Diduga Buang Limbah B3, Rumah Sakit Selaguri Buat Surat Pernyataan


Rabu,15 Maret 2017 - 12:09:15 WIB
Diduga Buang Limbah B3, Rumah Sakit Selaguri Buat Surat Pernyataan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang didiga dari Rumah Sakit Selaguri, Padang, Selasa (14/3). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Persoalan sampah medis yang dibuang sembarangan kembali terjadi. Kali ini diduga Rumah Sakit Selaguri di Kota Padang membuang sampah medisnya di tempat pembuangan sampah tanpa mengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Al Amin mengatakan, sewaktu mendapatkan laporan terkait sampah medis yang ditemukan di tempat pembuangan sampai, pihaknya langsung menuju ke rumah sakit tersebut untuk melakukan pengecekn.

 

“Ketika mendapatkan informasi, kami langsung tinjau ke lapangan. Dan memang benar sampah medis ditemukan di tempat pembuangan sampah tanpa diolah terlebih dahulu,”kata Al Amin pada Harianhaluan.com Selasa (14/4).

 

Lebih lanjut Al Amin menuturkan, pihak rumah sakit Selaguri sudah membuat pernyataan mengenai cara memberlakukan sampah medis sesuai dengan aturan yang telah ada. Apabila dalam waktu satu bulan tidak dipenuhi maka pihak DLH akan mencabut izin lingkungan rumah sakit yang bersangkutan.

 

“Tadi pihak RS telah membuat pernyataan akan memberlakukan sampah medisnya sesuai aturan,” kata Al Amin.

 

Al Amin menjelaskan, sampah medis seharusnya melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Tidak hanya sampai pengolahan limbah medis yang diperhatikan. Bahkan proses pengemasan limbah medis harus dilakukan secara hati-hati. Limbah medis yang telah dibakar di inseniator, debunya tidak boleh dibuang secara langsung. Harus dibuang ke tempat tertentu. Bahkan mobil box pengangkut debu limbah harus tertutup secara penuh agar tidak berserakan.
 

"Bagi rumah sakit yang tidak memenuhi aturan yang ada terkait pengolahan limbah medis akan ada sangsi, bahkan hingga pencabutan izin operasional. Hal ini harus dilakukan agar rumah sakit tidak sembarangan dalam pengelolaan limbah medis,”ujar Al Amin.

 

Al Amin mengimbau agar rumah sakit yang ada, tidak berurusan dengan DLH para pihak RS dalam mengelola limbah medisnya sesusai dengan aturan yang ada. Limbah medis  termasuk B3 yang berbahaya, yang penangananya tidak boleh serampangan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM