehingga anggaran memang tidak ditemukan. .
  • Jumat,08 September 2017 - 17:53:22 WIB

    Anggaran Komisi Informasi Sumbar Hilang di APBD Perubahan

    Anggaran Komisi Informasi Sumbar Hilang di APBD Perubahan Juru bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar, M Nurnas menyampaikan, dalam KUA-PPAS APBD Perubahan 2017 telah disepakati agar KI dianggarkan sesuai kebutuhan..
  • Selasa,05 September 2017 - 11:47:54 WIB

    Sumbar Bergerak untuk Rohingya

    Sumbar Bergerak untuk Rohingya PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar membuka donasi untuk masyarakat Rohingya di Myanmar yang menjadi korban kekerasan militer dan pemerintah. Seluruh ASN diminta ikut menyisihkan pendapatannya .
  • Rabu,16 Agustus 2017 - 12:08:59 WIB

    Gemasaba Sumbar Tolak Full Day School (FDS)

    Gemasaba Sumbar Tolak Full Day School (FDS) PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kebijakan Mentri Pendidikan dan Budaya, yang dituangkan dalam Permendikbud Nomor 23 tahun 2017 tentang Full Day School (FDS) atau lima hari sekolah mendapat reaksi dari Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa.
  • Minggu,13 Agustus 2017 - 10:45:26 WIB

    Gempa di Bengkulu, Warga Sumbar Merasakan Guncangan

    Gempa di Bengkulu, Warga Sumbar Merasakan Guncangan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Gempa bumi baru saja mengguncang wilayah Provinsi Bengkulu. Bahkan juga dirasakan warga Sumatera Barat, Minggu (12/8), pukul 10.08 WIB..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM