2018, Dana Rajawali Segera Dicairkan


Rabu,15 Maret 2017 - 08:52:46 WIB
2018, Dana Rajawali Segera Dicairkan

PADANG, HALUAN- Angin segar untuk dunia pendikan Sumbar. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemprov Sumbar sudah sepakat, Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang pendirian Yayasan Minangkabau dicabut. Selanjutnya akan dibentuk Perda baru sebagai payung hukum penyaluran sekitar Rp75,4 miliar dana yang bersumber dari hibah PT Rajawali.  Artinya, dana yang mengendap sejak 2009 tersebut segera bisa dimanfaatkan.

Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Hidayat mengatakan, Komisi V sebagai yang bertanggung jawab membahas dana hibah PT Rajawali, Selasa (14/3) kemarin baru saja menggelar rapat membahas pengelolaan dana hibah PT Rajawali dengan SKPD terkait dari Pemprov.

"Pada rapat yang dihadiri BKD, Biro Hukum, Dinas Pendidikan dan beberapa yang lain, kami dan pemprov sepakat. Perda pendirian Yayasan Minangkabau dicabut, dibentuk perda baru, sehingga dana bisa segera dicairkan," kata Hidayat kepada Haluan usai rapat tersebut.

Ditambahkan, pada rapat antara DPRD dan Pemprov Selasa siang itu, disepakati lembaga pengelolaaan dana yang akan dipakai adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Direncanakan sebelum akhir bulan ini draft BLUD telah diajukan pemprov ke DPRD. Dengan demikian Perda Nomor 4 Tahun 2009 tentang pendirian Yayasan Minangkabau akan langsung dicabut. Kemudian akan dibentuk Perda baru sebagai pijakan dari penyaluran dana.

"Sudah sejak lama dana tak kunjung bisa dimanfaatkan. Ditargetkan 2018 dana sudah bisa digunakan untuk kepentingan pendidikan," jelas Hidayat.

Disampaikannya, pilihan pengelolaan dijatuhkan pada BLUD dengan alasan, sistem ini dinilai tidak melanggar aturan. Jika dikelola berbentuk yayasan seperti sebelumnya, pusat tidak membolehkan dana hibah dikelola melalui yayasan.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan yang akan dimanfaatkan adalah mudarabah atau bagi hasil saja. Dengan demikian dana awal akan tetap tersimpan tanpa berkurang

Tak hanya itu, jelasnya, ke depan pemerintah daerah juga akan membuka peluang untuk perusahaan-perusahaan atau pihak lain yang ingin menyumbangkan dana CSR atau hibah mereka melalui BLUD yang akan dibentuk ini.

"Dalam Perda baru yang akan dibuat, nantinya akan kita masukkan hal-hal yang membuat dana hibah dari pihak lain bisa diterima dan dikelola melalui BLUD yang ada itu. Dengan ini nantinya juga akan ada Dana Rajawali kedua, ketiga dan selanjutnya," papar Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar tersebut.
Sementara, untuk penerima manfaat dari dana itu sendiri, menurut Hidayat masih sedang dibicarakan. Namun selain untuk siswa atau mahasiswa kurang mampu, ada usulan beasiswa yang bersumber dari dana hibah itu juga diperuntukkan bagi beasiswa berprestasi. "Untuk memicu semangat belajar tentunya," pungkas Hidayat.(h/len)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM