Kini, Obat TB Gratis di 64 Puskesmas


Rabu,15 Maret 2017 - 09:45:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kini, Obat TB Gratis di 64 Puskesmas Donor Darah saat kegiatan hari TB Sedunia yang diadakan di Pantai Padang, Selasa (14/3) MELATI

PADANG, HALUAN--Setiap tahunnya hampir  seribuan masyarakat Kota Padang mengidap penyakit Tuberkulosis atau TBC. Untuk jumlah kasus TB di Kota Padang yang saat ini positif adalah sebanyak 841 orang dari terduga mengidap TB sekitar 9.641 orang.  Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, penyakit TBC yang terus meningkatkan di Kota Padang harus menjadi perhatian.

 

“Kami mengimbau kepada mereka yang terkena penyakit TB untuk segera berobat . Seseorang yang telah terkena TB maka ia harus rutin mengkonsumsi obat enam bulan. Kami telah menyediakan 64 titik puskemas dan puskesmas pembantu yang siap melayani penderita TB tanpa dipungut biaya. Selain itu untuk mencegah terjadinya TB tentunya masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan,”ucap Mahyeldi di Pantai Muara Lasak.

 

Mahyeldi menuturkan perihal penyakit TB bukannya hanya masalah pada Dinas Kesehatan saja. Namun merupakan masalah bersama sebab apabila satu orang terkena TB maka 10 orang disekitar pun beresiko terkena TB.

 

Sementara itu, Dokter Rizanda dari Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) mengatakan, ada beberapa mitos yang berekembang di masyarakat terkait dengan penderita TB yang salah diartikan.

 

“Ada yang bersikap pasien TB harus dipisahkan dari anggota keluarga pada saat makan. Serta harus diasingkan dari masyarakat. Padahal ini salah dan hanya akan memperburuk keadaan,”kata Rizanda.

 

Namun tidak perlu khawatir, pencegahan TB dapat dilakukan dengan cara sering berolahraga agar tubuh selalu sehat. Kemudian jangan terlalu sering bergadang karena kurang istirahat akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dan ketika ada seseorang yang ingin bersin sebaiknya menutup mulut untuk menjaga terjadinya penularan.

 

“Saat ini sudah ada sekitar 200 orang kader TB di Kota Padang yang akan siap membantu para penderita TB dan memberikan informasi terkait perilaku dalam memperlakukan orang yang terkena TB,”katanya. (h/mg-mel)

 

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM