Gelar Seminar, STIE El Hakim Hadirkan Anggota DPR


Rabu,15 Maret 2017 - 11:01:18 WIB
Gelar Seminar, STIE El Hakim Hadirkan Anggota DPR Hermanto (kiri) menyampaikan pemaparannya dalam seminar nasional yang digelar STIE El Hakim, Sulit Air, Solok, akhir pekan ini. IST

SOLOK, HALUAN – Anggota DPR RI Dr.Hermanto menyebutkan ekonomi Islam lebih mengutamakan prinsip keadilan sehingga bisa memberikan peluang kepada setiap orang untuk membangun bisnis dengan basis kejamaahan.

Karenanya, politisi PKS ini menilai, pembangunan ekonomi islam memiliki urgensi dan suatu keniscayaan ditengah ketidak berdayaan sistem ekonomi global dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Dalamperbincangannya dengan media ini, Rabu (15/3), rang Kurai Taji, Pariaman ini menyebutkan hal itu telah disampaikannya dalam  dalam seminar Nasional yang bertajuk Membangun Ekonomi Islam dan Pendidikan Karakter Versi Islam, diselenggarakan oleh STIE el-Hakim Sulit Air, akhir pekan ini.

Pada seminar itu, Hermanto tak sendiri. Ia menjadi narasumber bersama dosen di kampus tersebut, M.Zainal Arif MA. Lebih jauh, kata Hermanto, Indonesia dengan mayoritas umat islam sudah saat nya melakukan konsolidasi ekonomi secara struktural dan kelembagaan yang lebih kuat.

“Sudah saat nya umat islam Indonesia mengelola ekonomi strategis, investasi, industri dan perdagangan yang berbasis pertanian. Membangun sistem finansial yang kokoh sehingga sumber dan aset keuangan umat dapat dikelola dengan optimal untuk kesejahteraan bangsa.  Sehingga umat islam tidak termarjinalkan dalam ekonomi,” pungkas jebolan Doktor ekonomi dan bisnis IPB.

Zainal Arif sendiri mengatakan di tengah semakin kuatnya perubahan teknologi informasi perlu didukung dengan karakter dan perilaku yang kuat. Setiap orang sangat rentan dengan pengaruh globalisasi oleh karena itu perlu sistem pengawasan sosial. Islam sangat sarat dengan norma dan value untuk menguatkan karakter pangkas-nya. (h/rel/mat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM