Bangun Jembatan, Pemprov ‘Ngadu’ ke BNPB


Selasa,14 Maret 2017 - 08:27:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Pemerintah provinsi akan menyurati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat untuk meminta dana rehab rekon pembangunan kembali jembatan gantung Kampuang Beringin di Lubuk Kilangan yang rusak akibar banjir bandang akhir pekan lalu.

Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno jjembatan yang rusak tersebut merupakan jalan strategis provinsi karna berada di lingkar timur Kota Padang untuk menyambungkan masyarakat sekitar. Sehingga perbaikan jembatan itu sudah masuk dalam program pemerintah.

Namun diungkapkannya, program yang direncanakan mengunakan dana provinsi dalam pembanguan tiga jembatan di kawasan Lubuk Kilangan tersebut terhenti dan hanya menyelesaikan dua jembatan. Akibatnya, jembatan beringin yang kini rusak parah tidak bisa dianggarkan melalui dana provinsi.

“Hal itu sehubung dengan adanya usul edaran Mendagri (Menteri Dalam Negeri) dan PPU tidak ada lagi istilah jalan pembatang strategis provinsi. Jadi demikian jembatan ini dijadikan kembali masuk dalam jalan Kota, dengan kondisi itu, dana APBD Kota/Kabupaten tidak bisa disumbangkan,” jelas Gubernur.

Hal yang sama diungkapkan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, saat pihaknya telah menggelar rapat bersama BPBD dan PU untuk mencari jalan keluar sementara dalam proses pembangunan jembatan beringin tersebut. 

“Kita sudah merencanakan adanya jembatan sementara, itu akan pasti kita lakukan karna mobilitas masyarakat banyak mengunakan jembatan ini, apalagi para anak-anak kita yang pergi sekolah," katanya. (h/mg-ina)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,13 September 2017 - 03:11:26 WIB
    DIJADIKAN KAWASAN MARINA

    Bangunan di Tepi Batang Arau Dibongkar

    Bangunan di Tepi Batang Arau Dibongkar PADANG, HALUAN---Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang kembali melakukan pembongkaran sejumlah bangunan yang berada di sepanjang tepian Batang Arau, Selasa (12/9). Sebanyak dua pleton anggota dikerahkan untuk melakuka.
  • Senin,04 September 2017 - 02:38:54 WIB

    Dua Bangunan di Jalan Siteba Terbakar

    Dua Bangunan  di Jalan Siteba Terbakar PADANG, HALUAN--- Sebuah toko perkakas dan rumah warga yang diperuntukan sebagai tempat kos-kosan di Jalan Raya Siteba dilahap si jago merah, Minggu (3/9) pagi. .
  • Senin,14 Agustus 2017 - 10:44:23 WIB

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang

    Pulangkampuang.com, Gerakan Pembangunan Daerah Dari Anak Muda Minang JAWA TENGAH HARIANHALUAN.COM—Memasuki era desentralisasi, partisipasi publik dalam mempercepat pembangunan daerah sangat diperlukan. Salah satu organisasi asal Sumatra Barat yang mengambil peran strategis tersebut adalahpul.
  • Selasa,01 Agustus 2017 - 16:06:28 WIB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB

    Padang Jadi Kota Pertama Pengenalan Target Pembangunan Berkelanjutan dari PBB PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kota Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang diselenggarakan di delapan kota besar Indonesia. .
  • Jumat,21 Juli 2017 - 10:16:56 WIB

    Bangunan Bersejarah di Padang Hanya Jadi Gudang

    Bangunan Bersejarah di Padang Hanya Jadi Gudang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kalangan anggota DPRD Kota Padang menilai bangunan peninggalan bersejarah banyak yang terabaikan. Padahal asal mulanya Kota Padang adalah di kawasan Kota Tua..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM