Soal Tanah, Warga Kurao Minta Kepastian Hukum


Rabu,15 Maret 2017 - 08:35:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN -- Warga RT05/RW03  Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo Padang minta  kepastian hukum mengenai kejelasan hak atas tanah yang sudah lama mereka tempati.

Hal itu diungkapkan warga kepada Ketua DPRD Kota Padang Erisman, saat melakukan reses ke Masjid Ansyarullah RT05/RW03 Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo Padang.

Ketua DPRD Kota Padang Erisman mengatakan, permasalahan  di Kelurahan Kurao Pagang adalah permasalahan klasik menyangkut dengan hak masyarakat, tentang kepastian hukum, dan  kepemilikan tanah di RT05/RW03 ini.

Masyarakat sudah berpuluh tahun tinggal di kawasan tersebut, dan tetap membayarkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Namun sampai kini belum juga ada  tindak lanjutnya. Dikatakan Erisman, permasalahan ini, sudah  sampai ke gubernur dan walikota, tapi hingga kini tetap masih tidak ada kejelasan," katanya.

"Rencana pertama akan dibicarakan dengan dinas PUPR, selanjutnya berbicara mengenai sertifikat akan  dibicarakan dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), tapi  lebih fokus  dengan rencana pertama.

Dikatakannya, mudah - mudahan permasalahan masyarakat Kurao Pagang,  yang sudah lama ini dicarikan jalan terbaiknya melalui pembicaraan dengan dinas terkait dalam waktu dekat ini. Sementara itu tokoh masyarakat Zulkifli mengatakan, tidak ingin masyarakat di Kurao Pagang  menjadi objek  para politisi.

"Kami di sini sudah puas dengan janji - janji, saat ini kami inginkan realisasi. Kemana mereka yang sudah menjadi pejabat, kenapa tidak ada lagi perhatian kepada warga disini, " tegasnya.

"Kami tahu,  status tanah disini Verponding, tapi  tahun 1981- 1982 BPN Padang Pariaman menerbitkan sertifikat kepada orang lain yang kebanyakan adalah pejabat. Sayangnya,  mereka sudah pensiun dan tidak ada kejelasan mengenai mereka, “ katanya.

Warga selaku penggarap lahan,  dari puluhan tahun silam tidak tahu hal tersebut, kalau lahan yang mereka garap telah diterbitkan sertifikatnya pada orang lain.  Reses yang dilakukan Ketua DPRD Kota Padang di Kelurahan Kurao Pagang dihadiri, oleh Kepala Dinas PU, PUPR, Dinas  Pertanian, Lurah, LPM, RW, RT dan tokoh masyarakat setempat.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,16 September 2017 - 19:09:35 WIB

    Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong!

    Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong! Kuncinya, terpenting, niat dalam membangun itu lurus. Tidak melenceng ke tujuan lain. Seperti tujuan pencitraan semata, hanya ingin sekadar show, atau biar dianggap merakyat. Kalau ingin membangun, ya bangun. Jangan pula menu.
  • Kamis,14 September 2017 - 02:30:23 WIB
    JAGA KESEIMBANGAN PEMBANGUNAN

    DPUPR Harus Konsisten Soal Tata Ruang

    DPUPR Harus Konsisten Soal Tata Ruang PADANG, HALUAN----Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang, agar konsekuen dalam merencanakan tata ruang untuk menjaga keseimbangan pembangunan di Kota Padang..
  • Rabu,06 September 2017 - 22:26:19 WIB

    Pemko Agar Tegas Soal Tanah

    Pemko Agar Tegas Soal Tanah PADANG, HARIANHALUAN.COM------ Komisi I DPRD Kota Padang bersama pihak terkait, lakukan peninjauan kelapangan terkait permasalahan pemagaran di mulut jalan keluar masuk kerumah Nanda Telambanua di Jl.Kali Kecil II Nomor 1A RT.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 23:14:52 WIB

    Kunjungi Haluan, Faldo Maldini Bicara Soal Inovasi Anak Muda

    Kunjungi Haluan, Faldo Maldini Bicara Soal Inovasi Anak Muda PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kantor Haluan disambangi salah satu anak muda Padang inspiratif: Faldo Maldini. Dengan kemeja putih dan jeans biru yang kasual, ia menyalami semua awak redaksi dengan hangat. Pada kunjungan itu, pen.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 11:31:59 WIB

    Soal Zakat, Ini Penjelasan Baznas dan DPRD Padang

    PADANG, HALUAN -- Pembagian voucher zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, melalui Anggota DPRD Kota Padang menuai kontroversi dari berbagai pihak. Namun, pihak Baznas Kota Padang menilai apa yang dilakuk.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM