Diduga Buang Limbah B3, Rumah Sakit Selaguri Buat Surat Pernyataan


Rabu,15 Maret 2017 - 12:09:15 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Diduga Buang Limbah B3, Rumah Sakit Selaguri Buat Surat Pernyataan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) yang didiga dari Rumah Sakit Selaguri, Padang, Selasa (14/3). IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Persoalan sampah medis yang dibuang sembarangan kembali terjadi. Kali ini diduga Rumah Sakit Selaguri di Kota Padang membuang sampah medisnya di tempat pembuangan sampah tanpa mengolah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Al Amin mengatakan, sewaktu mendapatkan laporan terkait sampah medis yang ditemukan di tempat pembuangan sampai, pihaknya langsung menuju ke rumah sakit tersebut untuk melakukan pengecekn.

 

“Ketika mendapatkan informasi, kami langsung tinjau ke lapangan. Dan memang benar sampah medis ditemukan di tempat pembuangan sampah tanpa diolah terlebih dahulu,”kata Al Amin pada Harianhaluan.com Selasa (14/4).

 

Lebih lanjut Al Amin menuturkan, pihak rumah sakit Selaguri sudah membuat pernyataan mengenai cara memberlakukan sampah medis sesuai dengan aturan yang telah ada. Apabila dalam waktu satu bulan tidak dipenuhi maka pihak DLH akan mencabut izin lingkungan rumah sakit yang bersangkutan.

 

“Tadi pihak RS telah membuat pernyataan akan memberlakukan sampah medisnya sesuai aturan,” kata Al Amin.

 

Al Amin menjelaskan, sampah medis seharusnya melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Tidak hanya sampai pengolahan limbah medis yang diperhatikan. Bahkan proses pengemasan limbah medis harus dilakukan secara hati-hati. Limbah medis yang telah dibakar di inseniator, debunya tidak boleh dibuang secara langsung. Harus dibuang ke tempat tertentu. Bahkan mobil box pengangkut debu limbah harus tertutup secara penuh agar tidak berserakan.
 

"Bagi rumah sakit yang tidak memenuhi aturan yang ada terkait pengolahan limbah medis akan ada sangsi, bahkan hingga pencabutan izin operasional. Hal ini harus dilakukan agar rumah sakit tidak sembarangan dalam pengelolaan limbah medis,”ujar Al Amin.

 

Al Amin mengimbau agar rumah sakit yang ada, tidak berurusan dengan DLH para pihak RS dalam mengelola limbah medisnya sesusai dengan aturan yang ada. Limbah medis  termasuk B3 yang berbahaya, yang penangananya tidak boleh serampangan.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,02 Februari 2017 - 12:56:54 WIB

    Diduga ada Prostitusi, 26 Salon Padang Theatre Ditutup

    PADANG, HALUAN – Sebanyak 26 salon Padang Theatre akhirnya berhasil ditutup, Rabu (1/2) pagi. Pembongkaran yang melibatkan SK4, Satpol PP dan petugas pasar kali ini tidak menuai kontrovetsi..
  • Jumat,23 September 2016 - 18:26:43 WIB

    Diduga Terlibat Illegal Loging, Oknum Polisi di Pessel Ditangkap Propam

    Diduga Terlibat Illegal Loging, Oknum Polisi di Pessel Ditangkap Propam PAINAN, HALUAN - Seorang oknum anggota Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan, ditangkap tim Propam karena diduga terlibat kasus illegal logging pada Jumat (23/9) dini hari, sekira pukul 01.00 WIB..
  • Sabtu,10 September 2016 - 20:57:46 WIB

    Diduga Terseret Ombak, Berikut Nama-nama Korban

    Diduga Terseret Ombak, Berikut Nama-nama Korban PADANG, HALUAN - Tim SAR Kota Padang hingga saat ini masih mencari satu orang yang diduga hanyut ketika memancing pada Sabtu (10/9/2016) siang..
  • Sabtu,10 September 2016 - 20:48:34 WIB

    Pemancing Hilang di Teluk Bayur, Diduga Terseret Ombak

    Pemancing Hilang di Teluk Bayur, Diduga Terseret Ombak PADANG, HALUAN - Warga, Bukit Peti-Peti, Teluk Bayur dikejutkan dengan seorang pria bernama Dian Afrianto (30), warga Jalan Ampalu Bakti ABRI, Teluk Bayur, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang pada Sabtu (10/9/2016) sore sek.
  • Jumat,22 Juli 2016 - 16:38:12 WIB

    Warga Jalan Adinegoro Dikagetkan Orang yang Diduga Maling

    Warga Jalan Adinegoro Dikagetkan Orang yang Diduga Maling PADANG, HALUAN - Warga Jalan Adinegoro, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, dikagetkan dengan seseorang yang diduga melakukan tindak pidana pencurian pada Jumat (22/7) sekitar pukul 12.30 WIB..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM