Soal Tanah, Warga Kurao Minta Kepastian Hukum


Rabu,15 Maret 2017 - 08:35:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN -- Warga RT05/RW03  Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo Padang minta  kepastian hukum mengenai kejelasan hak atas tanah yang sudah lama mereka tempati.

Hal itu diungkapkan warga kepada Ketua DPRD Kota Padang Erisman, saat melakukan reses ke Masjid Ansyarullah RT05/RW03 Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo Padang.

Ketua DPRD Kota Padang Erisman mengatakan, permasalahan  di Kelurahan Kurao Pagang adalah permasalahan klasik menyangkut dengan hak masyarakat, tentang kepastian hukum, dan  kepemilikan tanah di RT05/RW03 ini.

Masyarakat sudah berpuluh tahun tinggal di kawasan tersebut, dan tetap membayarkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Namun sampai kini belum juga ada  tindak lanjutnya. Dikatakan Erisman, permasalahan ini, sudah  sampai ke gubernur dan walikota, tapi hingga kini tetap masih tidak ada kejelasan," katanya.

"Rencana pertama akan dibicarakan dengan dinas PUPR, selanjutnya berbicara mengenai sertifikat akan  dibicarakan dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), tapi  lebih fokus  dengan rencana pertama.

Dikatakannya, mudah - mudahan permasalahan masyarakat Kurao Pagang,  yang sudah lama ini dicarikan jalan terbaiknya melalui pembicaraan dengan dinas terkait dalam waktu dekat ini. Sementara itu tokoh masyarakat Zulkifli mengatakan, tidak ingin masyarakat di Kurao Pagang  menjadi objek  para politisi.

"Kami di sini sudah puas dengan janji - janji, saat ini kami inginkan realisasi. Kemana mereka yang sudah menjadi pejabat, kenapa tidak ada lagi perhatian kepada warga disini, " tegasnya.

"Kami tahu,  status tanah disini Verponding, tapi  tahun 1981- 1982 BPN Padang Pariaman menerbitkan sertifikat kepada orang lain yang kebanyakan adalah pejabat. Sayangnya,  mereka sudah pensiun dan tidak ada kejelasan mengenai mereka, “ katanya.

Warga selaku penggarap lahan,  dari puluhan tahun silam tidak tahu hal tersebut, kalau lahan yang mereka garap telah diterbitkan sertifikatnya pada orang lain.  Reses yang dilakukan Ketua DPRD Kota Padang di Kelurahan Kurao Pagang dihadiri, oleh Kepala Dinas PU, PUPR, Dinas  Pertanian, Lurah, LPM, RW, RT dan tokoh masyarakat setempat.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Minggu,02 Juli 2017 - 11:31:59 WIB

    Soal Zakat, Ini Penjelasan Baznas dan DPRD Padang

    PADANG, HALUAN -- Pembagian voucher zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, melalui Anggota DPRD Kota Padang menuai kontroversi dari berbagai pihak. Namun, pihak Baznas Kota Padang menilai apa yang dilakuk.
  • Selasa,30 Mei 2017 - 12:24:50 WIB

    Pedagang Pasar Bandar Buat Minta Kejelasan Soal Tempat Jualan

    Pedagang Pasar Bandar Buat Minta Kejelasan Soal Tempat Jualan PADANG, HALUAN – Merasa haknya tidak diberikan, Nurbaini salah satu pembeli meja batu di lantai II Pasar Bandar Buat menuntut UPTD dinas pasar dan investor pasar setempat bertanggungjawab dan berlaku adil kepada pedagang. K.
  • Selasa,07 Maret 2017 - 09:19:33 WIB

    Perwako Soal Gratifikasi Disosialisasikan

    PADANG, HALUAN – Peraturan Walikota (Perwako) Padang No. 21 tahun 2016 tentang pengendalian gratifikasi (pemberian dalam arti luas-red), kembali disosialisasikan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat Kota Padang d.
  • Senin,14 November 2016 - 00:55:56 WIB
    SEBELUM DIRESMIKAN 18 NOVEMBER

    DPRD Akan Hearing Soal Minang Mart

    PADANG, HALUAN — Komisi II DPRD Sumbar berjanji akan mengupayakan pelaksanaan hearing dengan PT RMM sebe­lum Minang Mart diresmikan 18 November mendatang..
  • Selasa,25 Oktober 2016 - 22:58:27 WIB

    Soal Pungli, Pejabat Polri di Sumbar Teken Komitmen

    Soal Pungli, Pejabat Polri di Sumbar Teken Komitmen PADANG, HALUAN - Sebagai bentuk nyata terhadap segala macam bentuk pungutan liar, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar menyatakan komitmennya untuk pada pelayanan lalu lintas di lingkungan Polda Sumbar yang bersih .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM